Hati-Hati, Kecanduan Media Sosial Mirip dengan Kecanduan Narkoba

Sabtu, 30 Mei 2020 - 08:58 WIB
loading...
A A A
“Kalau kita gak main medsos, perilisan dopamin kita akan menurun sehingga bikin kita craving, jadi rasanya pengen balikin rasa senang kita lagi, jadi buka IG lagi," terangnya.

"Biasanya orang-orang yang rasa senangnya terbatas, jarang bersosialisasi, jarang salurin hobinya, minim interaksi, itu lebih rentan untuk adiksi terhadap IG karena sumber perasaan senangnya didapat dari situ,” tegasnya.

Hati-Hati, Kecanduan Media Sosial Mirip dengan Kecanduan Narkoba

Foto:Joy Sharon Yi/NPR


Tips Terbaik


Untuk mencegah adiksi, Olphi pun menyarankan supaya kita membatasi waktu penggunaan IG. Batas waktu yang sehat untuk main IG menurut para ahli adalah 30 menit. Kita bisa atur waktunya sendiri di aplikasi IG.

Kedua, kita perlu melakukan kegiatan lain yang bermanfaat untuk isi waktu luang. Ketiga, terkoneksi dengan orang tersayang secara langsung atau menghabiskan waktu bersama.

Keempat, matikan notifikasi saat kita harus fokus mengerjakan hal lain. Terakhir, kita perlu pilih akun dengan konten yang menurut kita bermanfaat, bukan cuma akun yang sering posting untuk menghindari perasaan fear of missing out (FOMO)

“Jangan terlalu menyematkan identitas diri dengan akun kita, misalnya jadi insecure kalau likes dari postingan kita sedikit. Terakhir, jangan memberikan informasi atau data pribadi maupun orang lain ke publik,” tegas Olphi.

Kecanduan itu mudah, tapi ngilanginnya susah. Sebelum lebih parah, yuk kita luruskan arah!

GenSINDO
Rizka Nadhirasari Hermawan Putri
Universitas Indonesia
(it)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1675 seconds (0.1#10.140)