Sebuah Istana Misterius Muncul di Akhir Episode 5 Loki

Sebuah Istana Misterius Muncul di Akhir Episode 5 Loki
Episode 5 Loki mengungkapkan kejutan lainnya di akhir kisahnya dengan kemunculan sebuah istana misterius yang diduga akan menjawab semua misteri di serial ini. (Foto-foto: Screen Grab/Disney+ Hotstar)
Episode 5 Loki mengungkapkan nasib Loki setelah dia dihapus dari linimasa oleh Ravonna Renslayer di episode 4. Selain itu, apa yang dilakukan Sylvie setelah mengetahui kalau Time-Keepers adalah android juga akan terungkap di sini. Nasib Mobius pun terjawab di episode ini.

Peringatan: Artikel ini mengandung spoiler Episode 5 serial Loki yang sedang tayang di Disney+ Hotstar! Kalian sudah diperingatkan!

Semakin hari, serial Loki yang ditayangkan di Disney+ Hotstar kian memberikan kejutan. Pada episode 5, penonton akan dibawa ke sebuah tempat antah berantah yang terlihat ketika Loki terbangun usai dihapus oleh Ravonna di adegan pascakredit episode 4 serial Marvel Cinematic Universe (MCU) tersebut. Varian Loki pun banyak diperkenalkan di episode ini. Tak hanya 4 yang terlihat di episode 4, tapi bahkan lebih banyak dengan sifat yang hampir mirip satu sama lain.

Baca Juga: Episode 4 Loki Buktikan Time-Keepers Hanyalah Tipuan

Episode 5 belum akan menjawab siapa yang berada di balik Time-Keepers dan TVA. Namun, episode ini mulai membuka tabir siapa yang dalang semua ini. Dengan hanya 1 lagi episode tersisa, episode 5 ini cukup seru untuk diikuti. Lantas apa saja yang terjadi di episode 5 Loki? Berikut ulasannya!

1. The Void
Sebuah Istana Misterius Muncul di Akhir Episode 5 Loki

Loki tidak mati setelah dihapus oleh Ravonna di TVA . Alih-alih, dia terbangun di sebuah tempat bernama The Void. Menurut Ravonna, ruang hampa (void) di akhir waktu itu adalah lokasi di mana para varian yang dihapus ditempatkan. Tempat itu tidak akan membuat varian itu tumbuh. Sementara, menurut Kid Loki, tempat itu adalah tempat “pembuangan sampah” TVA. Varian atau barang-barang yang mereka hapus dari linimasa bakal dibuang di tempat ini. Tak heran jika banyak barang-barang tua dan berlumut ada di tempat tersebut. Meski begitu, tinggal di The Void tidak membuat para varian buangan itu nyaman.

2. Alioth
Sebuah Istana Misterius Muncul di Akhir Episode 5 Loki

Para varian yang masuk The Void berada dalam ancaman serangan Alioth. Varian Loki mengatakan, makhluk mirip awan ungu gelap dengan mata merah itu memangsa mereka. Makhluk itu memastikan bahwa apa pun yang dihapus oleh TVA tidak akan kembali. Menurut Loki Sombong, makhluk itu melahap materi dan energi. Alioth menjadi penghalang para varian itu untuk kembali ke dunia nyata.

3. Thanos-Chopter dan Thor
Sebuah Istana Misterius Muncul di Akhir Episode 5 Loki

Di The Void, terlihat puing-puing helikopter Thanos . Belum diketahui cerita tentang pesawat tersebut. Namun, keberadaannya di tempat itu diceritakan di komik. Dikutip dari ScreenRant, Thanos-Copter kali pertama muncul di Spidey Super Stories #39 pada 1979. Diceritakan, Thanos berusaha mendapatka sebuah Kotak Kosmik, meskipun dia dihalau Hellcat dan Spider-Man . Thanos kemudian naik sebuah helikopter kuning. Kemudian, ada juga komik Deadpool pada 2015 di mana Wade Wilson mengamankan satu buah Kotak Kosmik untuk Thanos dan dijemput dengan Thanos-Copter. Meskipun aneh, Thanos-Copter ini punya penggemar tersendiri. Keberadaan Thanos-Chopter ini sepertinya mengonfirmasi kalau ada linimasa di mana peristiwa di komik itu terjadi. Jadi, tidak heran kalau realitas itu di-reset TVA.
Sebuah Istana Misterius Muncul di Akhir Episode 5 Loki

Sementara, Loki heran dengan sikap hormat para variannya terhadap Kid Loki. Loki Klasik mengatakan kalau Kid Loki adalah junjungan mereka dan The Void adalah kerajaannya. Loki pun mencoba menantangnya dengan menanyakan peristiwa nexus apa yang dia sebabkan. Kid Loki menjawab, dia telah membunuh Thor . Ketika masuk bunker, terlihat Mjolnir menempel di salah satu lereng bukit di The Void. Sementara, sebuah bayangan mirip Thor terlihat terjebak di dalam sebuah stoples.

Baca Juga: Ada 4 Varian Baru Loki di Adegan Pascakredit Episode 4 Loki

4. Varian Loki tukar cerita
Sebuah Istana Misterius Muncul di Akhir Episode 5 Loki

Di bunker tempat persembunyian para varian Loki, mereka pun mulai bertukar cerita. Loki bertanya kepada Loki Klasik apakah dia sempat mencoba membunuh Thanos. Loki Klasik menjawab, dia tidak akan mencoba membunuh Thanos dengan belati atau sihir karena bukan apa-apanya si Mad Titan. Dia memilih memalsukan kematiannya dan pergi ke planet yang jauh untuk menepi. Ketika dia kangen Thor, dia mencoba untuk pergi dari planet itu, tapi, dia malah ditangkap dan dihapus TVA.

Tentu saja, ini berbeda dengan yang dilakukan Loki dari linimasa utama MCU . Di Avengers: Infinity War , Loki berusaha membunuh Thanos dengan sihir dan belatinya. Thanos pun langsung membunuh Loki. Harus dicatat, Loki utama di serial ini adalah Loki dari 2012, atau Loki yang ditangkap Avengers di film The Avengers. Dia lolos dari linimasa utama MCU di Avengers: Endgame, ketika Iron Man dan Ant-Man berusaha mencuri Tesseract.

5. Loki Presiden dan pengkhianatan Loki Sombong
Sebuah Istana Misterius Muncul di Akhir Episode 5 Loki

Loki kian tak sabar untuk menunggu beraksi. Dia pun memutuskan untuk menghadapi Alioth, keluar dari The Void dan kembali ke TVA. Namun, ketika dia hendak keluar dari bunker, dia “disambut” varian lain dirinya, Loki yang merupakan calon presiden (capres). Dia tidak sendirian. Loki ini membawa sepasukan varian Loki dan menyerbu bunker itu.
Sebuah Istana Misterius Muncul di Akhir Episode 5 Loki

Loki Klasik pun kesal dengan kedatangan Loki capres tersebut. Lebih kesal lagi ketika tahu bahwa Loki Sombonglah yang telah memberikan lokasi bunker tersebut kepada Loki capres. Usut punya usut, mereka punya kesepakatan. Loki capres akan memberikan takhta bunker itu kepada Loki Sombong dan Loki Sombong akan memberikan pasukan untuk Loki capres. Namun, ya, namanya juga Loki, pengkhianatan selalu ada. Loki capres menolak memberikan takhta kepada Loki Sombong dan mengklaim mendapatkan takhta dan pasukan. Namun, varian Loki yang dia bawa tak terima. Kekacauan terjadi. Loki, Loki Klasik, Kid Loki dan Loki Aligator lari dari tempat itu.

6. Sylvie hapus dirinya sendiri
Sebuah Istana Misterius Muncul di Akhir Episode 5 Loki

Di TVA, Sylvie terus mendesak Ravonna untuk mengatakan yang sebenarnya kepadanya. Namun, Ravonna sepertinya selicik Loki. Dia berusaha menyelamatkan dirinya dengan berpura-pura membantu Sylvie dengan cara mengulur waktu hingga pasukan TVA datang untuk menolongnya. Namun, Sylvie lebih cerdas.

Sylvie merampas TemPad Ravonna dan membawa tongkat TVA ke balik mimbar. Ravonna kemudian menyuruh Sylvie agar menyerah. Namun, Sylvie muncul dari mimbar, mengarahkan tongkat TVA ke tubuhnya dan menghilang.

Baca Juga: Teori: TVA Serial Loki Berada di Kota di Dunia Kuantum Ant-Man 2

7. Agenda Ravonna
Sebuah Istana Misterius Muncul di Akhir Episode 5 Loki

Ravonna terbukti menjadi salah satu sosok yang penuh teka teki di Loki. Menjabat sebagai hakim di TVA, Ravonna bertanggung jawab atas apa yang terjadi di TVA. Di episode 4, dia menghapus Loki dan mengirimnya ke The Void. Akibatnya, dia pun disandera Sylvie. Demi menyelamatkan dirinya, Ravonna pun berusaha merayu Sylvie. Dia mengatakan, dia tidak tahu siapa yang berada di balik TVA dan Time-Keepers yang ternyata adalah palsu.

Di episode 5, Ravonna mengaku tidak tahu apa-apa tentang Time-Keepers dan TVA. Dia meminta Miss Minutes untuk menyediakan dokumen tentang sejarah terjadinya waktu untuknya. Dia terlihat menyunggingkan senyum ketika Miss Minutes pergi. Belum diketahui agenda Ravonna untuk saat ini. Namun, merunut sejarahnya di komik, Ravonna punya kaitan erat dengan Kang the Conquer yang diduga sebagai pencipta Time-Keepers dan TVA di MCU. Kang diperankan Jonathan Majors dan akan debut di Ant-Man and the Wasp: Quantumania . Namun, siapa tahu?

8. Mobius
Sebuah Istana Misterius Muncul di Akhir Episode 5 Loki

Setelah dihapus TVA di episode 4, Mobius juga “dibuang” ke The Void. Di tempat itu, dia membantu Sylvie kabur dari ancaman Alioth. Keduanya kemudian bertemu Loki yang baru saja melarikan diri dari bunker bersama Loki Klasik, Kid Loki dan Loki Aligator. Dia pun terlihat lega saat melihat Loki. Ketika sedang bersama Loki Klasik, Kid Loki dan Loki Aligator, Mobius menceritakan mengapa dia getol mengejar Loki. Mobius kemudian diberi TemPad oleh Sylvie. Mobius pun kembali ke TVA untuk mengungkapkan kebenaran.

9. Rencana Sylvie
Sebuah Istana Misterius Muncul di Akhir Episode 5 Loki

Sylvie berencana untuk memantrai Alioth sehingga dia bisa menembus awan ungu gelap itu dan menguak siapa yang ada di belakangnya sebelum kembali ke TVA. Rencana Sylvie ini lebih matang ketimbang rencana Loki. Awalnya, Loki berencana untuk menghancurkan Alioth dengan menusuk jantung atau pusatnya. Namun, rencana itu dianggap gila oleh varian lainnya. Rencana Sylvie memang tak masuk akal. Namun, Sylvie merasakan ada ikatan antara dia dan Alioth ketika makhluk itu mengejarnya setibanya dia di The Void. Loki memutuskan untuk membantunya. Kid Loki meminjamkan pedangnya untuk Loki.
Sebuah Istana Misterius Muncul di Akhir Episode 5 Loki

Berdua, Loki dan Sylvie berusaha memantrai Alioth. Loki awalnya ragu karena dia tidak tahu cara untuk memantrai. Namun, Sylvie mengatakan, dia akan bisa melakukannya. Ketika mereka berusaha untuk bisa memegang cabang Alioth, Loki Klasik muncul untuk mengalihkan perhatian Alioth. Dia menggunakan kekuatannya untuk menciptakan ilusi Asgrad dan membuat Alioth mengejarnya. Namun, tenaga Loki Klasik pun terkuras karena menggunakan kekuatannya itu. Alioth pun melahapnya.

Baca Juga: Teori Avengers 5: Kang the Conqueror Bakal Jadi Musuh Utama?

10. Istana misterius di balik Alioth
Sebuah Istana Misterius Muncul di Akhir Episode 5 Loki

Loki dan Sylvie berhasil memegang cabang Alioth. Sylvie pun memantrainya. Loki berusaha keras untuk memantrai cabang tersebut. Keduanya pun berhasil. Begitu mantra masuk, awan ungu itu memudar dan terbuka. Warnanya pun berubah hijau berkat mantra kedua orang tersebut. Ketika awan itu kian terbuka, maka terlhatlah sebuah istana misterius di belakangnya. Belum diketahui istana apa itu. Namun, sejumlah teori menyebut kalau istana itu adalah Chronopolis, tempat tinggal Kang the Conqueror. Jika ini benar, maka kehadiran serial Loki akan menguatkan teori bahwa Kang akan menjadi musuh utama Avengers di Fase 4 MCU .


(alv)
Share: