4 Cara Berteman dengan Diri Sendiri, Penting untuk Kesehatan Mentalmu

4 Cara Berteman dengan Diri Sendiri, Penting untuk Kesehatan Mentalmu
Berteman dengan diri sendiri memang butuh proses yang panjang, tapi bisa dilakukan. Foto/Getty Images
JAKARTA - Ada kalanya kita sangat pandai menjadi sahabat bagi orang lain, tapi malah jadi teman yang buruk untuk diri sendiri.

Ini bisa terjadi karena sebagian orang biasanya terlalu menerapkan standar yang tinggi untuk diri sendiri. Sementara saat menilai orang lain, mereka bisa lebih objektif atau mampu melihat dari sudut pandang yang berbeda.

Nah, agar kamu bisa seimbang antara menjadi teman baik bagi orang lain sekaligus bagi diri sendiri, berikut tipsnya dari Psychology Today.

1. KONTROL PIKIRAN NEGATIFMU



4 Cara Berteman dengan Diri Sendiri, Penting untuk Kesehatan Mentalmu

Foto: Shutterstock

Saat kamu mulai punya penilaian negatif terhadap diri sendiri, cobalah kamu berpikir lagi, apakah hal yang sama juga akan diucapkan oleh sahabatmu.

Misalnya kamu menilai badanmu gemuk dan tidak bagus saat difoto. Apakah mungkin saat kamu bertanya pada temanmu tentang hal tersebut dia akan berkata, "Iya, ih, jelek banget gemuk gitu".

Pernyataan tersebut hampir pasti tidak akan keluar dari mereka. Yang mungkin mereka katakan umumnya adalah, "Iya, agak gemukan, tapi fotonya tetap bagus, kok, malah cute". Jadi, jangan terlalu kejam pada diri sendiri.

Baca Juga: 9 Anime yang Mengangkat Cerita tentang Kesehatan Mental
halaman ke-1
Share: