Ini 4 Perbedaan IQ dan EQ Biar Kamu Tidak Bingung

Ini 4 Perbedaan IQ dan EQ Biar Kamu Tidak Bingung
IQ dan EQ punya perbedaan yang signifikan, baik dalam alat ukurnya maupun kontribusi dalam kesuksesan individu. Foto/Getty Images
JAKARTA - Intelligence Quotient (IQ) dan Emotional Quotient (EQ) adalah dua jenis kecerdasan manusia yang diakui dan disepakati oleh para ahli dunia.

Untuk mengukurnya, terdapat tes yang dapat memberikan kita gambaran yang lebih lengkap tentang kecerdasan manusia. Berikut perbedaan dua jenis kecerdasan tersebut.

1. Definisi Singkat

Ini 4 Perbedaan IQ dan EQ Biar Kamu Tidak Bingung

Foto: Getty Images

- IQ
Mengacu pada kemampuan intelektual seseorang dalam memecahkan masalah dan menggunakan penalaran.

- EQ
Mengacu pada kemampuan merasakan emosi dalam diri sendiri dan orang lain, dan menggunakan kesadaran itu untuk memandu perilaku.

2. Kemampuan yang Diukur

Ini 4 Perbedaan IQ dan EQ Biar Kamu Tidak Bingung

Foto:Magazin.pluska

- IQ
Menggunakan logika untuk memecahkan masalah, merencanakan dan menyusun strategi, memahami ide-ide abstrak, belajar dan beradaptasi dengan perubahan, serta memahami dan menggunakan bahasa

- EQ
Mengidentifikasi emosi dalam diri dan orang lain, berempati pada orang lain, mampu menyesuaikan perasaan dan perilaku dalam situasi yang berbeda, mampu mengendalikan impuls, mampu menahan godaan dan menunda kepuasan, menyelesaikan konflik dengan orang lain, dan berkomunikasi secara efektif

Baca Juga: Ini Kepribadian yang Bisa Bikin Nilai IQ Rendah

3. Tes yang Digunakan

Ini 4 Perbedaan IQ dan EQ Biar Kamu Tidak Bingung

Foto: Getty Images

- IQ
Beberapa tes yang diakui untuk mengukur IQ adalah tes Stanford-Binet Intelligence Scale, Woodcock Johnson III Tests of Cognitive Abilities, Wechsler Adult Intelligence Scale, dan Wechsler Individual Achievement Test.

Ada dua kemampuan yang dinilai dalam tes-tes tersebut yaitu kecerdasan padat (crystallized intelligence) mengacu pada kemampuan verbal dan pengetahuan yang umumnya berkembang seiring usia. Lalu kecerdasan cair (fluid intelligence) mengacu pada kemampuan berpikir abstrak dan memecahkan masalah tanpa bekal pengetahuan sebelumnya.

- EQ
Beberapa tes yang diakui untuk mengukurEQ adalah Mayer-Salovey-Caruso Emotional Intelligence Tests, Situational Tests of Emotional Management, Situational Tests of Emotional Understanding, dan Diagnostic Analysis of Nonverbal Accuracy.

Dua kemampuan yang dinilai adalah kecerdasan kemampuan (ability intelligence) mengacu pada pemecahan masalah memakai kemampuan emosi dan interaksi sosial serta kecerdasan sifat (trait intelligence) mengacu pada kemampuan menganalisis perilaku diri sendiri.

Baca Juga: 7 Hal yang Tidak Bisa Dilakukan Peter Parker usai Spider-Man: No Way Home

4. Bidang Kesuksesan

Ini 4 Perbedaan IQ dan EQ Biar Kamu Tidak Bingung

Foto: Getty Images

- IQ
IQ dikaitkan dengan kesuksesan pada bidang akademik.

- EQ
EQ cenderung dikaitkan dengan kesuksesan dalam hubungan dengan diri sendiri dan orang lain serta dalam pekerjaan, terutama terkait kemampuanmemimpin (leadership).

GenSINDO
Narda Dea Aprylia
Politenik Negeri Media Kreatif


(ita)
Share: