Teori: TVA Serial Loki Berada di Kota di Dunia Kuantum Ant-Man 2

Teori: TVA Serial Loki Berada di Kota di Dunia Kuantum Ant-Man 2
Sebuah teori menyebut kalau Otoritas Variasi Waktu (TVA) yang ada di serial Loki berlokasi di Dunia Kuantum berupa kota yang terlihat di Ant-Man and the Wasp. (ABSWorld news)
Salah satu misteri di serial Loki adalah lokasi Otoritas Variasi Waktu (TVA). Tempat ini disebut berada di kawasan yang disebut Zona Waktu Kosong. Namun, di mana tepatnya lokasi tersebut, belum jelas hingga episode 3 tayang di Disney+. Salah satu teori yang populer menyebut kalau TVA adalah kota misterius yang muncul di Dunia Kuantum di Ant-Man and the Wasp yang dirilis pada 2018.

Sampai saat ini, TVA masih menjadi misteri tersendiri di Loki. Tempat itu lebih banyak menimbulkan pertanyaan ketimbang memberikan jawaban. Lembaga ini sejatinya bertugas sebagai penjaga Linimasa Keramat di Marvel Cinematic Universe MCU) , tapi para dewa TVA, Time-Keepers, belum pernah terlihat. Sampai saat ini, belum jelas siapa yang sebenarnya menarik untung dari Linimasa Keramat.

Baca Juga: Serial Loki Perkenalkan TVA ke MCU, Ini Penjelasannya

Loki segera tahu kalau semuanya tidak seperti yang terlihat di TVA. Di tempat itu, sihirnya tidak berlaku. Bahkan, Batu Keabadian tidak ada gunanya sama sekali. TVA juga memiliki teknologi yang aneh. Teknologi ini membuat para agen mereka bisa menjelajah waktu dan menghapus peristiwa yang tidak sejalan dengan dengan rencana misterius Time-Keepers. Meski aneh, karyawan TVA tetap mematuhi perintah itu tanpa bertanya. Selain itu, waktu juga bergerak secara berbeda di TVA. Ini menyebabkan teori baru dari para penggemar Loki.
Teori: TVA Serial Loki Berada di Kota di Dunia Kuantum Ant-Man 2

Dari TikTok, teori itu menyebutkan, TVA versi MCU ini adalah kota yang berada di Dunia Kuantum. MCU juga berulang kali menyatakan kalau waktu bergerak secara berbeda di Dunia Kuantum—per Ant-Man and the Wasp dan Avengers: Endgame . Di Loki, Mobius M Mobius (Owen Wilson), mengatakan kepada Loki (Tom Hiddleston) kalau waktu berjalan secara berbeda di TVA. Karena waktu bekerja secara berbeda di kedua tempat itu, maka masuk akal kalau TVA bisa jadi berlokasi di Dunia Kuantum. Yang mendukung teori ini, Loki memperlihatkan kalau TVA adalah sebuah kota, sementara Ant-Man and the Wasp menampilkan pemandangan sekilas sebuah kota di Dunia Kuantum. Para penggemar menyatukan kepingan-kepingan itu dan percaya kalau kota rahasia di sekuel Ant-Man itu adalah lokasi TVA.

Baca Juga: Episode 3 Loki Konfirmasikan Seksualitas Loki dan Sosok Sylvie

Menurut ScreenRant, ide itu nyaris lebih mirip fakta ketimbang teori. Dunia Kuantum sudah dipakai Avengers untuk menjelajahi waktu di Avengers: Endgame, jadi masuk akal jika TVA juga menggunakannya. Dengan waktu yang bekerja secara berbeda di Dunia Kuantum dan TVA, maka masuk akal jika mengira kalau mereka ada di lokasi yang sama di MCU. Ant-Man and the Wasp: Quantumania juga sepertinya menjadi petunjuk yang mengaitkan TVA ke Dunia Kuantum. Kang the Conqueror yang bakal diperankan Jonathan Majors di film tersebut adalah penjelajah waktu jahat di dunia komik Marvel. Dia akan menjadi penjahat di film tersebut. serial Loki telah menampilkan sejumlah petunjuk tentang Kang the Conqueror yang mungkin mengindikasikan kaitan dengan TVA dan Quantumania sepertinya mengindikasikan kalau Kang akan menggunakan Dunia Kuantum untuk menjelajah waktu.
Teori: TVA Serial Loki Berada di Kota di Dunia Kuantum Ant-Man 2

Di MCU, tidak ada yang tampil seperti apa yang terlihat. Sementara sutradara Ant-Man and the Wasp Peyton Reed telah mengakui kalau ada kota misterius di Dunia Kuantum, itu bisa jadi bukan apa-apa selain telur Paskah yang tidak dipakai. Dunia Kuantum juga sangat tidak stabil, jadi perjalanan waktu TVA bisa mengindikasikan kalau tempat itu ada di luar dimensi subatom di sebuah lokasi yang lebih aman. MCU juga punya kencenderungan memberikan misleading kepada para penggemarnya. Dari Mysterio yang ternyata adalah mantan karyawan yang marah pada Stark Industries di Spider-Man: Far From Home , hingga Mandarin di Iron Man yang hanya menjadi umpan, jarang kalau apa pun langsung diungkapkan. Dengan Loki adalah Dewa Penipu, satu-satunya yang pasti di serial ini adalah dusta.


(alv)
Share: