Kejadian Mirip Serial YOU, Cewek ini Pacaran dengan Penguntit via Aplikasi

Kejadian Mirip Serial YOU, Cewek ini Pacaran dengan Penguntit via Aplikasi
Joe Goldberg, pemeran utama dalam serial psikologi thriller You yang senang menguntit orang yang disukainya. Foto/Netflix
LOS ANGELES - Seorang perempuan Amerika mengaku pernah berpacaran dengan seorang penguntit di internet, yang perilakunya mirip karakter Joe dalam serial "You".

Kalau kamu belum tahu, "You" adalah serial yang tayang di Netflix, bercerita tentang seorang pemilik toko buku ganteng, tapi punya perilaku mengerikan.

Dia terobsesi dengan seorang penulis cewek dan memutuskan untuk mencari tahu kehidupan cewek itu dengan menguntitnya.

Joe yang lalu berganti nama menjadi Will, juga menggali informasi dari internet, termasuk mengoprek media sosial sang cewek dan teman-teman dari cewek tersebut.



Kejadian Mirip Serial YOU, Cewek ini Pacaran dengan Penguntit via Aplikasi

Foto: Netflix

Nah, Unilad melaporkan, seorang cewek, sebut saja namanya Sarah, juga mengaku pernah mengenal sosok seperti Joe lewat aplikasi kencan.

Joe, kita sebut saja namanya begitu, ingin secepatnya keluar dari aplikasi kencan yang mereka pakai, jadi mereka langsung bertukar nomor ponsel dan gak lama kemudian mereka berpacaran. Saat itulah kejadian aneh banyak terjadi.



Joe tahu banyak tentang percakapan pribadi Sarah dengan teman-teman dan keluarganya. Sarah bilang, kejadiannya banyak yang mirip dengan adegan-adegan dalam serial psikologi thriller "You".

Rupanya, yang dilakukan Joe adalah sebuah aksi yang berkaitan dengan Stalkerware. Ini adalah sebuah perangkat lunak (software) yang disimpan sebagai latar ponsel tanpa sepengetahuan pemilik ponsel.

Kejadian Mirip Serial YOU, Cewek ini Pacaran dengan Penguntit via Aplikasi

Foto: Pexels

Perangkat ini bisa memonitor lokasi, panggilan telepon, teks, password, kontak, foto, bahkan email. Seramnya, perangkat ini bisa muncul dalam bentuk aplikasi yang normal, semisal aplikasi kalkulator.

Lebih seram lagi, karena perangkat ini bisa tetap bekerja meski aplikasi yang jadi kedok perangkat ini udah dihapus!

Emma Moseley, juru bicara Suzy Lamplugh Trust, sebuah organisasi anti-penguntit menyebut bahwa 1 dari 5 perempuan dan 1 dari 10 laki-laki pernah jadi korban penguntit.

"Aksi penguntit ini bisa terjadi secara fisik maupun teknologi, semisal Stalkerware, meretas, sampai pada aksi kriminal," ujar Emma pada Unilad.

Menurut data dari pembuat antivirus Kaspersky, mengutip dari Secure List, aksi penguntitan lewat Stalkerware naik dari 40.386 pengguna pada 2018 menjadi 67.500 pada 2019. Padahal, Google udah berusaha untuk mengatasi hal ini.

Kejadian Mirip Serial YOU, Cewek ini Pacaran dengan Penguntit via Aplikasi

Foto: Netflix

Menurut cerita Sarah, setelah Joe tampaknya berhasil memasang Stalkerware di ponselnya, Joe jadi makin agresif dan kasar, bahkan memaksakan hubungan intim.

Puncaknya, Joe pernah mengancam bunuh diri di depan Sarah. Saat itulah Sarah gak mau menolerir lagi, dan langsung putus hubungan dengan Joe.

Karena Stalkerware dan aksi penguntitan sangat berbahaya, Emma menyarankan supaya kita berhati-hati dan waspada kalau ada aktivitas yang gak biasa di ponsel, akun medsos, atau email milik kita.

Juga kalau ada orang lain yang tahu kegiatan kita dan aktivitas pribadi kita, padahal kita gak ngasih tahu orang tersebut.

Kita juga bisa mematikan ponsel dulu, lalu meminta bantuan dari teman kalau aksi penguntitan udah mengkhawatirkan.

(it)
Share: