Mengenal BookTok yang Tren di TikTok, dan 10 Judul yang Direkomendasikan

Sabtu, 20 November 2021 - 09:30 WIB
loading...
Mengenal BookTok yang Tren di TikTok, dan 10 Judul yang Direkomendasikan
Tagar BookTok sedang menjadi tren di TikTok, berisi video yang mengulas buku fiksi maupun nonfiksi. Foto/bookishtreat.com
A A A
JAKARTA - Belakangan, tagar BookTok ramai mengisi TikTok. Setidaknya sudah puluhan miliar video-video yang menggunakan tagar tersebut ditonton para pengguna media sosial ini.

Tagar BookTok berisi ulasan atau review buku dari para pengguna TikTok di seluruh dunia. Sama halnya dengan video-video lainnya di TikTok,ulasan buku ini berlangsung sangat singkat, hanya hitungan detik.

Isinya pun sama saja dengan video lain di TikTok, yaitu caption, ucapan singkat - dalam hal ini komentar tentang isi buku -, dan tentunya disertai musik latar dari lagu yang sedang viral.

Berbeda dengan ulasan buku konvensional, ulasan dalam BookTok dibuat sangat dinamis dan sangat eye catching. Misalnya dalam salah satu video, seorang pengguna TikTok mengatakan bahwa dia akan membaca buku The Song of Achilles. Lalu visual berikutnya menggambarkan dirinya yang bercucuran airmata setelah ia selesai membaca buku fiksi sejarah romantis itu.

Mengenal BookTok yang Tren di TikTok, dan 10 Judul yang Direkomendasikan

Foto: TikTok@thebooksiveloved/@the.ones.about.books/@aymansbooks/Vogue

Dalam video lainnya yang diunggah pengguna akun @bettysbooklist, memperlihatkan dirinya melihat ponsel lalu berkata, "Ada yang mati di sekolah saat acara pesta kostum. Kami memang punya rahasia, tapi aku pastikan itu adalah kecelakaan. Mengapa tidak ada yang percaya padaku? Kemudian, video pun menyorot sampul buku Big Little Lies, yang plot ceritanya persis sama seperti yang diceritakan si pengulas buku.

Cara baru mengulas buku ini ternyata direspons positif oleh para pengguna TikTok lainnya, terbukti dengan video-video yang ditonton miliaran kali. Tak cuma itu, bahkan menaikkan minat baca masyarakat.

Baca Juga: Rekomendasi Buku untuk Belajar Alam Semesta, dari Sudut Sains hingga Agama

Mengutip Economist, penerbit buku Bloomsbury di Inggris melaporkan bahwa penjualan mereka melonjak drastis hingga 220%. Tak hanya itu, di Amazon, novel percintaan It Ends With Us bahkan menambahkan komentar di sampul bukunya yang bertuliskan, “It Ends With Us: TikTok made me buy it!” (It Ends With Us: TikTok membuatku membeli buku ini!). Buku tersebut pun kini masuk dalam daftar top 100 buku di Inggris dan Amerika.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan buku-buku di BookTok, berikut 10 judul yang sering direkomendasikan di tagar tersebut.

1. THE SEVEN HUSBAND OF EVELYN HUGO


Mengenal BookTok yang Tren di TikTok, dan 10 Judul yang Direkomendasikan

Foto: via Barnes and Noble

Buku karya Taylor Jenkins Reid ini menceritakan tentang Monique, seorang reporter yang berkesempatan mewawancarai Evelyn Hugo, aktris terkenal yang penuh skandal dan sudah menikah tujuh kali. Melalui perjalanannya, buku ini akan menceritakan rahasia sebenarnya dari hidup Evelyn Hugo, mengenai skandalnya termasuk cinta sejatinya.

2. THE SPANISH LOVE DECEPTION

Mengenal BookTok yang Tren di TikTok, dan 10 Judul yang Direkomendasikan

Foto: via Kinokuniya

Novel karya Elena Armas ini bercerita tentang Catalina Martin yang diharuskan membawa pasangannya ke pesta pernikahan kakaknya. Permasalahannya adalah Catalina tak punya kekasih. Ketika ingin menyewa kekasih bohongan, justru rekan kerja sekaligus musuhnya, Aaron Blackford menawarkan diri.

3. THE CRUEL PRINCE

Mengenal BookTok yang Tren di TikTok, dan 10 Judul yang Direkomendasikan

Foto: via Barnes and Noble

The Cruel Prince karya Holly Black adalah buku bergenre fantasi yang bercerita tentang Jude Duarte, seorang manusia yang harus hidup di dunia peri. Ia ingin menjadi bagian dari mereka, walaupun kenyataannya Jude banyak dibenci, terutama oleh pangeran Cardan Greenbriar. Buku ini merupakan seri pertama yang kemudian diikuti oleh ketiga buku lainnya.

Baca Juga: 6 Penjahat di Trailer Kedua Spider-Man: No Way Home, Nomor 6 Sering Jadi Meme
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1537 seconds (0.1#10.140)