Update Kronologi Perseteruan HYBE vs Min Hee-jin, CEO ADOR yang Debutkan NewJeans

Jum'at, 03 Mei 2024 - 20:59 WIB
loading...
A A A
Pada 16 April 2024, Min Hee-jin secara pribadi mengirim email kepada Park Ji-won, Bang Si-hyuk, dan CEO HYBE America Scooter Braun dan lainnya atas kasus ini. Ia juga mengirim pesan yang sama kepada orang tua para member NewJeans.



2. Min Hee-jin Tidak Mengembalikan Aset Perusahaan sesuai Tenggat Waktu

Dilaporkan Daily Sports, Min Hee-jin tidak mengembalikan aset perusahaan, termasuk laptop seperti yang diminta, yaitu maksimal pada 23 April pukul 18.00 waktu Korea. Adapun eksekutif ADOR lainnya telah menyerahkan kepada HYBE.

3. HYBE Beri Tenggat Waktu untuk Min Hee-jin Menjawab Hasil Audit hingga 24 April

HYBE juga meminta Min Hee-jin dan para eksekutifnya untuk menjawab hasil audit yang dilakukan HYBE maksimal pada hari ini (24/4) pukul 18.00 waktu Korea. Jika mereka mangkir, maka HYBE akan mengajukan permintaan ke pengadilan agar dilakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

Pemegang saham ADOR terdiri dari HYBE (80%), Min Hee-jin (18%), serta dua eksekutif ADOR, yaitu Wakil CEO Shin Dong-hon dan Direktur Kreatif Kim, masing-masing 1%. Keduanya sudah bekerja sama dengan Min Hee-jin sejak di SM Entertainment. Mereka juga disebut sebagai loyalis Min Hee-jin.

4. Min Hee-jin Mengirim Jawaban atas Pertanyaan Audit dari HYBE


Min Hee-jin menyerahkan jawaban atas pertanyaan HYBE terkait audit yang mereka lakukan kepada para eksekutif ADOR. Pertanyaan tersebut seputar konspirasi untuk merebut hak pengelolaan ADOR, pembocoran rahasia, dan permintaan staf.

Dalam tanggapannya, Min Hee-jin mengatakan bahwa jawabannya tersebut tidak boleh diungkapkan ke pihak luar, termasuk publik. Jika ini dilanggar, maka ia akan menanggapinya secara tegas dengan tindakan hukum.

5. HYBE Meminta Diadakan Rapat Dewan Direksi ADOR


Setelah menerima tanggapan dari ADOR, HYBE meminta untuk diadakan Rapat Dewan Direksi pada 30 April 2024. Jika para eksekutif ADOR termasuk CEO Min Hee-jin tidak hadir dalam rapat ini, maka HYBE akan meminta pengadilan untuk memerintahkan digelarnya Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) atau Extraordinary General Meeting (EGM).

Pengajuan ke pengadilan ini membutuhkan waktu 4-5 minggu untuk sampai didapatkan keputusan. Jika pengadilan mengabulkan permintaan HYBE, maka perusahaan itu bisa langsung menetapkan tanggal rapat, dan rapat bisa diadakan 15 hari kemudian.

Sebagai informasi, Dewan Direksi ADOR terdiri dari CEO Min Hee-jin, Wakil CEO Shin Dong-hon, dan Direktur Kreatif Kim, serta auditor Park yang merupakan perwakilan HYBE.

Adapun Rapat Umum (general meeting) adalah rapat antara para pemegang saham, yaitu mereka yang memiliki perusahaan. Dalam hal ADOR, hanya ada empat orang/pihak pemegang saham, yaitu HYBE (80% saham), Min Hee-jin (20%), dan dua direktur masing-masing 1% saham.

Rapat Dewan Direksi dan Rapat Umum biasanya diadakan secara berkala, bisa sebulan sekali atau tiap paruh tahun.

Sementara itu, Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa adalah rapat di luar rutinitas umum. Mereka yang memiliki saham lebih dari 3% berhak meminta diadakannya rapat ini. Dalam kasus ini, berarti hanya HYBE dan Min Hee-jin yang bisa melakukannya.

25 APRIL 2024


1. HYBE Merilis Hasil Audit sementara ADOR


Berdasarkan hasil audit sementara, HYBE menemukan fakta spesifik adanya rencana perampasan hak pengelolaan yang telah dibuat oleh Min Hee-jin.

Berdasarkan penyelidikan yang didapat dari aset informasi yang disertakan, Min Hee-jin menginstruksikan para eksekutif untuk mempersiapkan cara untuk menekan HYBE agar menjual sahamnya yang ada di ADOR.

Tim audit juga menemukan percakapan seperti, “Mari kita kumpulkan dana global dan buat kesepakatan dengan HYBE”, dan “Pikirkan cara untuk melecehkan HYBE”. Ditemukan juga transkrip yang berisikan rencana untuk membawa ADOR keluar dari HYBE yang bertuliskan “Mari buat ADOR sebagai cangkang kosong".

Selain itu ditemukan juga kata-kata dalam sebuah file yang bertuliskan, “Akhirnya meninggalkan HYBE” yang merupakan transkripsi dari perkataan Min Hee-Jin.

2. HYBE Tegaskan akan Lindungi Member NewJeans


Park Ji-won selaku CEO HYBE mengatakan bahwa, “Kami meminta maaf kepada penggemar, artis, dan anggota kami karena menimbulkan kekhawatiran atas peristiwa yang terjadi dalam proses peningkatan multi-label".

Park Ji-won juga mengatakan akan memberikan pendampingan psikologis dan emosional kepada member NewJeans, serta melakukan yang terbaik untuk mendukung agar mereka dapat comeback dengan sukses.

NewJeans direncanakan comeback pada 24 Mei mendatang.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1306 seconds (0.1#10.140)