8 Persamaan Doctor Strange dan Sherlock Holmes Versi Benedict Cumberbatch

Sabtu, 07 Mei 2022 - 08:04 WIB
loading...
8 Persamaan Doctor Strange dan Sherlock Holmes Versi Benedict Cumberbatch
Yang satu adalah ahli deduksi, satunya adalah master seni mistis. Sepertinya, tidak ada persamaan di antara mereka selain Benedict Cumberbatch sebagai aktornya. (Foto: KOMBO)
A A A
Doctor Strange dan Sherlock Holmes adalah karakter fiktif yang populer. Keduanya juga ikonik dengan cara mereka sendiri-sendiri. Yang menarik, kedua karakter ini sama-sama dilakonkan aktor yang sama, yaitu Benedict Cumberbatch.

Benedict melakonkan Sherlock untuk miniseri di BBC. Penampilannya itu mencuri perhatian dan dia pun disebut sebagai salah satu aktor terbaik yang pernah memerankan detektif kondang itu. Di Marvel Cinematic Universe, Benedict dikenal atas perannya sebagai Doctor Strange.

Meski Sherlock dan Strange tidak berhubungan dan berasal dari alam yang berbeda, Benedict mengatakan kalau kedua orang itu punya banyak persamaan, baik kepribadian atau pun profesionalitas mereka. Jadi, kalau kalian merasa melihat Sherlock di diri Strange dan sebaliknya, kalian tidak salah. Apa saja persamaan itu? Mengutip Screen Rant, berikut ulasannya!



1. Pendamping yang setia
8 Persamaan Doctor Strange dan Sherlock Holmes Versi Benedict Cumberbatch

Sementara Sherlock punya John Watson saat menyelesaikan kasus, Doctor Strange didampingi Wong saat bertarung melawan pasukan jahat. Baik Watson dan Wong adalah pendamping yang terus membantu. Mereka bahkan sering meminta teman mereka itu agar hati-hati. Tapi, karena Sherlock dan Strange sama-sama impulsif, mereka biasanya melakukan apa yang dilarang Watson dan Wong.

Tapi, itu masih menjadi hubungan yang sempurna. Ini karena kepribadian mereka yang berseberangan saling melengkapi satu sama lain. Misalnya, memalsukan kematian seperti yang dilakukan Sherlock adalah langkah yang tidak akan pernah diambil Watson seputusasa apa pun dirinya. Di Spider-Man: No Way Home, Wong menasihati Strange agar tidak mengubah waktu demi keinginan Peter. Tapi, apa yang dilakukan Strange? Dia tetap melakukannnya dan multiverse pun terbuka.

2. Bukan orang yang suka sosialisasi
8 Persamaan Doctor Strange dan Sherlock Holmes Versi Benedict Cumberbatch

Sifat Sherlock yang sangat introvert adalah salah satu sifatnya yang paling dominan. Kecuali pada Watson, dia sepertinya tidak punya rasa kasih sayang pada orang lain. Mitra kerjanya yang lain, seperti Lestrade dan Anderson, hanyalah teman sehingga dia bisa mempertahankan superioritasnya dan mengejek kemampuan detektif mereka.

Strange juga sering terlihat sendirian di tempat tinggalnya di New York. Dia lebih suka mempraktikkan sihirnya dan jarang keluar untuk menjalani kehidupan normal. Tak seperti Iron Man atau Spider-Man dan Shang-Chi, Strange tidak punya waktu luang untuk basa basi dengan temannya.

3. Terbaik di profesinya
8 Persamaan Doctor Strange dan Sherlock Holmes Versi Benedict Cumberbatch

Meski punya masalah kecanggungan sosial dan ego, tidak bisa dibantah kalau Sherlock adalah yang terbaik atas apa yang dia lakukan. Dia bahkan tidak meminta bayaran tinggi untuk kasus kelas tinggi, dia menyelesaikannya karena dia tertarik. Fakta kalau bahkan perwira polisi dan Interpol harus bergantung pada kekuatan deduksinya mengandung kesaksian atas kecerdasannya sebagai detektif.

Strange juga merupakan pembelajar yang cepat dan pekerja keras yang konsisten, mau itu sebagai dokter bedah atau penyihir. Sebelum dia mengenakan kostum biru dan jubah merah, Strange adalah salah satu dokter bedah terhebat di dunia. Dia sangat mengabdikan dirinya pada pekerjaannya. Setelah dia pindah haluan ke sihir, dia dengan cepat mempelajari mantra baru. Dia bahkan sempat menjadi Penyihir Agung.

4. Bicara cepat
8 Persamaan Doctor Strange dan Sherlock Holmes Versi Benedict Cumberbatch

Meskipun punya keterampilan sosial terbatas, Sherlock dan Strange punya banyak yang mereka bahas kalau dibutuhkan karena mereka selalu punya rencana cadangan. Untuk memecahkan kasus atau mencari petunjuk, Sherlock suka masuk ke istana pikirannya dan menggambar banyak kesimpulan hipotesis dengan skenario sendiri-sendiri. Ini menyebabkan monolog dengan nada bicara cepat yang dia sampaikan tanpa jeda, dan berjalan terburu-buru. Eminem mungkin mau menantangnya untuk nge-rap.

Sementara Strange mungkin tidak seketat Sherlock, dia juga punya momen di mana dia menjelaskan sesuatu dengan nada bicara cepat. Sebagain besar yang dia ucapkan muncul sebagai jargon rumit karena jelas, orang seperti Peter Parker tidak punya pengetahuan tentang seni mistis. Makanya, monolognya sering sulit dipahami orang biasa.

5. Kisah cinta yang tidak berakhir bahagia
8 Persamaan Doctor Strange dan Sherlock Holmes Versi Benedict Cumberbatch

Sepertinya, ini hanya akan menjadi fantasi fan-fiction untuk memasangkan Sherlock atau Strange dengan pasangan asmara. Gaya hidup kacau mereka tidak benar-benar memberi mereka waktu untuk mengeksplorasi cinta. Itu tidak berarti kalau mereka belum pernah jatuh cinta.

Dalam kasus Sherlock, cewek yang membuatnya tergila-gila, Irene Adler, bukanlah pasangan yang ideal untuknya. Hubungannya dengan Irene selalu berada di tepian kekacauan dan ketidakpastian. Sementara, Strange menjalani hubungan asmara yang lama dengan Christine Palmer. Tapi, hubungan keduanya cukup renggang. Christine terus menerus menunjukkan betapa Strange terlalu berpusat pada dirinya dan bagaiman dia memprioritaskan kerja di atas segalanya.

6. Pandangan logis
8 Persamaan Doctor Strange dan Sherlock Holmes Versi Benedict Cumberbatch

Sebesar apa pun masalahnya dan seaneh apa pun perilaku sosial mereka, baik detektif dan penyihir itu cenderung menjaga pandangan yang rasional dan logis. Sherlock bisa bekerja keras, tapi dia tidak pernah cukup kewalahan sampai ke titik dia kehilangan keterampilan deduksinya. Meskipun, musuhnya adalah seseorang yang sama cerdasnya seperti Moriarty atau orang yang benar-benar personal seperti kakaknya, Eurus.

Strange juga tidak pernah menyerah ketika peluang menangnya terlihat kecil. Contoh terbesarnya adalah pertarungannya melawan Thanos di Infinity War. Dalam pertarungan itu, Strange terus bertarung dengan ilusi dan perjalanan waktu. Ketika semua harapan itu terlihat sirna, Strange-lah yang melihat 14.000.605 kemungkinan untuk menemukan satu hasil yang akan memastikan kemenangan.

7. Bepergian melintasi dimensi
8 Persamaan Doctor Strange dan Sherlock Holmes Versi Benedict Cumberbatch

Tema yang muncul di setiap episode Sherlock di BBC adalah detektif itu membayangkan ruang kepala mentalnya. Di sana, dia membayangkan ulang tempat kejadian perkara (TKP) atau bahkan memperkirakan kemungkinan di masa depan. Perjalanan “antardimensi” ini mirip dengan kekuatan Doctor Strange.

Penyihir itu bisa dengan mudah menciptakan realitas cermin, dimensi kantong, dan semacamnya. Seperti Sherlock yang secara mental memanipulasi TKP yang ada di “istana pikirannya”, Strange punya cukup tipuan untuk menciptakan portal dari mana saja. Portal-portal ini membawa ke dunia nyata di mana Strange lebih bisa punya kendali.



8. Kepribadian egoistik
8 Persamaan Doctor Strange dan Sherlock Holmes Versi Benedict Cumberbatch

Kalau ada satu kekurangan besar di kedua kepribadian mereka, itu adalah ego mereka. Keduanya sama-sama bangga dengan kemampuan dan superioritas mereka atas orang lain. Keduanya bisa sama-sama sombong.

Bagi Sherlock, kepercayaan dirinya yang terlalu tinggi dan impulsifnya bentrok dengan rasionalitas Watson dan Mycroft. Ini menyebabkan sejumlah kehilangan, termasuk kematian Mary, istri Watson. Bagi Doctor Strange, dia gagal menuruti saran Wong agar tidak membuka multiverse. Tapi, penyihir egois itu mempercayai instingnya dan malah membuat masalah.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3818 seconds (0.1#10.140)