6 Tren Desain Grafis 2024, Bantu Kamu Jadi Desainer Kekinian!

Senin, 17 Juni 2024 - 16:30 WIB
loading...
6 Tren Desain Grafis 2024, Bantu Kamu Jadi Desainer Kekinian!
Ada sedikitnya enam tren desain grafis pada 2024 yang bisa kamu coba praktikkan. Foto/Pexels, Antoni Shkraba
A A A
JAKARTA - Pada zaman yang serbadigital ini, seorang desainer grafis tentunya perlu untuk terus mengembangkan keterampilan dan wawasannya tentang dunia desain, agar bisa menciptakan desain yang lebih bagus dan menginspirasi.

Dengan mengetahui perkembangan desain yang ada, seseorang desainer grafis dapat beradaptasi dan menciptakan inovasi-inovasi desain baru. Nah, bagi kalian yang menyukai dunia desain atau mungkin seorang desainer grafis, berikut beberapa rangkuman perkembangan gaya desain yang sedang tren.


Tren Desain Grafis Tahun 2024


1. Psychedelic

6 Tren Desain Grafis 2024, Bantu Kamu Jadi Desainer Kekinian!

Foto:Pinterest/Indieground Design

Gaya psychedelic adalah seni yang mencerminkan pengalaman halusinasi, alam semesta, dan kesadaran alternatif. Gaya ini sering dikaitkan dengan era psikedelik pada era 1960-an, ketika seni ini mencerminkan budaya penggunaan obat-obatan psikedelik.

Salah satu ciri khas dari psychedelic style adalah penggunaan warna-warna terang dan mencolok. Selain itu, desain ini juga menggunakan efek-efek psikedelik seperti penggandaan bentuk dan efek optik.

Desain grafis ini menjadi terkenal dalam industri musik, terutama dalam sampul album, poster konser, dan merchandise band.

2. Back to 70’s

6 Tren Desain Grafis 2024, Bantu Kamu Jadi Desainer Kekinian!

Foto: Pinterest/Jacob Cass

Tahun lalu, gaya Y2K (tahun 2000-an) banyak disukai para desainer karena membawa kesan nostalgia terhadap hal-hal yang berkilau. Namun, pada 2024, desain dengan gaya era 1970-an lebih digemari.

Tidak seperti desain Y2K yang terlihat eksentrik, gaya 1970-an lebih bersifat alami dan berkesan funky. Desain ini juga memiliki ciri khas palet warna yang pudar, dengan garis-garis retro, kotak-kotak, motif bunga, dan pola unik lainnya.

Tren ini membangkitkan nuansa yang santai dan klasik berkat warnanya yang sederhana.

3. 3D Surealism

6 Tren Desain Grafis 2024, Bantu Kamu Jadi Desainer Kekinian!

Foto: Pinterest/Digital Art Designs

Kemunculan teknologi kecerdasan buatan (AI) membawa tren desain grafis baru pada 2024. Desain surealistik memiliki kesan eksentrik, dengan tampilan yang nyata seperti berasal dari dunia cyberpunk.

Ciri khas dari desain 3D surrealism ini adalah dengan penggunaan warna-warna yang cerah serta mencakup bentuk abstrak dan organik. Tren desain grafis ini cocok untuk iklan, poster, media sosial, dan desain situs web.

Reddit jadi salah satu perusahaan yang melakukan perubahan logo pada 2024 dan memakai tren desain 3D surealism.

4. Pixels

6 Tren Desain Grafis 2024, Bantu Kamu Jadi Desainer Kekinian!

Foto:Pinterest/Behance

Tren desain grafis ini punya ciri khas berupa desain blok bangunan kecil persegi, perpaduan unik antara nostalgia dari video game retro dan modernitas. Dengan sentuhan visual yang khas, tren pixels ini memberikan kesan desain yang harmonis, inovatif, dan sedikit futuristik.

Pada dasarnya tren desain pixelsterinspirasi dari gaya video game dan animasi komputer 8-bit klasik, untuk memberikan rasa nyaman dan nostalgia. Penggunaan tren desain ini bisa untuk desain situs web, animasi, ilustrasi, dan poster.

5. Flow and Form

6 Tren Desain Grafis 2024, Bantu Kamu Jadi Desainer Kekinian!

Foto: Pinterest/Götz Gramlich

Flow and Form menggabungkan bentuk-bentuk geometrik dan organik. Tren ini sepenuhnya menggambarkan atmosfer yang profesional dan penuh kehidupan melalui blob art yang ceria, bentuk-bentuk yang mengalir di mural, dan merek-merek yang berjiwa muda.

Dengan menyatukan elemen-elemen seperti objek alam, Flow and Form tidak hanya menghadirkan estetika yang mencolok, tetapi juga mengekspresikan dinamika antara struktur yang tegas dan kelembutan yang alami, menciptakan pengalaman visual yang memikat dan penuh semangat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2342 seconds (0.1#10.140)
pixels