Kekuatan Penggemar K-Pop dalam Aksi Demonstrasi, Kali Ini di Thailand

Kekuatan Penggemar K-Pop dalam Aksi Demonstrasi, Kali Ini di Thailand
Demonstrasi di Thailand juga mendorong para penggemar K-pop untuk ikut berkontibusi membantu pada demonstran. Foto/EPA
BANGKOK - Kekuatan penggemar K-pop memang luar biasa. Kita pernah mendengarnya saat kampanye pemilu di Amerika Serikat, saat demonstrasi Omnibus Law Cipta Kerja di Indonesia, dan kali ini di Thailand.

Penggemar K-pop sekali lagi membuktikan bahwa mereka gak cuma fokus pada dunia hallyu dan para idolanya, tapi juga peduli dengan kondisi negara mereka.

Saat negara mereka lagi gak baik-baik aja, para penggemar K-pop turut andil menyuarakan protesnya.

Ini terbukti dari berbagai aksi yang mereka lakukan saat protes menuntut reformasi di kerajaan sekaligus menuntut dihentikannya kekerasan kepada para aktivis di Thailand.



Mereka berhasil menggelar penggalangan dana dengan jumlah fantastis untuk membeli perlengkapan bagi para demonstran.

Melansir Reuters, banyak pengemar K-pop yang menggalang dana, salah satunya adalah Areeya. (Baca Juga: Gak Cuma Indonesia, Demo Besar saat Pandemi Juga Terjadi di Negara Asia Tenggara Lainnya )

Cewek berusia 23 tahun itu mulai meminta pendapat di basis akun SONE (sebutan penggemar Girlsā€˜ Generation/SNSD ) dengan lebih dari 17.500 pengikut yang dia kelola untuk melihat apakah mereka mau membantu perjuangan Areeya.



Kekuatan Penggemar K-Pop dalam Aksi Demonstrasi, Kali Ini di Thailand

Foto: Reuters

Hasilnya, cuma dalam waktu sembilan jam, SONE Thailand berhasil mengumpulkan lebih dari 780.000 bath atau sekitar Rp365 juta.

Mereka juga mengumpulkan dana secara kolektif bersama penggemar K-pop Thailand lainnya yang kini sudah terkumpul lebih dari 4 juta bath atau sekitar Rp1,8 miliar.

Dana tersebut dipakai untuk membeli peralatan perlindungan, seperti helm dan kacamata. Mereka juga mengatur pengiriman barang ke tempat lokasi dan mencatat semuanya demi transparansi.

Bagian terbesar dari donasi diberikan untuk Pengacara Thailand untuk Hak Asasi Manusia, sebuah kelompok nirlaba yang memberikan bantuan hukum pro-bono kepada lebih dari 90 pengunjuk rasa yang ditangkap sejak pertengahan Oktober lalu.

Banyak penggemar K-pop dari grup ternama, seperti BTS , Super Junior , EXO , BLACKPINK , dan SHINee yang juga ikut bergerak.
halaman ke-1 dari 2
Share: