5 Efek Hand Lettering yang Mudah Dibuat di Rumah

Sabtu, 06 Februari 2021 - 13:39 WIB
loading...
A A A
Kertas berwarna putih berukuran tebal dengan permukaan lembut, pensil, empat buah markers dari kelompok warna yang sama (1 terang, 2 sedang, 1 gelap), dan pena gel berwarna putih adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat efek ini.

Mula-mula, gambar garis tepi pada jenis huruf (font) menggunakan pensil. Selanjutnya, tentukan cahaya imajiner pada huruf. Setelah itu, mulailah mewarnai dengan pola bintik menggunakan marker berwarna terang di sisi huruf yang paling dekat dengan cahaya. Apabila dirasa sudah mendekati bagian tengah huruf, berilah jarak antartitik saat mewarnai. Kemudian, warnai bagian tengah huruf dengan pola yang sama menggunakan warna lebih terang dibanding sebelumnya. Pada tahap ini, usahakan untuk menimbulkan gradasi antarkedua warna pada huruf (tumpang tindih, tapi tetap mempertahankan warna yang lebih terang).

Berikutnya, warnai sisa bagian pada huruf yang jauh dari sumber cahaya menggunakan marker berwarna lebih gelap (tumpang tindih, tapi tetap mempertahankan warna yang lebih terang pada huruf). Ulangi tahap 3–5 hingga berhasil mendapatkan bintik-bintik warna yang padat. Sesudah itu, warnai bagian huruf terjauh dari sumber cahaya menggunakan marker berwarna tergelap untuk membuat bayangan. Terakhir, berilah noda di area paling terang pada huruf menggunakan pena gel berwarna putih untuk mempertahankan warna di area tersebut.

5. RIBBON & DROP SHADOW EFFECT

5 Efek Hand Lettering yang Mudah Dibuat di Rumah

Foto: Lettering Daily

Efek ini membutuhkan satu lembar penanda kertas (marker paper) serta kertas karbon atau kalkir berwarna putih, 1 buah spidol warna hitam, pensil, penghapus, kapas pentul, spidol blender (blender marker) dan dua buah penanda kuas (brush marker) berwarna terang dan gelap.

Pertama, gambar desain huruf pada spidol blender menggunakan spidol berwarna hitam. Selanjutnya, letakkan kertas karbon atau kalkir di atas penanda kertas yang sudah digambar untuk dijiplak menggunakan penanda kuas berwarna terang. Setelah itu, warnai bagian tertentu pada huruf (opsional) menggunakan penanda kuas. berwarna gelap untuk membuat bayangan, agar dapat menyerupai pita yang saling terhubung, terpelintir, atau terlipat.

Baca Juga: 5 Idol K-Pop Terbaik sebagai Polygot, Bisa Lebih dari 3 Bahasa!

Agar hasilnya lebih maksimal, kamu bisa memadukan area berbayang dengan warna dasar (terang) yang ada pada huruf menggunakan spidol blender. Langkah terakhir, untuk menimbulkan bayangan (drop shadow) halus menyerupai desain huruf pada kertas kalkir atau karbon kamu. Letakkan desain huruf pada penanda kertas di bawah kertas kalkir atau karbon, dan gambar kembali menggunakan pensil sesuai konsep yang diinginkan.

GenSINDO
Fazjri Abdillah
Politeknik Negeri Jakarta
(ita)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1278 seconds (0.1#10.140)