10 Film Enggak Laku Ini Malah Nge-Hits di Layanan Streaming

Minggu, 17 September 2023 - 22:15 WIB
loading...
10 Film Enggak Laku Ini Malah Nge-Hits di Layanan Streaming
Sejumlah film yang gagal laku di bioskop malah menemukan audiens kuatnya begitu tayang di layanan streaming. Film itu pun jadi lebih disukai lebih banyak orang. (Foto: IGN SEA)
A A A
Banyak film bagus yang gagal meraup pendapatan besar di box office. Alasannya pun beragam. Dari buruknya kampanye marketing, cerita yang awalnya terlihat tidak menarik, hingga strategi perilisan yang salah, semuanya berkontribusi pada kegagalan sebuah film ketika diputar di bioskop.

Tapi, sejumlah film gagal ini malah menemukan kesuksesan ketika dirilis di layanan streaming dan video on demand (VOD). Promosi dari mulut ke mulut bisa menyebar, memberikan jaminan yang layak diterima film tersebut. Di waktu lain, sepertinya algoritma Netflix berbaik hati kepada film yang gagal di box office.

Di masa terutama setelah pandemi, film menghabiskan waktu yang lebih sedikit di bioskop dan berakhir lebih cepat di layanan streaming setelah dirilis di layar lebar. Sementara efek jangka panjang strategi ini masih bisa diperdebatkan, tidak diragukan lagi kalau cara ini membantu sejumlah film menemukan audiensnya. Bahkan, film yang awalnya dicaci maki malah semakin disukai audiens begitu nongol di streaming. Apa saja film yang tidak laku di bioskop tapi malah jadi hit di layanan streaming? Mengutip Screen Rant, berikut ulasannya!



10. Air

10 Film Enggak Laku Ini Malah Nge-Hits di Layanan Streaming

Foto: Chicago Sun-Times

Ketika Amazon Studios pertama kali mengumumkan Air, film itu dimaksudkan untuk langsung tayang di Prime Video. Tapi, Amazon memutuskan untuk merilis film ini di bioskop dulu sebelum menayangkannya di layanan streaming itu. Sementara film itu tampil baik di box office, film itu bukanlah film bioskop yang menguntungkan.

Air hanya meraup USD90 juta di box office dari anggaran sekitar USD70–90 juta. Tapi, hasil box office itu bukan masalah. Toh, perilisan di bioskop hanya dimaksudkan untuk membangun gengsi dan baik untuk kampanye mulut ke mulut. Usaha ini terbayarkan karena film itu jadi hit besar di Prime Video.

9. Encanto

10 Film Enggak Laku Ini Malah Nge-Hits di Layanan Streaming

Foto: The Verge

Begitu Encanto masuk layanan streaming di Disney+, film itu jadi sensasi global. Anak-anak di seluruh dunia menonton film itu berkali-kali. Soundtrack-nya juga sulit dilupakan sehingga mudah untuk melupakan kalau film itu hanya meraup USD256 juta di seluruh dunia.

Sementara angka itu besar, tapi perolehan itu rendah bagi film kartun Disney dan yang menjadi favorit banyak orang. Film itu dirilis pada akhir 2021 ketika bioskop masih memulihkan diri dari penutupan. Sehingga, keluarga pun enggan kembali ke bioskop. Tapi, begitu film itu masuk layanan streaming, orang tidak bisa merasa cukup sekali menontonnya.

8. Assassin's Creed

10 Film Enggak Laku Ini Malah Nge-Hits di Layanan Streaming

Foto: Esquire

Sebagian besar film di daftar ini menemukan kesuksesannya tak lama setelah tayang di layanan streaming. Tapi, Assassin’s Creed menjadi salah satu pengisi Top 10 Netflix 7 tahun setelah dirilis. Awal tahun ini, adaptasi video game yang dibintangi Michael Fassbender itu masuk ke Top 10 Netflix di sejumlah wilayah internasional.

Ketika dirilis, filmi itu dicaci maki kritikus. Sementara punya pembela, film itu belum mendapatkan pengikut setia dalam beberapa tahun setelah dirilis. Algoritma Netflix pastinya merasa baik hati terhadap film ini karena tiba-tiba menjadi hit.

7. The Suicide Squad

10 Film Enggak Laku Ini Malah Nge-Hits di Layanan Streaming

Foto: The Atlantic

Ada banyak alasan mengapa 2021 adalah masa yang aneh terutama bagi box office. Karena pandemi di seluruh dunia, sulit menilai dengan akurat bagaimana film itu tampil selama waktu itu. Semuanya jadi lebih rumit ketika Warner Bros. merilis film mereka di layanan streaming secara bersamaan dengan perilisannya di bioskop.

Ini adalah salah satu alasan utama mengapa meski disukai kritikus dan audiens, The Suicide Squad hanya meraup USD168,7 juta di box office. Itu adalah salah satu film komik paling tidak laku, tapi menjadi salah satu yang paling banyak ditonton di HBO Go pada 2021. Dengan perilisan Peacemaker setelahnya, film ini pun semakin disukai orang.

6. Eternals

10 Film Enggak Laku Ini Malah Nge-Hits di Layanan Streaming

Foto: Vanity Fair

Eternals adalah kambing hitam Marvel Cinematic Universe (MCU). Selain punya gaya dan tone yang benar-benar berbeda dari film lain di franchise itu, Eternals juga satu dari sedikit film MCU yang dianggap sebagai kekecewaan di box office. Film besutan Chloe Zhao itu gagal menggandakan anggaran yang mencapai hampir USD300 juta di box office.

Tapi, Eternals kemudian menjadi salah satu film yang paling banyak di-streaming pada 2022. Film itu di-stream sebanyak 4,2 miliar menit di Disney+. Angka itu lebih banyak ketimbang Frozen II dan Uncharted. Ini adalah satu dari sedikit film Marvel yang menemukan mayoritas audiensnya setelah pembukaan akhir pekan.

5. Edge of Tomorrow

10 Film Enggak Laku Ini Malah Nge-Hits di Layanan Streaming

Foto: YouTube
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2769 seconds (0.1#10.140)