4 Manfaat Keterampilan Berpikir Kritis, Wajib Kita Kuasai!

Sabtu, 29 Juni 2024 - 15:03 WIB
loading...
4 Manfaat Keterampilan Berpikir Kritis, Wajib Kita Kuasai!
Ada banyak manfaat berpikir kritis, oleh karena itu kita harus mengasah kemampuan ini dengan baik. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Berpikir kritis merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki anak muda, karena kemampuan ini menjadi kunci untuk menghadapi setiap permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut penelitian yang dilakukan Williya Novianti pada 2020 yang dimuat di Journal of Education and Counseling, ada empat aspek dalam keterampilan berpikir kritis. Keempatnya yakni aspek analisis, penalaran, inferensi, dan evaluasi.

Keempat aspek tersebut digunakan untuk mengidentifikasi, melakukan hipotesis, dan mempertimbangkan informasi agar dapat menjadi analogi yang objektif, logis, dan rasional.



Namunsangat disayangkan, anak-anak di Indonesia belum sepenuhnya menguasai keterampilan ini. Dilansir dari studi The Trens in International Mathematics and Science Study (TIMSS) pada 2011 dan Programme for International Student Assessment (PISA) pada 2012, menunjukan lemahnya keterampilan bernalar anak di Indonesia. Hal tersebut menjadi indikasi bahwa kemampuan berpikir kritis anak di Indonesia juga masih lemah.

Padahal kemampuan berpikir kritis menjadi modal penting yang harus dimiliki oleh setiap individu, khususnya anak muda agar dapat menghadapi fenomena perkembangan teknologi yang makin dinamis. Karena dengan fenomena tersebut kita akan mengakses banyak informasi yang terkadang sulit untuk membedakan antara fakta, opini, misinformasi (informasi salah yang tak disengaja), dan disinformasi (informasi salah yang dengan sengaja disampaikan dan disebarkan).

Berdasarkan alasan dan keterangan di atas, tidak dapat dimungkiri bahwa keteranpilan berpikir kritis sangat penting dimiliki oleh setiap individu sebagai bentuk pengembangan diri. Berikut ini manfaat yang kita dapatkan jika menguasai keterampilan berpikir kritis.

4 Manfaat Berpikir Kritis


1. Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi

4 Manfaat Keterampilan Berpikir Kritis, Wajib Kita Kuasai!

Foto:Shutterstock

Menurut penelitian dari University of the People pada 2024, orang yang memiliki kemampuan berpikir kritis merupakan pemikir yang sangat kreatif. Mereka memandang dirinya sebagai orang yang tidak terbatas dalam menghadapi berbagai kemungkinan.

Pernyataan tersebut berkaitan dengan fakta bahwa kemampuan berpikir kritis akan selalu berdampingan dengan kreativitas dan inovasi. Karena keterampilan berpikir kritis akan melewati proses analisis dan evaluasi yang menuntut kita untuk bersikap secara logis, rasional, dan objektif.

Di sisi lain, berpikir kritis juga dilakukan untuk dapat menghasilkan ide-ide dan pandangan lain ketika memecahkan masalah. Hal tersebut sangat membutuhkan pemikiran yang terbuka, imajinatif, dan inovatif. Individu yang memiliki kemampuan berpikir kritis akan terbiasa mengusulkan solusi yang inventif dan menyederhanakan proses.

2. Membentuk Opini yang Terinformasi dengan Baik

4 Manfaat Keterampilan Berpikir Kritis, Wajib Kita Kuasai!

Foto:Shutterstock

Dalam era yang semakin modern, kita dapat dengan mudah mengakses informasi sebanyak mungkin. Namun tanpa disadari, sering kali ditemukan informasi palsu atau informasi yang bias.

Untuk itu, diperlukan pemikiran yang kritis, untuk mencari beragam sumber informasi, meneliti sumber informasi, dan memverifikasi infomasi. Dengan keterampilan tersebut, setiap individu dapat memastikan dirinya memiliki pemahaman yang komprehensif terhadap isu-isu yang kompleks.

Hal tersebut dapat memberdayakan individu untuk terlibat dan berkontribusi secara konstruktif ketika sedang diskusi.

3. Memudahkan Proses Pengambilan Keputusan

4 Manfaat Keterampilan Berpikir Kritis, Wajib Kita Kuasai!

Foto: atlassian

Pemikir kritis biasanya ahli dalam mempertimbangkan pro dan kontra, mempertimbangkan alternatif dan mengantisipasi konsekuensi potensial. Selain itu, keteranpilan berpikir kritis juga dapat membantu individu menjadi pemikir yang lebih fleksibel yang dapat menemukan solusi.

Pemikiran yang kritis juga dapat mendorong kolaborasi dengan memberikan kerangka kerja bagi individu untuk bekerja sama dalam memecahkan masalah yang kompleks. Sehnigga pemikiran tersebut sering kali dijadikan alat untuk mengambil keputusan secara efektif.


4. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi yang Lebih Baik

4 Manfaat Keterampilan Berpikir Kritis, Wajib Kita Kuasai!

Foto: Shutterstock

Komukasi yang efektif adalah landasan dari interaksi profesional. Dengan kebiasaan berpikir kritis, kita mampu mengasah keterampilan komunikasi agar semakin baik, karena kemungkinan besar dapat memproduksi artikulasi ide yang jelas dan logis.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Pennsylvania pada 2023, menyatakan bahwa individu yang mahir dalam berpikir kritis dapat memancarkan kejelasan. Mereka juga memiliki kemampuan dalam menyampaikan pemikirannya dengan lancar melalui kecakapan komunikasi.

Itulah manfaat-manfaat memiliki kemampuan berpikir kritis yang bisa kita peroleh.

MG/Cinta Rasullillah
(ita)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2825 seconds (0.1#10.140)
pixels