7 Aplikasi Idola Terpopuler Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Sabtu, 29 Mei 2021 - 15:00 WIB
loading...
7 Aplikasi Idola Terpopuler Beserta Kelebihan dan Kekurangannya
V Live menjadi aplikasi terpopuler bagi para penggemar K-pop yang ingin melihat idol-nya melakukan siaran langsung. Foto/V Live
A A A
JAKARTA - K-Pop terkenal akan cara briliannya menggaet penggemar untuk ‘ketagihan’ dengan artis idolanya. Hubungan interaktif antara idola dan penggemar pun berperan besar dalam membawa budaya K-Pop pada lebih banyak audiens.

Terbukti, meski kini dilanda pandemi, interaksi idol-fans tetap lancar dengan dorongan teknologi, termasuk aplikasi Idola. Nah, berikut aplikasi populer di kalangan fandom musik.

1. V LIVE

7 Aplikasi Idola Terpopuler Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Foto: V Live

Dikenal juga sebagai “V App”, layanan streaming siaran langsung asal Korea Selatan ini resmi diluncurkan pada 2015 lalu. Aplikasi besutan Naver Corporation ini menyediakan layanan live broadcast. Selain itu, kamu bakal dapat notifikasi saat idol kesayanganmu live, tapi notifikasi ini baru bisa kamu dapatkana kalau bergabung ke channel mereka terlebih dahulu. Walau begitu, konten V Live bisa tetap kamu tonton lewat desktop atau laptop meski tanpa harus mengunduhnya.

Kelebihan aplikasi ini adalah kamu juga akan dibuat nyaman dengan tampilan per-channel yang rapi. Sayangnya, aplikasi ini seolah masih khusus digunakan oleh idola asal Korea Selatan. Meski begitu, pengguna asal Indonesia sudah bisa melihat konten penyanyi asal Indonesia, Raisa, yang sudah aktif di V Live Indonesia.

2. UNIVERSE

7 Aplikasi Idola Terpopuler Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Foto: UNIVERSE

Aplikasi buatan pengembang video game NCSoft ini mencakup 16 channelidol grup dan solo, termasuk Iz*one, Monsta X, The Boyz, Kang Daniel, (G)I-dle, Ateez, AB6IX, Astro, WJSN, dan enam lainnya. Dalam UNIVERSE, ada konten eksklusif original berupa serial dan radio, plus UNIVERSE Music yang memuat berbagai konten dan video musik eksklusif.

Serunya, penggemar bisa bermain dan membuat video musik sendiri menggunakan fitur Studio. Kamu bisa memainkan karakter versi 3D dari idola favoritmu. Selain itu, Universe juga punya fitur private message menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang memungkinkan penggemar seolah sedang chatting dengan idolanya.

Meski begitu, fitur ini dinilai kurang memuaskan. Menurut Korea Herald, bersama fitur voice call Universe, keduanya dianggap terlalu kaku dan tak beremosi, seolah sedang berinteraksi dengan mesin.

Baca Juga: Suka K-Pop? Kamu Bisa Jualan dan Jadi Penyiar Radio Berbayar di Aplikasi Ini

3. WEVERSE

7 Aplikasi Idola Terpopuler Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Foto: Weverse

Aplikasi idola Korea Selatan yang juga tersedia dalam bentuk situs web ini dibuat oleh agensi hiburan HYBE Corp.. Spesialisasi aplikasi ini terletak pada berbagai konten multimedia, komunikasi idola-penggemar dan antarpenggemar. Di Weverse, kamu bakal menemukan channel BTS, TXT, ENHYPEN, GFRIEND, dan masih banyak lagi.

Seperti V Live, Weverse juga punya tampilan yang rapi dan diurutkan sesuai channel yang baru mengunggah konten. Penggemar juga dibuat tertarik dengan fitur connect lighstick. Kamu bisa menghubungkan lightstick-mu dan menonton video musik ala konser. Penggemar juga bisa mendukung dan meramaikan unggahan idolanya.

Sayangnya, Weverse membatasi cheer atau like versi Weverse, hanya untuk 24 jam pertama sejak unggahan yang dipublikasikan. Selain itu, tak seperti Universe, Weverse tidak menyediakan fitur call.


4. SHOWROOM

7 Aplikasi Idola Terpopuler Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Foto: SHOWROOM

Ini bukan showroom mobil, melainkan salah satu platform streaming live terbaik di Jepang. Aplikasi ini punya layanan utama yang menyediakan konten-konten dari para idola dan aktor suara Jepang. Dikembangkan oleh DeNa, aplikasi berukuran 67MB ini sudah mulai mendukung penggunaan bahasa Inggris sejak 2014.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1564 seconds (0.1#10.140)