10 Karakter Film Marvel Ini Sangat Benci pada Iron Man

10 Karakter Film Marvel Ini Sangat Benci pada Iron Man
Tony Stark alias Iron Man adalah karakter paling memecah di Marvel Cinematic Universe (MCU). Dia bisa membuat marah semua orang di sekitarnya pada masanya. (Foto: TechRadar)
Di Marvel Cinematic Universe (MCU), Tony Stark alias Iron Man bisa dibilang sebagai karakter yang memecah. Tidak hanya di antara penggemar, tapi juga karakter di film. Angkuh tapi menawan, menawan tapi manipulatif, berani tapi nakal, Iron Man adalah pahlawan yang punya kekurangan.

Tony dikenal di MCU atas kebaikan hatinya, kejeniusannya, dan kesombongannya. Sikapnya yang terkadang suka merendahkan orang lain ternyata berbuntut panjang. Banyak orang yang akhirnya sakit hati atas sikap Tony itu dan kemudian membencinya. Akibatnya, beberapa orang pun berusaha balas dendam.

Meski Iron Man sekarang sudah tiada, warisannya masih bisa dirasakan sampai sekarang. Iron Man juga telah memenangkan hati banyak orang. Meskipun dia juga meninggalkan dendam di hati sejumlah orang. Siapa saja karakter MCU yang benar-benar membenci Tony Stark? Mengutip Screen Rant, simak ulasan berikut ini!

Baca Juga: 10 Fakta Iron Man Adalah Penjahat Sesungguhnya di Film Marvel

10. Obadiah Stane

10 Karakter Film Marvel Ini Sangat Benci pada Iron Man

Foto: Marvel Cinematic Universe Wiki – Fandom

Tony Stark menjadi Iron Man di film pertama MCU pada 2008. Dia segera berhadapan dengan Obadiah Stane yang menjadi Iron Monger. Padahal, Obadiah adalah orang dekat Tony.

Alasan Obadiah menjadi jahat itu sederhana. Dia sangat, sangat marah ketika tahu kalau Tony akan menjadi CEO Stark Industries padahal Obadiah telah bekerja bersama ayah Tony, Howard Stark, selama bertahun-tahun. Perasaan cemburu itu membuatnya menjadi begitu dendam dan dia pun berusaha mengalahkan Iron Man, tapi gagal.

9. Ivan Vanko

10 Karakter Film Marvel Ini Sangat Benci pada Iron Man

Foto: Script Magazine

Balas dendam sepertinya menjadi motif utama bagi sejumlah penjahat yang memburu Tony Stark. Ivan Vanko adalah yang pertama ingin melakukan balas dendam terhadap Tony. Dia sakit hati pada Iron Man setelah Howard Stark membiarkan ayahnya mati tanpa uang di Rusia.

Vanko kemudian menciptakan ulang Arc Reactor berbasis desain ayahnya dan mendsain zirah yang bisa merusak kreasi teknologi Stark. Dia kemudian menyerang miliarder itu di Monako dan menolak untuk menyerah. Tapi, di akhir Iron Man 2, dia meledakkan dirinya untuk menghindari masuk penjara karena kejahatannya.

8. Aldrich Killian

10 Karakter Film Marvel Ini Sangat Benci pada Iron Man

Foto: ComicBook.com

Iron Man 3 mengungkapkan Adrich Killian sebagai penjahat utama. Dia menjadi penjahat di film ini setelah ingin membalas dendam pada Tony. Alasannya? Dia di-ghosting superhero itu ketika meminta dukungan Tony untuk proyeknya di bawah bendera Advanced Idea Mechanics.

Kalau Tony menemui Aldrich di atap seperti yang disepakati saat itu, maka kedua orang itu pastinya akan menggelar diskusi dan pergi ke jalan masing-masing. Ketika Iron Man tidak muncul, maka dia telah menciptakan musuh baru. Adrian bahkan nyaris mengakhiri hidupnya dan membunuh pacarnya, Pepper Potts.

7. Ultron

10 Karakter Film Marvel Ini Sangat Benci pada Iron Man

Foto: Screen Crush

Pada dasarnya, Ultron adalah monster Frankenstein versi MCU. Dia diciptakan untuk tujuan baik, tapi kemudian berbalik melawan penciptanya dan nyaris menghancurkan dunia. Itulah apa yang harus dihadapi Tony Stark di Avengers: Age of Ultron.

Makhluk mekanik itu membenci Tony dan pandangannya terhadap dunia. Bagi Ultron, penduduk bumi mending mati dan membiarkan kecerdasan buatan berevolusi hingga ke titik mereka eksis tenpa butuh manusia. Tapi, Iron Man dan Avengers mampu menghentikannya membunuh orang di luar Sokovia, tempat yang akan menghantui Tony setelah peristiwa ini.

6. Miriam Sharpe

10 Karakter Film Marvel Ini Sangat Benci pada Iron Man

Foto: Marvel Cinematic Universe Wiki – Fandom

Miriam Sharpe adalah karakter yang muncul di Captain America: Civil War untuk satu adegan. Di adegan itu, dia menemui Tony Stark atas kematian putra tercintanya, yang memilih berada di Lagos untuk membangun rumah bagi mereka yang hidup di sana. Tapi, dia malah tewas begitu Avengers muncul untuk memburu Crossbow dan menyebabkan kerusakan besar dalam proses perburuan itu.

Miriam menyalahkan Tony untuk masalah itu. Kata-katanya meninggalkan dampak panjang terhadap Tony. Inilah salah satu alasan mengapa dia menyetujui Perjanjian Sokovia, demi menjaga makhluk yang ditingkatkan berada dalam kendali. Ini juga menyebabkan konflik besar antara Tony dan Captain America.

5. Helmut Zemo

10 Karakter Film Marvel Ini Sangat Benci pada Iron Man

Foto: We Got This Covered

Miriam Sharpe bukan satu-satunya karakter yang punya masalah dengan Tony Stark dan Avengers atas apa yang terjadi di Sokovia. Helmut Zemo mengalami rasa sakit hati yang sama ketika seluruh keluarganya tewas di sana. Ingin balas dendam, Zemo muncul dengan rencana untuk membuat tim itu saling berhadapan satu sama lain.

Zemo melakukan ini dengan mengungkapkan kalau Bucky Barnes, teman terdekat dan terlama Captain America, bertanggung jawab atas kematian orangtua Tony. Ini menyebabkan konflik antara Iron Man dan Captain America semakin dalam. Meski begitu, Zemo masih beredar di MCU dengan penjahat itu kembali tampil di serial The Falcon and the Winter Soldier.

4. Adrian Toomes

10 Karakter Film Marvel Ini Sangat Benci pada Iron Man

Foto: Marvel Cinematic Universe Wiki – Fandom

Pertarungan besar melawan Loki dan Chitauri di The Avengers punya dampak besar terhadap banyak film dan serial setelah ini. Adrian Toomes adalah salah satu konsekuensi itu. Penjahat itu mencuri teknologi kunci setelah Tony Stark memastikan kalau anak buahnya, bukan orang sipil biasa, menyingkirkan perlengkapan berbahaya yang ada di tengah puing-puing di New York City.

Vulture marah saat itu dan menghabiskan waktu selama beberapa tahun ke depan mengumpulkan perlengkapan yang mahal itu. Pada situasi ini, Iron Man seharusnya sudah berada dalam masalah besar kalau bukan karena Spider-Man. Peter Parker tidak hanya bisa menghentikan senjata canggih itu jatuh ke tangah orang yang salah tapi juga menyelamatkan Adrian dari kematian. Dia mengeluarkan Adrian dari kostum yang sepertinya akan meledak.

3. Ebony Maw

10 Karakter Film Marvel Ini Sangat Benci pada Iron Man

Foto: Bleeding Cool

Bergantung pada versi mana Avengers: Infinity War yang kalian tonton, Tony Stark benar-benar mengejek Ebony Maw dengan sebutan berbeda. Di versi Prancis, Tony menyebut tangan kanan Thanos itu sebagai Voldemort, musuh utama Harry Potter. Sementara, untuk versi Amerika Serikat, sebagian besar Eropa, dan tempat lain, termasuk Indonesia, dia menyebut Maw sebagai Squidward, salah satu karakter di SpongeBob SquarePants.

Ejekan itu membuat kesal Maw. Dia mengatakan kalau Iron Man “menghabisinya” dengan banyak lelucon demi membuatnya berhenti melangkah. Dia kemudian melakukan segalanya dengan kekuatannya untuk membunuh Iron Man, tapi gagal. Maw mati setelah Iron Man dan Spider-Man berhasil mengeluarkannya dari kapal antariksa tempat mereka bepergian. Letnan Thanos itu terlihat mengapung di angkasa dan mati.

2. Mysterio

10 Karakter Film Marvel Ini Sangat Benci pada Iron Man

Foto: Polygon

Spider-Man: Far from Home mengikuti cerita yang sama seperti Spider-Man: Homecoming. Film itu juga membangun seseorang yang benar-benar dirugikan (dalam pikiran mereka) oleh Tony Stark sebagai penjahat utamanya. Vulture adalah penjahat utama di film pertama, titel itu kemudian diberikan kepada Mysterio di sekuelnya.

Merasa sakit hati setelah Iron Man menyebut teknologi ilusinya sebagai “muntahan”, Mysterio kemudian balas dendam. Dengan bumi tanpa malaikat pelindungnya, Quentin Beck memilih menggunkan kombinasi drone dan ilusi sebagai sarana menipu semua orang untuk mengira kalau dia adalah penyelamat baru mereka. Sekali lagi, Peter Parker harus membersihkan kekacauan yang ditinggalkan Tony.

Baca Juga: 10 Villain Terbaik Film Marvel dengan Rencana Paling Jahat

1. Avengers

10 Karakter Film Marvel Ini Sangat Benci pada Iron Man

Foto: The Mary Sue

Yang ini agak sulit. Tapi, meski bekerja bersama mereka untuk menyelamatkan bumi berkali-kali, Tony selalu terlihat punya masalah setidaknya dengan satu Avenger dan sebaliknya. Clint Barton, Bruce Banner, Natasha Romanoff, dan Thor marah pada Tony di Age of Ultron. Di film itu, eksperimen ilmiah kecilnya nyaris menghancurkan seluruh dunia.

Dia kemudian bentrok dengan Steve Rogers terkait Perjanjian Sokovia di Civil War. Tony juga terlibat pertengkaran dengan Peter Parker, Doctor Strange, dan Guardians of the Galaxy. Dia tidak dibenci di sepanjang serial itu. Tapi, ada waktu ketika bahkan orang yang terdekat dengannya pun mengambil jalan yang sangat berbeda dan dendam padanya.


(alv)
Share: