Buat Mahasiswa Baru, Ini 8 Cara Supaya Kamu Lebih Pede di Kampus

Selasa, 30 Agustus 2022 - 15:02 WIB
7. Selalu Lakukan Hal yang Kamu Bisa



Foto: Pixabay

Ketika kamu tidak menguasai suatu hal, tentunya rasa tidak pede bakal muncul. Cobalah untuk melakukan hal lainnya yang cenderung mampu kamu lakukan (kuasai). Dengan tindakan itu, rasa percaya dirimu perlahan akan meningkat karena merasa punya kemampuan dalam suatu bidang.

Sebagai contoh kasus, ketika kamu tidak pede berkenalan dengan teman barumu di kampus secara langsung, cobalah untuk mengajaknya berkenalan melalui media sosial atau platform lainnya. Dengan begitu, secara tidak langsung akan membantu membangun rasa percaya dirimu.

Ini karena kamu berhasil melawan rasa tidak percaya dirimu ketika berkenalan dengan orang baru. Sekalipun belum sepenuhnya menumbuhkan rasa percaya dirimu, tapi hal tersebut harus dinilai sebagai sebuah kemajuan.

Baca Juga: 5 Drama Korea Romantis dengan Kisah Cinta Sulit Ditebak

8. Katakan Tidak pada Waktu yang Tepat



Foto: Pixabay

Tips terakhir, dengan menerapkan batasan sosial dan emosional, maka akan memungkinkanmu merasa lebih aman dan percaya diri secara psikologis. Maksudnya adalah, tidak seluruh hal harus kamu terima dan lakukan. Apabila hal tersebut berpeluang menurunkan rasa percaya dirimu, tolaklah dengan baik sehingga tidak menyinggung pihak terkait.

Sebagai contoh, jika kamu adalah penulis andal (punya semangat tinggi dalam menulis), tapi kurang terampil dalam bidang menggambar. Lalu kamu diminta atau diajak untuk ikut dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) seni lukis.

Nah, kamu bisa menolaknya saja, dengan mengatakan bahwa kegiatan tersebut tidak sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Ini karena apabila dipaksa, justru dirimu akan mengalami kesulitan, tidak berkembang sama sekali, dan bahkan berpotensi menurunkan rasa percaya dirimu akibat kegiatan yang tidak sesuai dengan passion kamu.

Fazjri Abdillah

Kontributor GenSINDO

Politeknik Negeri Jakarta

Instagram: @rana.warta
(ita)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More