kesehatan

Hati-hati! Orang yang Hobi Sarkasme Rentan Kena Penyakit Serius

Hati-hati! Orang yang Hobi Sarkasme Rentan Kena Penyakit Serius
Orang yang hobi mengeluarkan kalimat sarkasme biasanya orang yang cerdas, tapi buruk dalam soal kesehatan. Foto/Getty Images
Jakarta - Orang yang hobi mengeluarkan kalimat-kalimat sarkasme disebut punya otak lebih cerdas dan kreatif, tapi ternyata hobi ini gak bagus untuk kesehatan.

Sarkasme adalah salah satu jenis majas yang merujuk kepada sebuah cara untuk menyindir dan menyinggung seseorang atau suatu hal.

Sarkasme bisa berupa penghinaan yang mengekspresikan rasa kesal dan marah seseorang dengan menggunakan kata kasar, dan gak jarang sampai melukai perasaan lawan bicaranya. (Baca Juga:Tes Enneagram: Ada 9 Tipe Kepribadian Manusia, Kamu yang Mana?)

Orang-orang seperti ini biasanya suka ceplas-ceplos, kasar, dan gak peduli terhadap perasaaan orang yang mendengarnya. Kadang orang sarkasme dijuluki sebagai “Si Mulut Pedas” atau “Lidah Pedang”.



Hati-hati! Orang yang Hobi Sarkasme Rentan Kena Penyakit Serius

Foto: Unsplash

Orang-orang yang hobi mengeluarkan kalimat sarkasme disebut punya otak yang lebih sehat. Katherine Rankin, peneliti dari University of California San Fransisco and Neouropsychologist, menjelaskan bahwa otak yang kurang punya kemampuan dalam menangkap sarkasme bisa jadi tanda peringatan awal dari kerusakan otak.

Walau begitu, mengutip UNILAD, sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 2.321 penyintas serangan jantung oleh University of Tennessee, Amerika Serikat, menemukan sifat-sifat negatif seperti sarkasme berisiko tinggi yang ternyata jadi penyebab kematian akibat serangan jantung.



Melansir dari The Sun, peneliti utama University of Tennessee, Dr Tracey Vitori mengatakan bahwa bermusuhan merupakan ciri kepribadian yang mencakup sarkastik, sinis, kesal, gak sabaran, atau mudah tersinggung. (Baca Juga:Gangguan Psikologi yang Sering Dialami Idola K-Pop dan Rentan Buat Anak Muda)
halaman ke-1 dari 2
Artikel Terkait
TULIS KOMENTAR ANDA!
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...

    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel dalam bentuk word dengan panjang tulisan minimum 4000 karakter.

    Sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.

    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke :

    gensindo[dot]mail[at]gmail[dot]com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss