5 Efek Hand Lettering yang Mudah Dibuat di Rumah

Sabtu, 06 Februari 2021 - 13:39 WIB
loading...
5 Efek Hand Lettering yang Mudah Dibuat di Rumah
Hand lettering punya beberapa efek untuk membuat tulisan yang dihasilkan tampak lebih menonjol. Foto/Pixabay
A A A
JAKARTA - Hand lettering adalah seni menggambar huruf dengan gaya (style) yang variatif dan kreatif. Estetika dari sebuah karya hand lettering bisa semakin tinggi dan menarik, apabila dikombinasikan dengan sejumlah ornamen atau efek lain di dalamnya.

Melansir Lettering Daily, berikut lima efek hand lettering yang mudah dibuat di rumah.

1. WATER EFFECT

5 Efek Hand Lettering yang Mudah Dibuat di Rumah

Foto: Lettering Daily

Perlengkapan yang dibutuhkan antara lain kertas berwarna putih berukuran tebal dan permukaan lembut, kapas pentul (cotton bud), pensil, penghapus, dan pena gel berwarna putih.

Pertama, buat kerangka huruf (font) sesuai konsep yang telah ditentukan menggunakan pensil. Setelah itu, pilih lokasi cahaya imajiner pada setiap huruf. Lalu, gelapkan sisi atas dan bawah pada setiap huruf dengan pensil. Selanjutnya, sisir setiap sisi yang telah digelapkan mengarah ke arah berlawanan menggunakan kapas pentul secara halus.

Jangan lupa menghapus sisa-sisa warna pensil yang keluar dari kerangka huruf menggunakan penghapus. Sisakan sisi tengah pada huruf sebagai bagian paling terang (putih). Terakhir, buatlah garis-garis menyerupai pantulan air menggunakan pena gel berwarna putih di sisi atas dan bawah huruf. Kreasikan dan buatlah serealistis mungkin sesuai dengan konsep yang diinginkan.

2. BUBBLE EFFECT

5 Efek Hand Lettering yang Mudah Dibuat di Rumah

Foto: Lettering Daily

Perlengkapan yang dibutuhkan adalah kertas berwarna hitam berukuran tebal dengan permukaan lembut, pensil warna (varian warna sesuai keinginan masing-masing), kapas pentul, dan pena gel berwarna putih.

Pertama, buatlah kerangka huruf sesuai konsep yang telah direncanakan menggunakan pensil berwarna putih. Lalu, warnai bagian dalam setiap huruf mengikuti garis kerangka menggunakan pensil warna dengan varian berbeda. Setelah itu, warnai bagian tengah huruf senada dengan kerangkanya menggunakan pensil berwarna hitam. Kemudian, oleskan kedua bagian secara lembut dan perlahan menggunakan kapas pentul (diusahakan jangan sampai terlalu banyak menghilangkan warna lain di sekitarnya).

Ulangi langkah 2–5 hingga mendapatkan hasil yang diharapkan. Kamu juga bisa menambahkan efek "refleksi cahaya atau jendela" berupa bulatan atau garis kecil di area tertentu pada huruf, agar lebih realistis menggunakan pena gel berwarna putih. Terakhir, ulangi langkah 2 dan 4 untuk menghilangkan noda-noda warna yang berada di luar kerangka pada huruf.

Baca Juga: 10 Keterampilan Bertahan Hidup yang Mesti Anak Muda Kuasai

3. SLIME EFFECT

5 Efek Hand Lettering yang Mudah Dibuat di Rumah

Foto: Lettering Daily

Siapkan kertas putih berukuran tebal dan permukaan lembut, pensil, kuas cat air, dan spidol serta pensil warna dalam kelompok warna yang sama (putih dan hitam, misalnya).

Pertama, buat kerangka huruf sesuai konsep yang ada menggunakan pensil. Selanjutnya, warnai seluruh bagian tepi pada huruf secara merata menggunakan spidol (warnai bagian tepi pada huruf menggunakan teknik gradasi warna cerah dan membentuk pola slime). Lalu, ratakan warna (agar lebih halus) pada kerangka huruf menggunakan kuas cat air.

Setelah itu, tentukan arah cahaya (bagian terang berwarna putih) pada huruf dan warnai menggunakan pensil berwarna putih. Terakhir, warnai seluruh bagian dalam huruf menggunakan warna yang sama seperti tahap kedua, tapi dengan menggunakan teknik gradasi warna gelap. Lakukan seluruh tahap di atas sebaik mungkin agar kamu mendapatkan hasil yang diinginkan.

4. GLITTER EFFECT

5 Efek Hand Lettering yang Mudah Dibuat di Rumah

Foto: Lettering Daily
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1892 seconds (0.1#10.140)