Buat Mahasiswa Baru, Ini 8 Cara Supaya Kamu Lebih Pede di Kampus

Selasa, 30 Agustus 2022 - 15:02 WIB
Tubuh yang terawat mendorong tumbuhnya rasa percaya diri bagi kebanyakan orang. Kalau kamu termasuk ke dalam golongan tersebut, perawatan diri menjadi hal yang wajib dilakukan.

Merawat tubuh tidal melulu tentang tubuh bagian luar, misalnya dengan membeli peralatan kecantikan yang mahal dan sebagainya. Tubuh bagian dalam (jiwa) seringkali terlupakan oleh kebanyakan orang, sehingga proses pembangunan rasa percaya diri sulit berkembang.

Cobalah untuk tidur yang cukup dan melakukan meditasi agar jiwamu tetap tenang, jadi emosimu dapat terkendali. Kedua kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat bagi dirimu, seperti meningkatkan optimisme dan yang terpenting tumbuhnya kepercayaan diri.

Baca Juga: Kehidupan Kampus yang Sebenarnya, dan Tips untuk Mahasiswa Baru dalam Menghadapinya

4. Berbuat Baik Kepada Diri Sendiri



Foto: Pixabay

Sudahkah kamu berbuat baik terhadap dirimu sendiri selama ini? Kalau belum, cobalah bersikap baik kepada diri sendiri (self compassion). Cara ini bisa meningkatkan rasa percaya dirimu.

Banyak cara untuk melakukannya. Hal paling sederhana contohnya dengan menghargai setiap perjuangan yang telah dirimu lakukan dan tidak menyalahkan diri sendiri saat gagal atau melakukan kesalahan. Hal tambahan lainnya, mungkin bisa melakukan me timesebagai imbalan bagi diri sendiri (lolos seleksi kampus, misalnya) dengan travelling ke tempat yang kamu suka, menikmati makanan favorit, dan kegiatan lainnya.

5. Berlatih Positive Self-Talk



Foto: Pixabay

Tidak jauh berbeda dengan self compassion, positive self talk atau berdialog dengan diri sendiri dengan menggunakan kalimat positif bisa menjadi cara lainnya untuk meningkatkan rasa percaya dirimu. Cara ini harus dilakukan secara konsisten dan dilatih agar kamu bisa menepis seluruh hal-hal negatif pada pikiranmu yang berpotensi menurunkan rasa percaya diri.

Kamu bisa melakukannya di depan cermin atau saat beristirahat di kamar tidur. Lakukan dengan fokus dan berulang-ulang dalam hati secara lantang.

6. Lawan Ketakutanmu



Foto: Pixabay

Paulo Coelho, novelis ternama dunia asal Brasil yang menulis novel larisThe Alchemistberkata, “Hanya ada satu hal yang membuat mimpi mustahil untuk dicapai; ketakutan akan kegagalan.”

Kebanyakan sosok sukses di dunia ini adalah orang yang berhasil menghadapi ketakutannya. Maka dari itu, cobalah tanamkan pada pikiranmu kalau kamulah yang mengendalikan ketakutan pada dirimu, bukan sebaliknya.

Ketakutan hanya akan membuatmu semakin tidak percaya diri, sebagai contoh takut untuk bertemu teman baru di kampus, takut untuk maju ke depan kelas saat dipanggil dosen, dan lainnya. Berusahalah lebih keras dalam menghadapi ketakutan yang ada secara langsung, mulai dari menarik napas dalam-dalam, selanjutnya lakukan hal yang kamu takuti tersebut.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More