Waspada! Ini Jenis-jenis Pelecehan Seksual di Ranah Digital yang Harus Kamu Tahu

Senin, 10 Agustus 2020 - 13:59 WIB
loading...
Waspada! Ini Jenis-jenis Pelecehan Seksual di Ranah Digital yang Harus Kamu Tahu
pelecehan seksual di dunia maya makin marak terjadi, jadi kamu mesti bisa mewaspadai. Foto/genderit.org
A A A
JAKARTA - Dibanding di dunia nyata, kita lebih banyak bermain di media sosial, apalagi saat masa pandemi kayak sekarang ini.

Tapi, kedekatan kita dengan teknologi ini gak selamanya membawa dampak baik, guys! Identitas dan data diri kita yang tersebar di internet bikin kita rentan jadi korban kejahatan, salah satunya adalah pelecehan seksual di ranah digital, yang kemudian disebut juga dengan Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO).

Ada beberapa jenis KBGO yang harus kita ketahui. Semakin kita pahami, maka kita akan semakin waspada dengan perilaku orang-orang di dunia virtual, juga mengantisipasi perilaku kita sendiri di dunia maya. Nah, berikut ini jenis-jenis pelecehannya.

1. SEXTING (SEX-TESTING)

Waspada! Ini Jenis-jenis Pelecehan Seksual di Ranah Digital yang Harus Kamu Tahu

Foto: iStock Photo

Sextingadalah bentuk pelecehan seksual verbal yang banyak terjadi di ranah digital. Ini merupakan aktivitas mengirimkan atau mengunggah konten intim, seperti foto telanjang, atau setengah telanjang, juga pesan teks bermuatan seksual, tanpa persetujuan kedua belah pihak.

Para pelaku ini biasanya banyak melancarkan aksinya di berbagai platform media sosial, termasuk platform yang mempertemukan orang asing (stranger). Nah, kalau ada seseorang, baik yang kamu kenal maupun yang gak kamu kenal, yang memulai percakapan berbau seks denganmu, tapi kamu gak mau melakukan itu dan dia tetap gak menghiraukan ketidakmauanmu, berarti dia sedang melecehkanmu. Jangan lanjutkan percakapan, ya! Segera blokir dan laporkan akun milik orang-orang seperti ini.

2. NON-CONSENSUAL DISSEMINATION OF INTIMATE IMAGES

Waspada! Ini Jenis-jenis Pelecehan Seksual di Ranah Digital yang Harus Kamu Tahu

Foto: lovebelfast.co.uk

Ini merupakan penyebaran foto, suara/audio, video, atau ujaran yang berisi konten seksual milik seseorang tanpa persetujuan orang tersebut. Salah satu bentuk yang sering kita dengar adalah revenge pornatau penyebaran konten intim milik seseorang sebagai bentuk balas dendam atau ancaman.

Banyak pelaku yang melakukan ini dengan motif mengancam kekasihnya, mulai dari memaksa supaya gak memutuskan hubungan sampai supaya mau melakukan hal sesuai dengan keinginan pelaku.

Kalau kamu gak sengaja menemukan konten yang mengindikasikan konten revenge porn, segera laporkan konten itu berikut akun pemiliknya, ya! Kalau pacarmu mengancammu dengan ancaman seperti ini, jangan takut! Segera laporkan ke pihak berwajib, dan selalu ingat bahwa kamu gak sendirian. ( )

3. BODY-SHAMING

Waspada! Ini Jenis-jenis Pelecehan Seksual di Ranah Digital yang Harus Kamu Tahu

Foto: Shutterstock

Kenapa body-shaming termasuk ke dalam KBGO? Karena selain menyerang aspek seksualitas, pelaku pelecehan di ranah digital juga kerap menyerang aspek gender. Bukan cuma di dunia nyata, di dunia virtual pun masih ada aja orang-orang yang mencela dan menghujat penampilan fisik seseorang karena dinilai gak sesuai standar masyarakat.

Misalnya, kalau cewek harus bertubuh langsing, berambut panjang, dan berpenampilan feminin dengan pakai gaun atau rok. Sementara cowok disebut-sebut harus bertubuh kekar, tinggi, pokoknya atletis, deh! Sebetulnya, itu semua omong kosong.

Kita gak bisa menilai kelayakan diri seseorang hanya dari penampilan fisiknya. Jadi, jangan kecil hati kalau ada aja netizen yang asal komentar di postingan-mu. Just be yourself! ( )

4. SCAMMER

Waspada! Ini Jenis-jenis Pelecehan Seksual di Ranah Digital yang Harus Kamu Tahu

Foto: indonesiaexpat.biz

Suka main dan berselancar di aplikasi kencan daring? Seru, ya? Tapi, jangan lupa buat selalu berhati-hati dan memilah kenalanmu karena kamu bisa jadi korban scamming! Scamming adalah aktivitas menipu seseorang lewat aplikasi kencan atau media sosial dengan cara membuat cerita palsu yang menarik simpati, kemudian membangun kepercayaan target, untuk akhirnya meminta uang.

Namanya juga dunia virtual, kita jadi gak bisa sungguh-sungguh mengenal siapa yang jadi lawan bicara kita. Semanis apa pun omongannya, setinggi apa pun janji manisnya, jangan langsung percaya, ya! Take your time buat mengenal dia, juga menelusuri latar belakangnya, sebelum melangkah ke hubungan yang lebih serius.

Setelah kamu tahu jenis-jenis ini, jangan lupa untuk selalu lakukan langkah preventif, ya. Salah satunya dengan gak terlalu banyak membagikan data dan informasi pribadi kamu di internet.

Kalau kamu melihat orang lain yang jadi korbannya, jangan lupa juga untuk menolongnya dengan cara melaporkan ke pihak berwajib, atau sesederhana membantu menekan tombol report/laporkan di akun milik pelaku. ( )

Kalau kamu menjadi korban, atau kebetulan mengenal seseorang yang menjadi korban, ada beberapa kontak yang bisa kamu hubungi untuk mencari pertolongan, yaitu:

LBH APIK
apiknet@centrin.net.id
021-8779 7289

Hollaback Hakarta
holla@holaback.org

Koalisi Perempuan Indonesia
sekretariat@koalisiperempuan.or.id
021-7918 3221/ 021-7918 3444

Komnas Perempuan
mail@komnasperempuan.go.id
021-3903 963

Selma Kirana Haryadi
Kontributor GenSINDO
Universitas Padjadjaran
Instagram: @selma.kirana
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1558 seconds (0.1#10.140)