Ini 7 Hal yang Kamu Perlu Kamu Tahu tentang Emosimu

Rabu, 10 Juni 2020 - 22:30 WIB
loading...
Ini 7 Hal yang Kamu Perlu Kamu Tahu tentang Emosimu
Amarah yang ditahan terlalu lama bisa membuat kamu meledak suatu saat nanti. Foto/Christian Erfurt, Unsplash
A A A
JAKARTA - Saat kecil dulu, banyak di antara kita yang diajarkan untuk menahan emosi. Padahal, hal ini bisa jadi masalah saat kita besar.

Waktu kecil, tiap kali kita menangis atau marah, orang tua atau pengasuh kita biasanya akan meminta kita untuk berhenti dan diam. Mereka berkata bahwa hal itu gak bagus dan kita gak boleh melakukannya karena bisa menyusahkan orang lain.

Saat kita marah, hormon stres bisa memenuhi tubuh kita dan membuat kita susah untuk berpikir rasional.Respons tiap orang terhadap rasa marah pun beragam, mulai dari memendamnya, menyangkal, hingga meluapkan.

Nah, respons terhadap rasa marah yang kita punya sejak kecil ternyata berpengaruh saat kita dewasa. Berita baiknya, kalau kita punya cara mengatasi amarah yang buruk, hal ini bisa dipulihkan dengan mempelajari beberapa hal yang berkaitan dengan rasa marah.

Melansir dari Psychology Today, dengan mempelajari hal ini, kita bisa menyalurkan rasa marah kita dengan lebih baik.

1. KEMARAHAN YANG DITAHAN SEPERTI GUNUNG API YANG SIAP MELEDAK

Ini 7 Hal yang Kamu Perlu Kamu Tahu tentang Emosimu

Foto:Andre Hunter/Unsplash

Rasa marah bisa membuat orang lain merasa gak nyaman atau takut. Inilah yang bikin orang tua terbiasa mengajarkan anaknya untuk memendam rasa marah ketimbang menyalurkannya. Celakanya, hal ini bisa bikin rasa marah tersebut menumpuk dan bisa meledak suatu waktu, persis seperti magma di gunung berapi.

2. KEMARAHAN SEBENARNYA SEDANG MENCOBA BERBICARA PADAMU

Ini 7 Hal yang Kamu Perlu Kamu Tahu tentang Emosimu

Foto:Alex Iby/Unsplash

Rasa marah yang kita rasakan adalah cara tubuh kita memberi tahu bahwa ada sesuatu yang menganggunya. Kalau seseorang mengatakan atau melakukan sesuatu yang membuat kita marah, dan kita mengabaikan rasa marah tersebut, berarti kita mengabaikan apa yang orang itu lakukan. Padahal, kalau hal yang orang lain lakukan itu udah keterlaluan, seharusnya kita menegurnya agar berhenti melakukannya.

3. TUBUHMU MEMBERI TAHU SAAT KAMU MARAH

Ini 7 Hal yang Kamu Perlu Kamu Tahu tentang Emosimu

Foto:Camila Quintero/Unsplash

Rasa marah bisa berkembang dengan cepat tanpa kita sadari, hingga pada akhirnya tubuh kita telanjur bereaksi. Nah, makanya Kita perlu belajar mengenali tanda-tanda kemarahan yang terjadi pada diri kita, misalnya wajah yang memanas atau leher yang tertekan.

Dengan begitu, akan ada jeda waktu untuk kita berpikir tentang pemicu kemarahan dan reaksi yang akan kita berikan. Dengan jeda ini, kita jadi bisa berpikir lebih jernih dan rasional.

4. REAKSI MARAH BISA DIKONTROL

Ini 7 Hal yang Kamu Perlu Kamu Tahu tentang Emosimu

Foto:Priscilla Du Preez/Unsplash

Saat seseorang mengatakan suatu hal yang menyakitkan, ini bisa bikin kita marah dan melakukan hal yang kurang baik. Reaksi refleks gara-gara kita marah sebenarnya bisa kita kendalikan.

Kita bisa berpikir dulu untuk bisa berbicara atau bertindak dengan cara yang paling tepat sebelum meresponsnya, dan menahan reaksi refleks yang muncul secara berlebihan.

5. MASA KECILMU MASIH MEMBUAT KAMU MARAH
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2342 seconds (0.1#10.140)