Tips untuk Kamu saat Sedang Malas Melakukan Apa pun

Selasa, 13 Juli 2021 - 21:45 WIB
loading...
Tips untuk Kamu saat Sedang Malas Melakukan Apa pun
Ada kalanya kita malas untuk melakukan apa pun, baik karena terlalu lelah atau kehilangan motivasi. Foto/Pixabay
A A A
JAKARTA - Terkadangkita kehilangan motivasi, malas melakukan apa pun, dan hanya ingin rebahan dan bermalas-malasan. Pada hari-hari seperti ini mungkin kamu merasa lelah hingga mudah tersinggung.

Perlu kamu ketahui, perasaan seperti ini sangat normal. Ini berarti kamu berada di bawah tekanan ekstra atau mencoba menghadapi sesuatu yang tidak biasa dalam hidup.

Perasaan seperti ini bersifat sementara dan biasanya tidak serius. Kalau kamu mengalami hal ini menjadi tanda bahwa tubuh dan pikiran kamu membutuhkan istirahat. Di sisi lain, kalau perasaan ini selalu menghantui kamu, bisa jadi masalah yang lebih serius seperti depresi atau jenis gangguan mood lainnya. Bila hal ini terjadi selama dua minggu sebaiknya konsultasikan kepada dokter.

Nah, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan motivasi kamu yang hilang, mengutip dari Very Well Mind .

1. ISTIRAHAT

Ketika kamu merasa tidak ingin melakukan apa pun, ini adalah tanda bahwa kamu sedang stres atau kelelahan. Hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah istirahat dan meluangkan waktu untuk merawat diri sendiri.

Pertimbangkan untuk memberi diri kamu “hari kesehatan mental”, yaitu saat kamu melepaskan harapan tentang apa yang menurutmu harus dicapai. Sebaiknya, fokuslah terlebih dahulu untuk melakukan hal-hal yang membantu kamu merasa pulih dan terhibur. Kuncinya adalah menghabiskan waktu untuk bersantai dan membiarkan pikiran dan tubuh beristirahat.

2. PERLAKUKAN DIRI SENDIRI DENGAN BAIK

Self-compassion tidak hanya bersikap baik pada diri sendiri, tapi juga memahami bahwa pengalaman adalah bagian dari menjadi manusia dan menyadari emosi diri sendiri, baik emosi baik atau buruk.

Memperlakukan diri dengan baik bermanfaat bagi kesehatan mental. Penelitian mengungkap bahwa ketika orang menunjukkan kasih sayang kepada diri sendiri, hal ini bisa membantu meringankan efek dari stres, mengurangi perasaan depresi dan rasa cemas, serta menurunkan tekanan psikologis secara keseluruhan.

Jadi, ketika kamu sedang tidak ingin melakukan apa pun, cobalah untuk memperlakukan diri dengan baik. Terimalah diri kamu sendiri, berikanlah ruang, waktu, dan hal-hal yang kamu butuhkan.

3. JALAN-JALAN

Kalaukamu sedang berjuang melawan suasana hati dan motivasi yang buruk, berjalan-jalan di luar ruangan bisa membantu kamu merasa lebih baik. Penelitian juga menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di luar ruangan punya berbagai manfaat kesehatan mental. Berjalan-jalan menggabungkan manfaat olahraga dan menghabiskan waktu di luar ruangan, yang terbukti efektif dalam pengobatan dan pencegahan gejala depresi.

4. CURHAT KEPADA ORANG YANG DIPERCAYA

Saatkamu sedang gelisah, curhat ke teman atau keluarga bisa jadi cara yang bagus untuk mengembalikan semangatmu. Pikirkan tentang seseorang yang menjadi sumber dukungan pada saat-saat seperti ini. Juga seseorang yang bisa kamu ajak bicara dan mungkin mengerti apa yang kamu rasakan.

Kalau kamu sedang tidak ingin bertemu dengan teman-temanmu, cobalah untuk menikmati secangkir kopi, tersenyum pada orang-orang yang lewat di sekitar kamu atau menyapanya dapat membantu mengubah suasana hati kamu.

Baca Juga: Belajar Isu Kesehatan Mental dari 7 Webtoon Ini, Yuk!

5. RENCANAKAN SESUATU

Walaupun kamu sedang tidak punya motivasi untuk mengerjakan sesuatu, bukan berarti kamu tidak bisa membuat rencana untuk dilakukan padamasa depan. Penelitian menunjukkan bahwa citra mental atau memvisualisasikan hal-hal yang ingin kamu lakukan meningkatkan motivasi dan kesenangan yang diharapkan. Merencanakan perjalanan atau aktivitas lain bisa memberi kamu sesuatu untuk dinanti-nantikan dan membuat kamu bersemangat lagi.

6. MEMULAI HAL KECIL

Seringkali kita kesulitan saat ingin mulai melakukan sesuatu. Untuk mengatasinya, kamu bisa memulai dengan melakukan hal kecil. Alih-alih kewalahan karena tugas yang menumpuk dan tidak punya kekuatan untuk menyelesaikannya, pilih hal kecil yang bisa kamu lakukan. Misalnyamencuci piring, merapikan tempat tidur, atau melipat tumpukan cucian. Keberhasilan melakukan sesuatu, sekecil apa pun, akan membuat hati gembira.

7. MENULIS DI JURNAL
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)