5 Alasan Pentingnya Punya Jurnal Mood untuk Kesehatan Mentalmu

Kamis, 18 Juni 2020 - 20:00 WIB
loading...
5 Alasan Pentingnya Punya Jurnal Mood untuk Kesehatan Mentalmu
Menulis jurnal untuk mencatat perubahan suasana hati penting buat mengenal emosi diri kita sendiri. Foto/Instagram @peekmybook
A A A
JAKARTA - Pernah dengar mood jurnal? Ini semacam diary atau buku harian yang dipakai untuk mencatat tiap suasana hati yang kita rasakan untuk kita bisa mengenal diri dan emosi diri sendiri.

Melacak suasana hati atau mood kita sendiri sangatlah penting, karena bisa jadi kita membuat keputusan buruk saat sedang emosi. Atau gak bisa mikir jernih kalo lagi sedih.

Gak heran, kok, kadang cara berpikir atau mengambil keputusan sangat bergantung pada suasana hati kita saat itu.

Oleh karena itupenting banget untuk melacak suasana hati. Nah, salah satu cara terbaik untuk melakukan ini dengan menuliskan ke dalam sebuah buku catatan atau jurnal. Dengan menulis semuanya, akan membantu kita memahami dan mengelola diri lebih baik.

5 Alasan Pentingnya Punya Jurnal Mood untuk Kesehatan Mentalmu

Foto: Getty Images

Selain itu, kita juga bisa tau apa yang membuat kita emosi, sedih, atau gembira, dan bisa mengatasi itu dengan cara yang baik.

Nah, ada banyak cara menulis mood jurnal atau catatan suasana hati. Semua bergantung pada kepentingan masing-masing.

Tapi cara yang paling sederhana adalah dengan membuat tiga kolom, yaitu kolom tentang mood yang kamu rasakan, lalu kolom hal-hal yang memengaruhi mood tersebut, dan kolom terakhir adalah hal-hal atau keputusan yang kamu buat saat merasakan mood tersebut. ( )

Selain itu, tiap kamu merasakan perubahan mood, tulis penyebabnya. Apakah ini karena hal yang sedang kamu lakukan, ataukah karena kamu lagi bersama seseorang? Ini bisa membantu kamu mengevaluasi hal eksternal dan internal dirimu.

Nah, melansir dari Life Hack, berikutalasan utama kamu harus menulis jurnal suasana hatimu.

1. MEMBANTU MENEMUKAN ARAH

5 Alasan Pentingnya Punya Jurnal Mood untuk Kesehatan Mentalmu

Foto: Pixabay

Dengan menulis semua emosi dan suasana hati yang kamu rasakan, kamu bisa mengecek lagi turun-naik dan perubahan emosimu, sehingga kamu bisa mengenal dirimu sendiri, sekaligus membantumu jadi versi terbaik dirimu.

2. MEMBANTU MENGUNGKAPKAN EMOSI

5 Alasan Pentingnya Punya Jurnal Mood untuk Kesehatan Mentalmu

Foto: Graehawk/Pixabay

Kalo kamu sering berpikir dan merasa khawatir terhadap segalanya, lebih baik kamu tuangkan emosi itu ke dalam tulisan. Catatan harian jadi wadah yang aman untuk kamu yang butuh ruang tanpa adanya penilaian atau penghakiman. Hal ini bisa menjadi proses terapi dan pemberdayaan terhadap diri sendiri.

3. MENDUKUNG PROSES PENYEMBUHAN

5 Alasan Pentingnya Punya Jurnal Mood untuk Kesehatan Mentalmu

Foto: Activedia/Pixabay

Saat kamu mengalami trauma, bahkan yang serius dalam hidup, kamu hanya perlu menulis sebagai bagian dari proses penyembuhan. Kamu bisa membaca ulang tulisan tersebut, dan bisa memahami emosi dan jalan pikiranmu sendiri untuk kemudian menemukan solusinya. Hasil penelitian dari University of Auckland menyebutkan orang yang menulis peristiwa sulit masa lalu akan lebih cepat sembuh daripada yang menulis tentang kejadian sehari-hari.

4. MEMBANTU UNGKAP PEMICU EMOSI

5 Alasan Pentingnya Punya Jurnal Mood untuk Kesehatan Mentalmu

Foto: John Hain/Pixabay

Saat kamu tau pemicu emosimu, maka kamu akan keluar dari hal-hal yang bisa membuat emosi terjadi lagi. Pemicu emosional bisa jadi orang, kata-kata, pendapat, atau situasi. Jangan lupa perhatikan perasaan dan reaksi kamu saat menulis, bisa jadi reaksi yang keluar sebagai tanda pemicu emosi kamu baik atau buruk.

5. MEMBANTU MENEMUKAN JATI DIRI

5 Alasan Pentingnya Punya Jurnal Mood untuk Kesehatan Mentalmu

Foto: Jools_sh/Pixabay

Saat emosi negatif muncul dan menguasaimu, pasti kamu akan tenggelam dalam aktivitas yang negatif juga. Susah untuk kamu bertindak positif. Nah, dengan menulis, kamu bisa 'bermain' di dalamnya. ( )

Semakin banyak yang ditulis, semakin berkurang emosi dan stres yang kamu rasakan. Kalo kamu lagi menghadapi kesulitan hidup, biasanya kamu akan menemukan dan mengenal diri kamu yang sebenarnya. Akan ada hal yang berubah dari pekerjaan batin yang kamu lakukan.

Rohmatul Hikmah
Kontributor GenSINDO
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Instagram: @rohmatulhikmah
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1596 seconds (0.1#10.140)