Isu Sosial

Pengen Hidup Enak Sejahtera? Yuk, Belajar Kebijakan Publik Dulu

Pengen Hidup Enak Sejahtera? Yuk, Belajar Kebijakan Publik Dulu
belajar tentang kebijakan publik bikin kita bisa mengawasi pembuatan kebijakan agar berpihak pada kepentingan rakyat. Foto/Shutterstock
Jakarta - Semua yang kamu alami di negara ini bukanlah kebetulan. Semuanya adalah hasil dari kebijakan yang sudah ditetapkan pemerintah.

Pernah gak kamu mempertanyakan kenapa waktu itu kamu mesti lulus UN SMA dengan nilai minimum yang lumayan tinggi? Atau kenapa kesempatan bekerja dan bergerak untuk kaum disabilitas masih sangat terbatas?

Nah, hal-hal ini terkait dengan kebijakan publik. Sekarang, apa kamu tahu gimana proses pembentukan kebijakan itu? Apa aja yang mendasarinya? Gimana sistem yang digunakannya?

Tanpa sadar, banyak hal yang kita lakukan diatur oleh kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pemerintah.



Supaya kita gak asal manut atau protes tanpa dasar, makanya penting banget buat kita paham dan mengerti tentang bagaimana menganalisis kebijakan publik tersebut.

Pengen Hidup Enak Sejahtera? Yuk, Belajar Kebijakan Publik Dulu

Foto: Dok. Think Policy Society

Kalau kamu penasaran dengan hal-hal ini, ada komunitas yang bisa membantu kamu untuk belajar memahaminya. Namanya Think Policy Indonesia.



Ini adalah komunitas profesional muda yang melakukan kolaborasi lintas sektor untuk mempelajari kebijakan publik berbasis bukti dan empati. Untuk melakukannya, salah satunya dengan membuat situs webthinkpolicy.id.
halaman ke-1 dari 4
Artikel Terkait
TULIS KOMENTAR ANDA!
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...

    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel dalam bentuk word dengan panjang tulisan minimum 4000 karakter.

    Sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.

    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke :

    gensindo[dot]mail[at]gmail[dot]com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss