alexametrics
Pengembangan Diri
Mengenal Ikigai, Nilai Hidup yang Bikin Kamu Semangat Bangun Pagi
Mengenal Ikigai, Nilai Hidup yang Bikin Kamu Semangat Bangun Pagi
Untuk selalu semangat bangun pagi, kamu perlu sesuatu yang bikin kamu merasa hidup dan bahagia. Foto/Shutterstock
Jakarta - Siapa yang suka malas bangun pagi buat ke kampus atau ngantor? Apakah kamu pernah mencari tahu kenapa kamu bisa begitu?

Salah satu alasan yang mungkin ada adalah karena jurusan kuliah atau pekerjaan kamu gak sesuai dengan renjana alias passion kamu.

Menurut penelitian Indonesia Career Center Network (ICCN) pada 2017, sebanyak 87 persen mahasiswa di Indonesia mengambil jurusan yang gak sesuai dengan minat mereka.



Sementara buat kamu yang udah kerja, menurut Deloitte Millenial Survey 2016, 40 persen generasi milenial akan meninggalkan pekerjaan mereka kalau ada kesempatan. Survei ini dilakukan pada 7.692 kaum milenial dari 29 negara, dengan 300 responden berasal dari Indonesia.

Mengenal Ikigai, Nilai Hidup yang Bikin Kamu Semangat Bangun Pagi
Foto: 92newshd.tv

Terus, apa kaitan ini semua dengan ikigai?

Ikigai adalah istilah dari Jepang yang menjelaskan kesenangan dan makna kehidupan. Secara bahasa, ikigai terdiri dari dua kata yaitu iki yang berarti kehidupan dan gai yang berarti nilai. Jadi, ikigai adalah nilai kehidupan.

Memang, susah untuk mencari pengertian yang tepat dalam bahasa lain. Tapi mengutip dari artikel BBC, "Ikigai: A Japanese Concept to Improve Work and Life", ikigai mungkin bisa disebut sebagai "alasan untuk bangun pada pagi hari".

Konsep ikigai divisualisasikan dengan irisan dari diagram venn yang meliputi empat elemen, yaitu minat, bakat, profesi, dan hal yang dibutuhkan dunia.

Mengenal Ikigai, Nilai Hidup yang Bikin Kamu Semangat Bangun Pagi
Foto: shevonnepolastre.com

Ikigai juga sering diidentikkan dengan Okinawa. Para penduduk di pulau yang terletak di bagian selatan Jepang ini punya rata-rata angka harapan hidup yang tinggi.

Selain faktor pola makan dan diet, konsep ikigai yang mereka anut dipercaya menjadi rahasia umur panjang mereka.

Buat kamu yang penasaran bagaimana mengetahui ikigai-mu, bisa simak tips berikut.

1. KENALI DIRIMU

Mengenal Ikigai, Nilai Hidup yang Bikin Kamu Semangat Bangun Pagi
Foto: Tanmay Vora, QAspire.com

Ikigai bisa ditemukan dengan menanyakan hal-hal berikut ke dalam diri kamu. Apa hal yang kamu sukai? Apa hal yang kamu kuasai? Apa yang dunia butuhkan dari kamu? Terakhir, apa hal yang membuat kamu dibayar dengan layak? Jawab empat pertanyaan ikigai-mu sesuai dengan dirimu, bukan harapan orang lain.

Pertanyaan terakhir adalah pertanyaan yang penting kamu tanyakan karena ini pertanyaan yang paling realistis. Jawaban keempat pertanyaan itu gak harus sama. Ingat, konsepnya adalah empat elemen diagram venn yang beririsan.

2. AKTUALISASI DIRI

Mengenal Ikigai, Nilai Hidup yang Bikin Kamu Semangat Bangun Pagi
Foto: Freepik

Carilah kesibukan sampingan yang mampu meningkatkan produktivitas dan kreativitas kamu. Di luar negeri, hal ini dikenal dengan istilah side hustle.

Perlu diingat bahwa kegiatan ini gak sama dengan pekerjaan sampingan (side job). Side Hustle mengutamakan renjana (passion), bukan penghasilan tambahan.

Contoh kegiatan ini misalnya menjadi sukarelawan bencana dan membuat konten di YouTube untuk hobi. Intinya, memberikan kamu kesempatan untuk melakukan hal yang kamu sukai dan hal yang kamu bisa.

3. JANGAN BIARKAN UANG MENDOMINASI KEPUTUSANMU

Mengenal Ikigai, Nilai Hidup yang Bikin Kamu Semangat Bangun Pagi
Foto: Shutterstock

Gak jarang seseorang mencari jurusan kuliah cuma karena prospek kerja dengan gaji dan gengsi tinggi. Kemudian, saat menjalani karier atau kuliah, ia merasa lelah dan ingin menyerah. Itu bisa aja terjadi kalau kamu cuma mempertimbangkan satu aspek.

Nah, kalau kamu tertarik untuk mengetahui ikigai, kamu bisa melakukan tes di sini.

Selain itu, kamu juga bisa membaca buku rekomendasi dari Maudy Ayunda yang berjudul "Ikigai: The Japanese Secret to a Long and Happy Life" karya Hector Garcia dan Francesc Miralles.

Anggita Hutami Ratnaningsih
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @gitahut



(it)
Artikel Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss