10 Film Perang Manusia Melawan AI yang Bikin Merinding

Kamis, 28 September 2023 - 21:06 WIB
loading...
10 Film Perang Manusia Melawan AI yang Bikin Merinding
Film yang menampilkan cerita perang manusia melawan kecedasan buatan (AI) menawarkan tontonan penuh ketegangan dan juga emosi yang mendalam pada karakternya. (Foto: Dexerto)
A A A
Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) menjadi topik bahasan hangat belakangan. Kecanggihan berpikir teknologi itu membuat orang khawatir kalau mereka bisa hidup dan melakukan pemberontakan terhadap manusia. Sejumlah film menunjukkan fenomena tersebut.

Kehadiran film The Creator bisa memicu ketakutan itu lebih dalam. Meski film ini menunjukkan kalau manusia bisa lebih jahat ketika terancam, tapi tetap saja, robot AI di film ini agak mengkhawatirkan. Sementara sebelumnya, Mission: Impossible – Dead Reckoning Part One juga menyoroti ancaman AI pada perdamaian dunia.

Kedua film itu hanyalah barisan terbaru dari perang melawan AI di layar lebar. Sebelumnya, sudah banyak film dengan tema serupa yang cukup membuat penonton merinding. AI digambarkan bisa mengambil alih banyak aspek kehidupan masyarakat dan membuat dunia jadi kacau. Manusia pun berusaha melawan mereka dan mengembalikan keadaan. Apa saja film perang manusia melawan AI yang seru? Simak rekomendasinya berikut!



10. 2001: A Space Odyssey — 1968

10 Film Perang Manusia Melawan AI yang Bikin Merinding

Foto: BBC

Cerita manusia melawan AI di film sudah ada bahkan sejak teknologi film belum secanggih sekarang. Dirilis pada 1968, 2001: A Space Odyssey memperkenalkan HAL 900, AI di film itu. HAL cerdas. Ketika sistemnya mengirim kesalahan langka dan kru di baliknya berusaha mematikannya, dia tahu dan melihat semuanya.

HAL lantas mematikan pendukung kehidupan banyak kru di atas kapal yang dihuninya. Mereka semua pun tewas. Pada akhirnya, dia dihentikan satu-satunya penyintas di kapal itu, Dave Bowman. Dave bisa mematikan AI canggih tersebut. Film ini menunjukkan potensi mematikan AI dan luar angkasa.

9. Transcendence — 2014

10 Film Perang Manusia Melawan AI yang Bikin Merinding

Foto: ScreenGeek

Transcendence lebih pada pertarungan manusia untuk memahami konsep AI ketimbang AI jadi hidup dan mengumandangkan perang kepada manusia. Film ini mengisahkan tentang Will Caster, seorang ilmuwan yang meriset AI. Sayang, sekelompok teroris antiteknologi bernama RIFT menembak dan membunuh Will saat dia sedang melakukan riset.

Istri Will, Evelyn, dan sahabatnya, Max, bisa mengunggah kesadaran Will ke bentuk teknologi. Pada akhirnya, Will menemukan cara ke internet. Will dan kemampuannya jadi di luar kendali hingga ke titik di mana dia bisa mengendalikan pikiran manusia kalau mereka tersentuh partikel nanonya. Transcendence menyajikan pendekatan menarik pada AI, jangkauan, dan potensi mengerikannya.

8. Ex Machina — 2014

10 Film Perang Manusia Melawan AI yang Bikin Merinding

Foto: AZ Central

Ex Machina tidak memberikan perang skala besar antara manusia dan mesin. Alih-alih, film ini tidak punya banyak pemeran. Film ini mengeksplorasi kompleksitas intim antara manusia dan AI. Di dalamnya, ada karakter AI bernama AVA, lalu manusia bernama Caleb dan Nathan.

Ava adalah robot humanoid yang dilengkapi dengan AI. Caleb mengenalnya di sepanjang film ini. Nathan kemudian terungkap punya niat dan perlakuan jahat ketika menangani Ava. Meski Caleb dan Ava terlihat jadi akrab, Ex Machina akhirnya berakhir dengan Ava berkeliaran di dunia luar.

7. Avengers: Age of Ultron — 2015

10 Film Perang Manusia Melawan AI yang Bikin Merinding

Foto: Entertainment Weekly

Kecerdasan Tony Stark bukanlah rahasia di Marvel Cinematic Universe (MCU). Tapi, di Avengers: Age of Ultron, dia membuat kesalahan fatal. Dia berusaha menyempurnakan progam pertahanan global Ultron-nya dengan AI yang mereka temukan di tongkat Loki. Tapi, secara tidak sengaja, Tony malah membuat AI hidup yang merasa menyelamatkan dunia berarti menyingkirkan umat manusia.

Age of Ultron bukanlah salah satu film terbaik MCU. Tapi, Ultron mengungkapkan bagaimana AI bisa jadi liar. Terpengaruh Batu Pikiran, Ultron berhasil memanifestasikan dirinya di dalam Iron Legion Tony dan juga membuat Ultron Sentry-nya sendiri. Para robot intelijen ini memberikan ancaman pada Avengers, yang menyebabkan adegan aksi yang seru.

6. Chappie — 2015

10 Film Perang Manusia Melawan AI yang Bikin Merinding

Foto: We Are Movie Geek

Chappie berfokus pada Deon, seorang ilmuwan Inggirs. Dia menciptakan robot bernama Chappie dengan tujuan membuat AI yang bisa menirukan emosi manusia. Vincent Moore benci karena AI bisa menyingkirkan kekuatan dari manusia dan bukannya memberi saran untuk robotik yang lebih dikendalikan manusia. Kebencian itu dan tugas yang salah panduan mendorong Vincent mengejar Chappie.

Vincent ingin menghancurkan robot tersebut. Chappie punya banyak aksi dan emosi. Film itu mengeksplorasi konsep mengunggah kesadaran manusia ke bentuk lain. Robot yang dipakai di judul film itu benar-benar menarik. Dia bertindak seperti anak kecil yang ketakutan dan kemudian menjadi remaja yang sulit diatur, semua sampai dia menjadi dirinya sendiri.

5. M3GAN — 2023

10 Film Perang Manusia Melawan AI yang Bikin Merinding

Foto: Willamete Week
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1611 seconds (0.1#10.140)