Ini Kepribadian yang Bisa Bikin Nilai IQ Rendah

Senin, 15 Juli 2019 - 13:52 WIB
Ini Kepribadian yang Bisa Bikin Nilai IQ Rendah
Ini Kepribadian yang Bisa Bikin Nilai IQ Rendah
A A A
Berdasarkan hasil penelitian, ada satu dari lima kepribadian besar yang berhubungan erat dengan skor kecerdasan intelektual yang rendah.

Psikolog Lewis Goldberg membagi manusia dengan lima kepribadian yang disebut Model Lima Besar (Big Five Personality Traits Model).

Kelimanya yaitu Openness (terbuka pada hal-hal baru), Conscientiousness (berhati-hati), Extraversion (mudah bergaul), Agreeableness (baik dan suka membantu), dan Neuroticism (mudah cemas).

Nah, dari hasil penelitian yang telah diterbitkan jurnal Personality and Individual Differences disebut bahwa mereka yang berkepribadian neuroticism atau neurotik cenderung punya skor IQ yang rendah.

Tapi buat kamu yang punya kepribadian ini, jangan langsung rendah diri dulu. Menurut para peneliti, hasil tersebut bukan berarti bahwa IQ kamu memang rendah, tapi sangat mungkin karena sifat cemas dan gugup saat mengerjakan tes.

Jadi, para peneliti menduga bahwa sesungguhnya tingkat kecerdasan intelektual para neurotik lebih tinggi dari yang tertera di atas kertas.

Menurut hasil studi lainnya yang terkait dengan studi IQ, mereka yang tingkat neurotiknya tinggi biasanya sensitif, emosional, gampang cemas, moody-an, gampang depresi, dan sering susah tidur.

Ini Kepribadian yang Bisa Bikin Nilai IQ Rendah

Foto:psychologytoday.com

"Sementara yang skor neurotiknya rendah, mereka lebih tenang saat berada dalam kondisi stres," demikian menurut hasil studi, dikutip dari Psy Blog.

Hasil penelitian juga menyebut bahwa kepribadian neurotik adalah kepribadian turunan alias berasal dari gen.

Para responden atau mereka yang diteliti adalah 646 orang Belanda yang kembar (studi pertama) dan 213 orang yang dipisah berdasarkan tingkat kecemasan mereka (studi kedua).

Dari sini, didapatlah hasil bahwa mereka yang tingkat neurotiknya tinggi, punya hasil skor IQ yang rendah.

"Mereka yang neurotik cenderung jadi cemas di bawah tekanan tes, dan ini memengaruhi hasil tes IQ mereka," demikian menurut hasil studi.

Jadi perlu ditekankan, bahwa kepribadian neurotik tidak berhubungan dengan IQ yang rendah, melainkan lebih kepada nilai tes IQ yang rendah.
(her)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8745 seconds (0.1#10.140)