Ini 7 Hal yang Kamu Perlu Kamu Tahu tentang Emosimu

Rabu, 10 Juni 2020 - 22:30 WIB
loading...
A A A
Ini 7 Hal yang Kamu Perlu Kamu Tahu tentang Emosimu

Foto:Eric Ward/Unsplash

Pengalaman-pengalaman kurang baik yang kita dapatkan sewaktu kecil sangat mungkin membentuk kita hari ini. Misalnya, saat kecil ayah sering mengatakan kalau kita bodoh tiap kali kita salah mengerjakan sesuatu.

Karena hal itu, kita jadi takut melakukan kesalahan karena gak mau kena kritik atau dikatai bodoh, bahkan hingga saat ini. Padahal, kritik adalah suatu hal yang dibutuhkan agar kita bisa menjadi lebih baik lagi ke depannya.

6. EMOSI BERLEBIH LAMA-LAMA BISA MENGHANCURKAN HUBUNGAN

Ini 7 Hal yang Kamu Perlu Kamu Tahu tentang Emosimu

Foto: kristincoaching.com

Kalau kita mencoba untuk berbicara dengan orang lain saat emosi kita lagi gak stabil, gak ada hal baik yang akan kita dapat. Kita cuma bakal saling menimpa omongan dan berpikir gimana caranya memenangkan pertengkaran. Gak ada yang berusaha untuk mencoba mendengarkan. Inilah yang lama-lama bisa merusak hubungan yang terjalin antara kita dan orang tersebut.

7. MENGERTI ADALAH KEBALIKAN DARI REAKSI BERLEBIHAN

Ini 7 Hal yang Kamu Perlu Kamu Tahu tentang Emosimu

Foto: iStock/Getty Images

Hubungan yang baik bukanlah hasil sulap. Rasa marah yang ditangani dengan cara yang kurang tepat akan membuat kita gak bisa mendapatkan yang kita butuhkan dan inginkan di dalam hidup. Sifat perhatian dan pengertian adalah kebalikan dari sifat reaktif dan hal inilah yang bisa membawa kebaikan dalam hidup kita.

Langkah pertama yang harus kita lakukan untuk mengubah cara kita berinteraksi dengan orang lain adalah dengan mengidentifikasi masalah dan menerima tanggung jawab yang kita miliki.

Kita bisa memulainya dengan melakukan evaluasi diri terhadap segala yang terjadi di sekitar kita. Lalu kita memproses perasaan yang kita rasakan tentang hal tersebut, lalu mengubah cara berpikir dan berperilaku agar tidak lagi reaktif, dan berpikir lebih matang dan panjang. Bisa gak, nih?

Iffah Sulistyawati Hartana
Kontributor GenSINDO
Institut Teknologi Bandung
Instagram: @iffahshrtn
(it)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1467 seconds (0.1#10.140)