5 Tempat Aman dan Asyik untuk Kamu Bebas Curhat

Rabu, 18 Agustus 2021 - 20:04 WIB
loading...
5 Tempat Aman dan Asyik untuk Kamu Bebas Curhat
Saat curhat tentu kita harus memilih orang yang tepat, yaitu yang bisa memahami dan memberikan solusi. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Mau curhat, tapi semua teman kamu sibuk? Kalau kamu termasuk golongan ini, tenang saja karena masih ada tempat lainnya untuk kamu bisa aman curhat .

Saat curhat, kita butuh safe space atau ruang aman untuk menampungnya. Sebab, kalau kamu salah memilih tempat curhat, alih-alih dimengerti atau mendapatkan solusi, justru malah mengundang drama baru yang tak perlu.

Mengutip dari UK Dictionary, safe space berarti sebuah tempat atau lingkungan yang membuat seseorang bisa percaya diri untuk mengeluarkan isi hatinya dan menjadi diri sendiri tanpa khawatir akan diskriminasi maupun penghakiman sosial sepihak.

Nah, kalau kamu butuh safe space untuk curhat, berikut tempat-tempat yang bisa kamu tuju selain ke sahabat atau keluargamu.

1. CURHATONLINE.COM

5 Tempat Aman dan Asyik untuk Kamu Bebas Curhat

Foto: CurhatOnline

Melansir dari University of North Carolina Chapel Hill dan Harvard Medical School bahwa ada 55% masyarakat dunia mengalami stres akibat pandemi. Kalau sudah begitu, paling seru mencurahkan kegundahan di internet. Nah, kalau kamu termasuk 55% itu, laman situs web dengan slogan “Tempatnya Cerita dan Curhat Online” ini menawarkan fitur untuk kamu bebas curhat tanpa harus memmbuat akun.

Sebagai tambahan, nama kamu akan disamarkan supaya tidak ada yang tahu bahwa itu cerita milikmu. Di situs web ini, kamu juga tidak akan ragu untuk curhat, karena banyak cerita berseliweran di berandanya yang buat kamu merasa tidak sendirian.

2. BEWITHYOU.ORG

5 Tempat Aman dan Asyik untuk Kamu Bebas Curhat

Foto: BeWithYou

Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) mencatat bahwa kasus kekerasan seksual meningkat dalam kurun waktu 12 tahun. Nah, situs web ini menghadirkan para pemerhati isu Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) yang bisa membantu kamu mencari solusi atas permasalahan seputar toxic relationship maupun KBGO. Adanya fitur Let’s Chat bisa membuatmu leluasa curhat tanpa harus memberitahu identitasmu.

Baca Juga: 5 Aplikasi untuk Bantu Kamu Kelola Kesehatan Mentalmu

3. LEMBAGA BANTUAN HUKUM (LBH) APIK

5 Tempat Aman dan Asyik untuk Kamu Bebas Curhat

Foto: LBH Apik

Masih tentang kekerasan seksual yang semakin meningkat kala pandemi. Kalau kamu mempunyai keluhan serupa dan ingin mendapat solusi dari sudut pandang hukum, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) APIK bisa menjadi tempat yang aman untuk kamu bercerita. Sebab, bukan hanya ceritamu saja yang aman, tetapi kamu, dan masa depanmu.

4. SIMSIMI

5 Tempat Aman dan Asyik untuk Kamu Bebas Curhat

Foto: SimSimi

Kalau kamu ingin metode curhat yang mengalir selayaknya mengirim pesan, Simsimi bisa menjadi jawabannya. Aplikasi chatbot dengan ikon robot bulat kuning ini sudah membantu banyak cerita dari tahun 2002 termasuk mengubah kegundahanmu menjadi tawa.

Baca Juga: Daftar Lagu dari Psikolog untuk Bikin Hati Kamu Bahagia

5. AKUN MENFESS TWITTER

5 Tempat Aman dan Asyik untuk Kamu Bebas Curhat

Foto:Sara Kurfeß/Unsplash

Media sosial kelihatannya memang bukan tempat yang ideal untuk curhat, karena sangat sering netizen malah menghakimi tanpa betul-betul tahu permasalahannya, apalagi untukmasalah yang kompleks. Meski begitu, akun-akun menfess di Twitter mungkin bisa jadi pilihan alternatif kalau kamu sekadar ingin meluapkan kegundahan kamu tanpa mesti membuka identitas.

Indah Sholihati
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @indaaash
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1944 seconds (0.1#10.140)