10 Penjahat Marvel dengan Asal Usul Paling Nggak Ngotak di MCU

Minggu, 19 November 2023 - 14:50 WIB
loading...
10 Penjahat Marvel dengan Asal Usul Paling Nggak Ngotak di MCU
Marvel Cinematic Universe (MCU) punya sederet penjahat yang memorable dan ikonis. Tapi, beberapa di antaranya tampil dengan asal usul yang tidak masuk akal. (Foto: IGN)
A A A
Marvel Cinematic Universe (MCU) telah memperkenalkan sederet penjahat menarik di sepanjang perjalanannya. Mereka punya cerita latar kuat yang membuat tujuan dan motivasi mereka menarik bagi penonton. Tapi, tidak semua adaptasi karakter penjahat dari komik ke film ini seimbang.

Sejumlah penjahat yang seharusnya penting ketika diperkenalkan malah tampil dengan latar belakang yang tidak menarik dan bahkan tidak masuk akal. Ini membuat mereka terlihat lebih lemah dan tidak penting di sepanjang penampilan mereka. Beberapa di antaranya bahkan terlupakan begitu saja.

MCU memang memberikan sederet penjahat dengan latar belakang yang pas dan motivasi yang kuat yang menjadikan kejahatan mereka jadi mengerikan. Tapi, penjahat dengan latar belakang jelek ini, meski punya tujuan mengerikan, pada akhirnya, menjadi sebuah kontradiksi. Sementara, banyak di antaranya yang sudah tewas, ada yang masih diperkirakan akan tampil lagi. Siapa saja penjahat MCU dengan latar belakang paling lemah dan tidak masuk akal? Mengutip Screen Rant, berikut ulasannya!



10. Karli Morgenthau

10 Penjahat Marvel dengan Asal Usul Paling Nggak Ngotak di MCU

Foto: GameSpot

Karli Morgenthau diperkenalkan sebagai salah satu penjahat di The Falcon and the Winter Soldier. Dia adalah pemimpin Flag Smasher, sebuah organisasi teroris yang menarget Dewan Repartiasi Global (GRC). Perjuangan Flag Smasher untuk sebuah dunia yang bersatu menyusul kembalinya separuh populasi dunia setelah Jentikan Jari Hulk memang mengagumkan.

Tapi, tujuan itu ternodai dengan aksi Karli. Rencana Karli untuk membunuh anggota GRC, mengebom fasilitas sumber daya, dan bekerja dengan penjahat seperti Georges Batroc sama sekali tidak masuk akal. Penampilan Erin Kellyman sebagai Karli yang tidak punya karisma juga membuat karakter ini mengecewakan.

9. Baron Karl Mordo

10 Penjahat Marvel dengan Asal Usul Paling Nggak Ngotak di MCU

Foto: Screen Rant

Baron Karl Mordo debut di Doctor Strange. Dia diperkenalkan sebagai seorang murid Ancient One dan mentor Stephen Strange setelah tiba di Kamar-Taj. Dedikasi Mordo terhadap hukum alam berarti kalau dia pada akhirnya akan berubah menjadi seorang penjahat. Dia bersumpah untuk menyingkirkan setiap penyihir yang ada di muka bumi.

Tekad ini semakin membara setelah Mordo melihat Doctor Strange menggunakan Batu Waktu untuk menghalau invasi Dormammu ke bumi. Tapi, Mordo sepertinya lebih suka kalau hukum alam dipatuhi dan bumi hancur. Sampai saat ini, Mordo versi ini belum muncul lagi di MCU, yang terasa agak tidak masuk akal.

8. Yon-Rogg

10 Penjahat Marvel dengan Asal Usul Paling Nggak Ngotak di MCU

Foto: X

Yon-Rogg diperkenalkan sebagai mentor Carol Danvers dan pemimpin Starforce. Tapi, kemudian terungkap kalau dia adalah penjahat yang ingin melenyapkan Skrulls dan membatasi kekuatan Carol yang didayai Tesseract. Terungkapnya Yon-Rogg sebagai penjahat seharusnya menjadi twist besar di Captain Marvel.

Sayangnya, twist ini sudah terlihat jauh sebelumnya. Hanya sedikit kualitas yang bisa disukai dari Yon-Rogg sebelum dia menunjukkan warna aslinya. Terlebih kepercayaan besar Carol terhadap Yon-Rogg hanya membuat Captain Marvel itu terlihat sebagai pahlawan yang kurang cerdas.

7. Brock Rumlow alias Crossbones

10 Penjahat Marvel dengan Asal Usul Paling Nggak Ngotak di MCU

Foto: Nerdist

Brock Rumlow adalah salah satu karakter yang paling disia-siakan di MCU. Dia muncul sebagai Crossbones selama beberapa menit di Captain America: Civil War sebelum dibunuh. Di komik Marvel, Crossbones punya peranan yang penting dan punya kaitan dengan sejumlah karakter jahaat lainnya.

Di komik, Crossbones punya kaitan dengan Red Skull asli, berlatih di bawah Taskmaster, dan bahkan berperan dalam pembunuhan Captain America setelah Civil War. Tapi, di MCU, Brock hanyalah tentara Hydra yang bekerja di SHIELD dan menjadi Crossbones setelah terjebak di Triskelion yang jatuh. Faktanya, pemeran Crossbones, Frank Grillo, tidak suka dengan perlakuan terhadap karakternya ini dan nyaris ogah kembali di Avengers: Endgame.

6. Ivan Vanko alias Whiplash

10 Penjahat Marvel dengan Asal Usul Paling Nggak Ngotak di MCU

Foto: IndieWire

Iron Man 2 terjadi sekitar enam bulan setelah Tony Stark mengaku sebagai Iron Man. Ini membuatnya berhadapan dengan Ivan Vanko alias Whiplash. Seluruh motivasi Ivan untuk melawan Tony adalah karena dendam terhadap ayah Tony, Howard, yang dulunya merupakan mitra ayah Ivan, Anton.

Ivan dendam pada Howard yang telah mengkhianati Anton. Ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan Tony. Balas dendam salah target ini membuat Whiplash menjadi penjahat picik, karena membawa perselisihannya ke Stark yang lebih muda tanpa alasan yang bagus. Terlebih, penampilan Mickey Rourke sebagai Ivan dibayangi karisma dan kehadiran Justin Hammer yang diperankan Sam Rockwell.

5. Todd Phelps alias HulkKing

10 Penjahat Marvel dengan Asal Usul Paling Nggak Ngotak di MCU

Foto: MCU Wiki – Fandom
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4719 seconds (0.1#10.140)