7 Hal yang Sebenarnya Kaum Introvert Ingin Orang Lain Tahu

7 Hal yang Sebenarnya Kaum Introvert Ingin Orang Lain Tahu
Perialku kaum introvert sering kali disalahpahami hingga dianggap sebagai orang yang sulit diajak berinteraksi. Foto/Anastasiya Lobanovskaya, Pexels
JAKARTA - Orang yang memiliki kepribadian introvert adalah mereka yang cenderung mengumpulkan energi dari dalam diri mereka sendiri dibanding mencari dorongan dari orang lain.

Sayangnya, mereka yang introvert sering kali dicap sebagai orang-orang yang tak pandai bergaul. Bahkan kadang sampai dianggap memiliki masalah kesehatan mental karena perilaku mereka yang tampak pendiam dan suka menyendiri.

Namun, semua pemikiran itu sebenarnya hanyalah mitos belaka yang bila dibiarkan hanya akan menyakiti para pemilik kepribadian introvert. Mereka yang berkepribadian introvert pun tentu akan merasa tak dipahami dan kecewa karena dilabeli secara negatif.

Nah, daripada salah paham sebaiknya pelajari dulu tujuh hal yang sebenarnya introvert ingin orang lain tahu.

1. Introvert Diam Bukan Berarti Malu atau Tak Percaya Diri

7 Hal yang Sebenarnya Kaum Introvert Ingin Orang Lain Tahu

Foto: Ketut Subiyanto/Pexels

Banyak orang yang berpikir bahwa orang yang memiliki kepribadian introvert cenderung pemalu dan tak percaya diri saat berada di lingkungan baru sehingga mereka memilih diam. Alhasil, para introvert pun kerap didorong untuk berbicara dan bersosialisasi, bahkan disalahkan atas sifat mereka yang pendiam.

Padahal sebenarnya para introvert memang ingin memerhatikan orang-orang di sekitar mereka terlebih dahulu sebelum memulai percakapan. Pasalnya, mereka tak menyukai pembicaraan basa-basi yang singkat dan tak mendalam.

Memaksa para introvert untuk mengobrol pun justru akan menyakiti hati mereka, karena walaupun ada beberapa introvert yang pemalu, tetapi kenyataannya menjadi introvert tidak sama dengan pemalu.

Introvert cenderung lebih pendiam dan membatin. Mereka suka mengenal seseorang lebih banyak sebelum terlibat dalam percakapan,” jelas Larry Dossey dalam jurnal yang berjudul Introverts: A Defense (2016).

Penjelasan Larry ini pun didukung oleh Laurie Helgoe, seorang asisten profesor psikologi yang mengatakan bahwa para introvert memproses sesuatu secara internal, sedangkan para ekstrovert memproses sesuatu saat mereka bicara.

2. Introvert Tidak Selalu Benci Jadi Pusat Perhatian

7 Hal yang Sebenarnya Kaum Introvert Ingin Orang Lain Tahu

Foto:Andrea Piacquadio/Pexels

Seseorang yang berkepribadian introvert belum tentu pemalu dan gugup saat berhadapan dengan orang lain, sebab menurut penelitian yang dilakukan Jennifer Grimes dan kawan-kawan pada 2011, introvert terdiri atas empat jenis dengan karakteristik yang berbeda.

Karakteristik itu adalah Social (sosial), Thinking (pemikir), Anxiety (cemas), dan Restrained/Reserved (terkendali). Oleh karena itulah, kita tak bisa menyamaratakan semua introvert membenci jadi pusat perhatian dan hanya senang bekerja di balik layar.

3. Introvert Menolak Ajakanmu Bukan Karena Marah atau Tak Menyukaimu

7 Hal yang Sebenarnya Kaum Introvert Ingin Orang Lain Tahu

Foto:Kinga Cichewicz/Unsplash

Kamu mungkin pernah kecewa karena ajakan hangout-mu ditolak temanmu yang berkepribadian introvert. Nah, bila hal ini terjadi, pahamilah bahwa dirinya mungkin sedang butuh waktu sendiri untuk mengumpulkan energi kembali, bukan karena marah atau tak menyukaimu.

Berdasarkan penelitian The Rest Test yang dilakukan BBC dan Hubbub dari Durham University pada 2016, terdapat perbedaan antara ekstrovert dan introvert dalam merespons hubungan sosial. Mereka yang introvert lebih sedikit merasa tertarik, termotivasi, dan mendapat energi dari lingkungan sekitar mereka.

Saat mereka terlalu banyak bersosialisasi pun, para introvert justru akan merasa lelah sehingga butuh waktu bagi mereka untuk mengumpulkan energi dan bersosialisasi kembali.
halaman ke-1
Share: