Tes Enneagram: Ada 9 Tipe Kepribadian Manusia, Kamu yang Mana?

Tes Enneagram: Ada 9 Tipe Kepribadian Manusia, Kamu yang Mana?
Tiap orang punya kepribadian khas, dan itu pun gak cukup dengan satu kepribadian aja. Foto/inspirationfeed.com
JAKARTA - Mau serius atau cuma iseng, mencoba tes kepribadian emang seru, iya gak, sih? Walaupun tujuan orang berbeda-beda pas nyoba tesnya, tetap aja banyak manfaat yang bisa kamu ambil.

Selain itu, manusia memang perlu memahami karakter dirinya, juga supaya orang lain mau mengerti karakternya. Inilah alasan menjamurnya berbagai tes kepribadian di dunia.

Dengan mengisi tes kepribadian, kita jadi tahu profesi yang kira-kira tepat untuk kita, plus kekurangan dan kelebihan diri, cara maksimalkan potensi, cara ningkatin hubungan dengan pacar atau rekan kerja, dan masih banyak lagi.

Salah satu tes kepribadian yang belakangan ini rame, tapi mungkin gak semua orang tahu adalah tes Enneagram.

APA ITU TES ENNEAGRAM?

Tes Enneagram: Ada 9 Tipe Kepribadian Manusia, Kamu yang Mana?


Foto: inthethickofitblog.com

Tes Enneagram jadi salah satu tes kepribadian yang paling banyak digunakan di dunia setelah tes MBTI. Asalnya dari bahasa Yunani, Ennea berarti sembilan, dan Grammos artinya sesuatu yang digambarkan.

Tes Enneagram menggolongkan kepribadian manusia ke dalam sembilan jenis, digambarkan dalam diagram yang masing-masing kepribadiannya punya hubungan.

Tes ini dikembangkan tahun 1950-an oleh Oscar Ichazo (psikolog kelahiran Bolivia) dan Claudio Naranjo (psikiater dari Chili), berdasarkan pengajaran G.I. Gurdjieff.

Hasil tes Enneagram bisa dibilang cukup dalam, dan membahas tentang alasan seseorang berbuat sesuatu, kelemahan dan kekuatan, pemikiran, perasaan, insting, dan motivasi.

Beda dari tes MBTI yang selama ini kamu tahu, tes Enneagram ada sembilan tipe kepribadian dasar dan 27 subtipe kepribadian. Berikut penjelasan singkatnya.

1. Tipe Perfeksionis (Refomer)

Tipe ini adalah orang yang sulit menerima kesalahan, walaupun gak disengaja. Mereka juga seorang yang rasionalis dan idealis, jadi punya standar tinggi pada semua hal. Selain kritis, tipe ini juga pengen selalu melakukan yang terbaik tanpa kekurangan. Ciri-cirinya punya standar tinggi, idealis, produktif, dan bijaksana.

2. Tipe Penolong (Helper/Giver)

Kalo kamu punya jiwa merawat dan peduli, bisa jadi kamu tipe ini. Punya hati lembut, empati, dan mau berkorban untuk orang lain. Tapi kadang, tipe ini membantu orang karena ada unsurgak enak atau segan aja, kadang juga jadi sentimental. The Helper biasanya tergerak karena butuh dicintai dan mau mengekspresikan perasaan positifnya ke orang lain. Beberapa cirinya adalah murah hati, peka, suka menolong, disenangi orang, tapi sedikit manipulatif.

3.Tipe Pengejar prestasi (Achiever/Motivator/ Performer)

Sangat berorientasi pada prestasi. Ambisi terbesarnya adalah untuk bisa sukses dan terus produktif. Orang yang optimistis secara natural karena yakin bisa mengerjakan hal-hal terbaik. Ciri-cirinya energik, bersemangat, percaya diri, ambisius, dan kompetitif. Tapi kadang terlalu gila kerja, terlalu suka bersaing, dan bisa jadi manipulatif demi dapetin yang dia mau.

4.Tipe Romantis (Romantic/Artist/Individualist)

Tipe romantis sering kali tenggelam dalam perasaannya sendiri dan mau dianggap unik oleh lingkungannya. Sensitif, perasa, kreatif, emosinya berubah-ubah, penyuka seni, ekspresif, tapi kadang terlalu menarik diri dari pergaulan.
halaman ke-1
Share: