Link 3 Tes Usia Mental yang Bisa Dicoba, ada yang Viral di TikTok

Selasa, 12 Juli 2022 - 17:15 WIB
loading...
Link 3 Tes Usia Mental yang Bisa Dicoba, ada yang Viral di TikTok
Tes usia mental tak hanya satu, tapi ada beberapa yang bisa kamu coba. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Tes usia mental kini tengah viral di media sosial seperti TikTok, Instagram, dan Twitter. Banyak yang mencoba dan membagikan hasilnya di akun mereka masing-masing.

Tes usia mental adalah tes terkait psikologi yang menggambarkan cara berpikir dan berperilaku seseorang yang dikaitkan dengan usia orang tersebut. Misalnya, kamu berusia 20 tahun. Namun saat kamu mengikuti tes tersebut, bisa jadi usia mental kamu lebih tua atau lebih muda.

Usia mental yang lebih tua - dalam hal ini misalnya 30 tahun - bisa menandakan dua hal yang berbeda, antara kamu khawatir berlebihan atau cara berpikirmu sudah dewasa. Sementara kalau usia mentalmu di bawahnya - misalnya 15 tahun - bisa dibilang bahwa kamu santai dalam menjalani hidup.

Meski kadang digunakan oleh para psikolog, tapi tes usia mental ini belum terbukti secara ilmiah. Oleh karena itu, saat mencoba dan mengetahui hasilnya, jangan dianggap sebagai kartu mati atau hal yang 100% benar. Anggap saja sebagai hiburan sekaligus bahan evaluasi bagi dirimu sendiri.

Nah, berikut ini tiga jenis tes usia mental yang bisa kamu coba. Akan lebih asyik kalau kamu mengajak keluarga dan teman-temanmu untuk mengikuti dan saling membagikan hasilnya. Selamat mencoba!

1. A Real Me


Link 3 Tes Usia Mental yang Bisa Dicoba, ada yang Viral di TikTok

Foto: arealme.com

Ini adalah tes usia mental yang sedang viral di TikTok, Instagram, dan Twitter. Dalam situs web-nya dikatakan bahwa tes ini berasal dari Jepang. Di situ juga dikatakan bahwa tes ini tidak mengukur tingkat kecerdasan (IQ), melainkan lebih kepada tes psikologi.

Seperti tes psikologi pada umumnya, kamu akan diajukan puluhan pertanyaan terkait perilaku dan caramu berpikir. Disebutkan bahwa tes ini sudah dilakukan oleh lebih dari 27 juta orang di 150 negara.

Kamu bisa mencoba tes usia mental A Real Me di sini .

Baca Juga: 5 Salah Kaprah Masyarakat tentang Psikologi, Termasuk soal Tes Kepribadian

2. Your Mental Age

Link 3 Tes Usia Mental yang Bisa Dicoba, ada yang Viral di TikTok

Foto: yourmentalage.com

Berbeda dengan A Real Me, tes usia mental dari Your Mental Age hanya mengajukan enam pertanyaan saja. Dalam situs webnya disarankan agar saat menjawab pertanyaannya, kamu jangan berpikir terlalu lama, dan pastinya harus menjawab dengan jujur.

Kamu bisa mencoba tes usia mental Your Mental Age di sini

3. Quiz Expo

Link 3 Tes Usia Mental yang Bisa Dicoba, ada yang Viral di TikTok

Foto: quizexpo.com

Yang satu ini mengharuskan kamu menjawab 20 pertanyaan terkait cara berpikir dan berperilakumu. Disebutkan dalam situs webnya bahwa pertanyaan kuis dikumpulkan dari penelitian yang dilakukan pada 2020 dan 2021.

Baca Juga: 3 Lokasi yang Vibes-nya Mirip 'SCBD Citayam Fashion Week', Semua Bak Model!

Kamu bisa mencoba tes usia mental dari Quiz Expo di sini .
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1387 seconds (0.1#10.140)