10 Perbedaan The Little Mermaid Versi Live-Action dan Animasi

Senin, 29 Mei 2023 - 17:18 WIB
loading...
10 Perbedaan The Little Mermaid Versi Live-Action dan Animasi
Ada sejumlah perbedaan antara The Little Mermaid versi live-action dan animasi. Perbedaan ini ada yang sangat mencolok, tapi membantu memperkuat ceritanya. (Foto: Kombo/Disney)
A A A
The Little Mermaid adalah dongeng klasik Disney yang diadaptasi menjadi film live-action. Versi animasi atau kartunnya dirilis pada 1989 dan menjadi hit di masanya. Adaptasi live-action ini, sebagaimana remake lain yang dilakukan Disney, punya perbedaan dengan versi aslinya.

Sudah hal lumrah bagi Disney untuk mengubah sejumlah aspek dari materi sumbernya ke adaptasi live-action-nya. Perubahan ini dilakukan untuk menyesuaikan sejumlah aspek dan juga perkembangan zaman. Sejumlah perubahan ini terlihat begitu mencolok dan mengubah perspektif yang diciptakan film animasinya.

Dengan begitu banyak cerita The Little Mermaid di bioskop, sastra, dan panggung, sepertinya Disney mengambil inspirasi lebih dari sekadar versi dongeng putri duyung mereka. Meskipun sejumlah perubahan ini dirasa kontroversial, versi live-action The Little Mermaid telah mendapatkan ulasan positif dari penggemar dan kritikus. Apa saja perbedaan antara The Little Mermaid versi Iive-action dan animasi? Simak ulasannya berikut!



10. Penampakan Ariel

10 Perbedaan The Little Mermaid Versi Live-Action dan Animasi

Foto: Insider

Salah satu perubahan yang paling banyak dibahas dan terlihat menonjol bahkan sebelum versi live-action ini dirilis adalah penampakan Ariel. Penunjukkan Halle Bailey sebagai Ariel disambut dengan kontroversi dari mereka yang menganggap Ariel harus tetap berkulit putih. Mengubah ras Ariel menjadi kulit hitam dianggap sebagai usaha Disney memberikan pernyataan politik.

Perubahan ras ini juga turut mengubah penampilan Ariel. Ariel tidak lagi punya rambut panjang berjuntai yang melayang-layang saat berada di dalam air, tapi rambutnya tetap panjang dengan gaya locs. Ini adalah rambut asli pemerannya dan penata rambutnya tidak mau mengubah rambut itu atau memakaikan wig kepada Halle.

9. Scuttle

10 Perbedaan The Little Mermaid Versi Live-Action dan Animasi

Foto: Kombo

Di film aslinya, Scuttle adalah burung camar yang membantu Ariel menemukan benda-benda untuk dikoleksi. Dia memberinya informasi yang salah tentang benda-benda itu, tapi hatinya ada di tempat yang benar. Di versi ini, Scuttle adalah burung jantan.

Versi live-action mengubah Scuttle dari burung camar menjadi burung gannet utara betina. Perubahan ini dilakukan karena para kreatornya ingin ada burung yang bisa berada di adegan bawah air. Sementara camar adalah burung pantai ikonis, untuk alasan praktis, lebih masuk akal bagi Scuttle kalau dia adalah burung laut.

8. Ariel Pergi ke Luar Istana

10 Perbedaan The Little Mermaid Versi Live-Action dan Animasi

Foto: Buzzfeed

Di film animasi, Ariel berinteraksi dengan banyak makhluk laut. Tapi, begitu dia ada di daratan, Ariel tidak meninggalkan istana dan hanya berinteraksi dengan Eric beserta stafnya. Di versi live-action, Ariel ke luar istana dan mengeksplorasi lebih banyak dunia manusia.

Ariel berjalan di kota untuk berusaha memahami apa yang dilakukan manusia ketika mereka tidak berlayar. Adegan itu juga memperlhihatkan pasar dari perspektif Ariel dan bagaimana visinya tidak sebaik di air. Dengan berusaha lebih memahami manusia, rasa penasaran Ariel dipamerkan dengan lebih baik, yang membuat film ini terasa lebih pada petualangan ketimbang romansa.

7. Kakak Ariel

10 Perbedaan The Little Mermaid Versi Live-Action dan Animasi

Foto: YouTube

Kakak Ariel bukan lagi serombongan cewek yang hanya berfungsi sebagai penampil atau anak Triton. Di versi live-action, para kakak Ariel ini adalah penjaga lautan. Penampilan masing-masing kakak Ariel mencerminkan samudera yang mereka jaga dan membuat mereka jadi lebih beragam. Mereka tidak lagi terlihat seperti karakter yang sama dengan baju dan warna rambut berbeda seperti di film aslinya.

Perubahan terhadap kakak Ariel ini memperlihatkan kalau mereka lebih dari pendamping cerdas bagi Triton dan Ariel sebagai pemimpin lautan. Anak-anak Triton dilihat sebagai pemimpin kuat ketimbang putri yang pandai bernyanyi. Perubahan pada kakak Ariel ini juga mengubah peran Ariel, karena dia diharapkan menjadi pemimpin. Tapi, kurangnya fokus pada tanggung jawabnya menjadi bagian dari frustrasi ayahnya.

6. Lagu Baru

10 Perbedaan The Little Mermaid Versi Live-Action dan Animasi

Foto: Cosmopolitan

Alan Menken dan Lin-Manuel Miranda bekerja sama membuat lagu untuk remake The Little Mermaid. Bukan aneh bagi Disney untuk menambahkan lagi baru di remake film animasi klasik mereka. Remake ini juga menghilangkan dua lagu yang ada di film animasinya, sementara, menambahkan tiga lagu baru.

Ketiga lagu baru itu membantu memahami lebih lanjut karakter itu. Misalnya, Wild Uncharted Waters yang merupakan lagu solo Pangeran Eric setelah diselamatkan putri duyung misterius. The Scuttlebutt adalah lagu duet Sebastian dan Scuttle. Lagu terakhir adalah lagu yang dinyanyikan Ariel ketika menyentuh daratan, yaitu For the First Time.

5. Sejumlah Lirik di Lagu Klasiknya Diubah

10 Perbedaan The Little Mermaid Versi Live-Action dan Animasi

Foto: YouTube
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1975 seconds (0.1#10.140)