Pahlawan Masyarakat! Ini 8 Aksi Petugas Damkar Tangani Kasus Unik

Kamis, 28 Oktober 2021 - 12:13 WIB
loading...
A A A
Jenis tawon satu ini memang harus disingkirkan bila dekat dengan pemukiman warga. Berdasarkan informasi Dinas Kesehatan Jawa Tengah, tawon jenis vespa affinis tidak terlalu berbahaya ketika hanya ada satu satu dua ekor tawon saja yang menyengat.

Korban sengatan biasanya mengalami alergi. Namun, yang patut diwaspadai sengatan tawon ini akan menghasilkan racun ketika merasa terancam dan koloninya terganggu atau diserang. Bahkan, sengatan ini bisa berubah mematikan.

Upaya petugas Damkar mengevakuasi sarang tawon ini memang cukup sering dilakukan. Selain kasus tadi, petugas juga mengevakuasi sarang tawon yang berada di rental sepeda milik warga di wilayah Kepulauan Seribu (24/10).



5. EVAKUASI BURUNG TERSANGKUT DI TIANG LAMPU

Setelah mendapat informasi dari warga di kawasan Tambora, Jakarta Barat (19/10), petugas Damkar meluncur ke tempat dan mengevakuasi burung yang tersangkut di tiang lampu Penerangan Jalan Umum (PJU).

Burung gereja itu pun berhasil diselamatkan setelah kurang lebih 25 menit penanganan. Burung itu ditemukan di ketinggian enam meter, karena terlilit benang layang-layang.



6. EVAKUASI KUNCI MOTOR DI SALURAN AIR TERTUTUP

Kali ini petugas Damkar Sektor II Kebayoran Baru membantu warga yang berprofesi sebagai sopir ojol untuk mengambil kunci motor yang terjatuh (25/10).

Pemilik kunci itu memang kesulitan mengambil kunci motornya, karena jatuh di saluran air yang tertutup beton di kawasan Radio Dalam Raya. Setelah kunci motornya berhasil diambil petugas, pemilik mengaku sangat senang.



7. EVAKUASI MONYET LIAR

Seorang warga melaporkan keresahannya ketika seekor monyet berkeliaran di rumah-rumah warga di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (23/10). Lima petugas pun diturunkan ke lokasi untuk melakukan proses evakuasi.

Meskipun sempat mengalami kendala karena hewan tersebut terus berpindah-pindah lokasi, petugas Damkar akhirnya bisa mengevakuasi monyet tersebut dan diamankan ke Kantor Sektor Pemadam Kebakaran Kecamatan Kebayoran Baru.

Sebelumnya, petugas Damkar juga mengevakuasi monyet liar di kawasan Cakung, Jakarta Timur(23/4). Menurut informasi dari warga setempat, seekor monyet yang berkeliaran itu mulanya merupakan milik salah seorang warga.

Petugas membutuhkan waktu sekitar 5,5 jam untuk menangkap monyet itu. Warga berharap tidak ada lagi yang memelihara monyet, karena saat lepas bisa menganggu ketenangan warga lain.



8. EVAKUASI DRONE WARGA

Petugas Damkar mengevakuasi drone milik warga yang dilaporkan tersangkut di pohon mangga di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Setan (23/10). Selain kehilangan sinyal, drone tersebut berada di ketinggian kurang lebih 20 meter, sehingga pelapor kesulitan mengambilnya. Pemilik drone menghubungi pihak Damkar untuk meminta pertolongan pada 19.35 WIB.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1741 seconds (0.1#10.140)