Review dan Sinopsis Film Dune: Visual Mengagumkan, Cerita Kurang Jiwa

Sejak awal, Dune sepertinya mengkhianati ceritanya sendiri. Film itu dibuka dengan narasi yang disuarakan Zendaya yang memerankan Chani. Sedikit spoiler, dia hanya muncul tak kurang dari 10 menit di film berdurasi 155 menit ini. Di narasi itu, dia bertanya, siapa lagi yang akan menjajah Arrakis?



Harapan penonton tentu mereka akan melihat aksi penjajahan tersebut. Sayang, film ini justru lebih berfokus pada Paul. Bahkan, sebagian besar cerita film ini pun diambil dari sudut pandang Paul. Padahal, Paul sendiri terlihat terkaget-kaget dengan kenyataan yang ada di hadapannya. Dia harus pindah ke planet yang hanya berisi hamparan pasir dan tahu kalau dia adalah orang yang dilahirkan sebagai penyelamat Fremen.
Review dan Sinopsis Film Dune: Visual Mengagumkan, Cerita Kurang Jiwa

Sebagai sebuah petualangan visual, Dune mungkin akan memuaskan keinginan tersebut. Tapi, bagi para pemburu plot cerita, Dune bakal terasa datar dan hambar. Terlebih bagi yang telah membaca bukunya.

Soal akting pemain, sudahlah, tak perlu dipertanyakan. Dune dibintangi sederet bintang tenar Hollywood. Dari aktor muda seperti Timothee Chalamet dan Zendaya, sampai aktor berubuh kekar seperti Jason Momoa dan Dave Bautista, hingga aktor kawakan seperti Oscar Isaac, Josh Brolin, Stellan Skarsgard dan lain-lain.

Dune pernah disebut sebagai novel yang paling susah diadaptasi sebagai film. Sejauh ini, memang belum ada adaptasi yang cukup memuaskan bagi penggemar film dan juga bukunya. Bahkan David Lynch yang pernah mengadaptasi novel ini menjadi film pun benci dengan karyanya sendiri.

Dune memang memberikan visual yang menarik untuk ditonton. Denis sepertinya memberikan dirinya banyak waktu untuk memperhatikan banyak detil visual di film ini. Sayang, film bukan hanya soal visual. Plot cerita pun harus diperhatikan karena keduanya saling melengkapi. Inilah yang luput dari Dune.

Dune akhirnya menjadi sebuah film yang hambar. Sinematografi bagusnya tetap tidak bisa menolong kurangnya jiwa dalam film ini. Ironis memang. Film ini mengangkat tentang tambang bumbu, tapi mereka kurang bumbu untuk membuatnya jadi lebih baik.

Baca Juga: Siapkan Tisu, Ini 5 Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa!

Kalau film ini memang akan diteruskan ke bagian 2, semoga saja Denis bisa mengoreksi segala kekurangannya. Sebagai catatan tanpa spoiler, film ini hanya menjangkau setengah bagian buku asli Dune. Meski begitu, tidak ada rasa cliffahanger di sini, terutama bagi yang belum membaca bukunya.

Dune sudah bisa disaksikan di bioskop kesayangan kalian mulai hari ini, Rabu (13/10). Tetap patuhi protokol kesehatan selama berada di bioskop! Jaga kesehatan! Selamat menyaksikan!
halaman ke-2
Share: