4 Tipe Introvert menurut Psikologi, Kenali Beda dan Plus Minusnya

4 Tipe Introvert menurut Psikologi, Kenali Beda dan Plus Minusnya
Introvert punya empat tipe yang berbeda-beda menurut ilmu psikologi. Foto/Andrea Piacquadio, Pexels
JAKARTA - Tidak semua orang dengan kepribadian introvert punya perilaku yang sama. Karena itulah kamu yang introvert atau yang punya teman seorang introvert perlu mengenali tipe-tipenya.

Menurut ilmu Psikologi Jungian (Jungian Psychology) setidaknya ada empat tipe introvert di dunia ini. Psikologi Jungian atau disebut juga Analytical Psychology adalah ilmu psikologi yang dikembangkan oleh psikolog asal Swiss bernama Carl Gustav Jung.

Menurut ilmu ini, empat tipe introvert yang ada adalah introvert sosial (social introvert), introvert pemikir (thinking introvert), introvert pencemas (anxious introvert), dan introvert sistematis (restrained introvert).

Masing-masing tipe introvert tersebut punya kekuatan dan kelemahannya masing-masing. Berikut penjelasan empat tipe introvert tersebut.

1. Introvert Sosial (Social Introvert)

4 Tipe Introvert menurut Psikologi, Kenali Beda dan Plus Minusnya

Foto: Alex Green/Pexels

Introvert sosial adalah tipe yang cenderung nyaman dalam kelompok kecil. Meski tampak ramah dan bersahabat, tipe ini kurang suka hadir di tengah kerumunan (kelompok besar) karena gampang cemas, misalnya seperti dalam acara pesta dan sejenisnya.

Ini karena tipe introvert sosial tidak ingin menjadi pusat perhatian. Mereka lebih menyukai suasana yang tenang. Tipe ini juga cenderung menginginkan interaksi sosial yang efisien, seperti curhat bersama satu orang terdekat saja.

Ciri lainnya dari tipe introvert ini adalah selalu menganggap pikiran diri sendiri lebih serius dibandingkan orang lain (introspektif dan intelektual). Tipe ini cenderung diam dan lebih fokus dengan apa yang akan mereka katakan dibandingkan mendengarkan ucapan orang lain.

Walaupun begitu, psikolog klinis Carla Marie Manly, mengutip Well+Good, mengatakan bahwa tersebut justru bisa jadi kekuatan bagi introvert tipe ini. Menurutnya, sikap diam yang dimiliki introvertjenis ini seperti sebuah batu, mampu membuat lawan bicaranya merasa nyaman karena seakan didengarkan dengan baik, meski tidak sepenuhnya diperhatikan.
halaman ke-1
Share: