Emosimu Sering Tidak Stabil? Ini 9 Cara Mengenali dan Mengontrolnya

Jum'at, 30 April 2021 - 16:45 WIB
loading...
Emosimu Sering Tidak Stabil? Ini 9 Cara Mengenali dan Mengontrolnya
Emosi negatif yang sering muncul harus kamu seriusi untuk dikenali sumbernya dan dicari solusinya. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Di tengah pandemi COVID-19, ada banyak emosi yang kita rasakan. Kalau kamu tidak mencari cara untuk mengenali perasaan yang berat dan rumit tersebut menjadi sesuatu yang bisa kamu kendalikan, maka kamu bisa berada dalam masa yang sangat sulit.

Nah, untuk memulainya, rasakan perasaanmu. Memang, ini tidak sesederhana kedengarannya. Namun menurut psikolog klinisRyan Howes, ada dua bagian untuk merasakan suatu perasaan.

"Pertama, ada emosi yang muncul, kemudian ada pilihan untuk dibuat, 'Apakah saya ingin mengatasi emosi ini atau apakah saya ingin mengabaikannya?,” ujar Ryan, mengutip dari Self .

Untuk membantu kamu dalam melakukannya hal tersebut, berikut sembilan cara yang disetujui terapis untuk mengatasi emosimu secara langsung.

1. KENALI KEBIASAAN YANG KAMU LAKUKAN UNTUK MEMATIKAN PERASAANMU

Emosimu Sering Tidak Stabil? Ini 9 Cara Mengenali dan Mengontrolnya

Foto:@spoony/unsplash

Ini mengacu pada hal-hal yang kamu lakukan dengan sengaja atau tidak sadar untuk menghindari perasaanmu yang sebenarnya.
Tentunya, ini akan berbeda untuk setiap orang. Bisa jadi, kamu akan mengabaikan emosimu dengan memilih menonton film, main gim, banyak makan, atau menyibukkan diri dan membuat jadwal hariannya sangat padat untuk membuatmu tak merasakan emosi apa pun saking sibuknya.

Memang, kamu bisa menikmati banyak dari kebiasaan ini dengan aman dalam jumlah sedang, dan mungkin agak sulit untuk menarik garis antara apa yang "sehat" dan "tidak sehat". Jadi, kamu memang harus menggali perasaanmu sendiri, apakah kamu melakukan kebiasaan itu untuk mencari hiburan saja atau sebenarnya untuk 'melarikan diri' dari emosi tertentu.

2. MULAILAH DENGAN MENGIDENTIFIKASI PERASAANMU

Emosimu Sering Tidak Stabil? Ini 9 Cara Mengenali dan Mengontrolnya

Foto:@brett_jordan/unsplash

Sebagian dari kita mungkin tidak terbiasa menyelidiki emosi kita saat emosi itu menyerang. Kita hanya membuat penilaian cepat tentang apa yang sedang terjadi atau bahkan mengabaikannya. Namun mengingat betapa kompleksnya emosi kita, kita malah kadang mengabaikannya dan tidak meluangkan waktu untuk menanyakan pada diri sendiri mengapa kita merasakan emosi tersebut.

Oleh karena itu, langkah selanjutnya untuk mengatasi perasaan negatif kamu adalah menjelajahinya. “Mulailah dengan mengidentifikasi apa yang terjadi di tubuhmu. “Benar-benar rasakan emosi itu. Apa yang terjadi di ususmu? Apa yang terjadi di dadamu? Apakah ada dengung di kepalamu? Apakah tenggorokanmu terasa sesak? ” ujar Ryan.

Kemudian kamu akan dapat menyelidiki lebih jauh, dengan mempertimbangkan apa yang memicu emosi tersebut dan bagaimana kamu menggambarkannya. Misalnya saat kamu membaca sebuah berita dan ini membuatmu cemas. Atau pesanmu tak kunjung dibalas teman, dan kamu merasa marah, tapi sebenarnya yang kamu rasakan lebih pada perasaan kecewa.

Jadi, kamu harus bisa menggali hal dasar dan nama emosi yang tepat untuk mengatasi perasaan negatif itu.

3. TAHAN DIRI UNTUK MENGHAKIMI DIRIMU SENDIRI

Emosimu Sering Tidak Stabil? Ini 9 Cara Mengenali dan Mengontrolnya

Foto:@nadineshaabana/unsplash

Seringkali saat merasa kecewa, kita menganggap hal yang membuat kita kecewa itu kekanak-kanakan atau bukan hal yang besar. Misalnya, kamu merasa kecewa karena temanmu tidak membalas chat kamu dengan cepat, atau kamu sedih saat pacarmu lupa hari ulang tahunmu.

Seringkali kita mengabaikan perasaan sedih itu dengan meyakinkan diri bahwa itu bukan hal penting. Nah, cobalah untuk tidak melakukan ini. Berhenti menghakimi perasaan yang kamu rasakan. Perlu diingat bahwa perasaan kita kadang memang bertolak belakang dengan kenyataan. Namun tak apa untuk mengizinkan dirimu untuk benar-benar merasakan emosi negatif itu.

4. TANYAKAN “APA YANG PERASAAN INI INGIN KATAKAN KEPADAKU?”

Emosimu Sering Tidak Stabil? Ini 9 Cara Mengenali dan Mengontrolnya

Foto:@titopixel/unsplash
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1492 seconds (0.1#10.140)