4 Tipe Introvert menurut Psikologi, Kenali Beda dan Plus Minusnya

3. Introvert Pencemas (Anxious Introvert)

4 Tipe Introvert menurut Psikologi, Kenali Beda dan Plus Minusnya

Foto:Andrew Neel/Pexels

Sesuai namanya, tipe introvert ini selalu cemas dalam situasi apa pun, bahkan saat sedang menyendiri. Namun umumnya seseorang dengan tipe kepribadian ini cenderung cemas ketika berada dalam situasi baru. Lain hal ketika bersosialiasi dengan orang-orang yang sudah dikenal baik, keluarga atau teman misalnya.

Tipe ini tidak pandai bersosialiasi, akibat dari rasa kurang percaya diri dan rasa takut melakukan kesalahan yang berlebihan. Meski begitu di balik rasa cemasnya, seseorang dengan tipe introvert satu ini ternyata punya kekuatan.

Seseorang dengan tipe kepribadian ini tidak mudah dikendalikan orang lain, karena cenderung lebih suka mengatur situasi sekitar mereka. Selain itu, rasa cemas yang ada membuat tipe ini lebih menjaga sikap dan berusaha untuk tidak melakukan kesalahan saat berinteraksi dengan orang lain.

Kalau kamu termasuk dalam tipe ini, alangkah baiknya menerapkan tiga tips ini. Pertama menghindari segala jenis situasi yang menurutmu berpotensi mengundang rasa cemas. Kedua, pikirkan hal-hal yang dapat membuatmu lebih tenang saat rasa cemas telanjur muncul.

Ketiga, melakukan gerakan meditasi atau teknik olah napas. Ini akan membantumu mengurangi rasa cemas sekaligus meningkatkan kadar oksigen darah.

4. Introvert Sistematis(Restrained Introvert)

4 Tipe Introvert menurut Psikologi, Kenali Beda dan Plus Minusnya

Foto: Andrea Piacquadio/Pexels

Meski terdengar cukup asing, nyatanya introvert tipe ini memang benar-benar ada. Introvert sistematis adalah tipe orang yang suka merencanakan hal-hal detail sebelum melakukan sesuatu, atau bisa dibilang perfeksionis.

Tipe ini sangat benci dengan sesuatu yang membuatnya panik dan dikerjakan secara dadakan. Ini karena mereka adalah orang yang teratur. Selain perfeksionis, kekuatan dari tipe ini ialah memiliki sensitivitas tinggi terhadap perubahan lingkungan yang terjadi di sekitarnya. Akan tetapi jika terjadi perubahan, butuh waktu cukup lama bagi tipe ini untuk bisa berbaur secara
optimal.

Baca Juga: 5 Sosok Antagonis Drama Korea yang Pesonanya Kalahkan Pemeran Utama

Tak hanya itu, seseorang dengan tipe kepribadian ini juga cenderung pendiam, perhatian terhadap orang lain, dan butuh waktu untuk menemukan titik nyaman saat mengobrol dengan lawan bicaranya.

Tips untuk tipe introvert ini ialah menemukan tempat nyaman dan tenang, yang jauh dari kebisingan untuk mencapai titik kedamaian bagi diri sendiri. Misalnya seperti di kamar sambil mendengarkan lagu, ataupun aktivitas lain sesuai keinginannya.

Fazjri Abdillah
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @rana.warta


(ita)
halaman ke-2
Share: