Episode 4 Loki Buktikan Time-Keepers Hanyalah Tipuan

Kamis, 01 Juli 2021 - 03:41 WIB
loading...
Episode 4 Loki Buktikan Time-Keepers Hanyalah Tipuan
Episode 4 Loki mengungkapkan fakta yang mengejutkan tentang Time-Keepers. Makhluk yang diklaim kuat dan berkuasa ini tak lain dan tak bukan hanyalah tipuan. (Screen Grab/Disney+ Hotstar)
A A A
Episode 4 Loki akhirnya memunculkan sosok asli Time-Keepers. Namun, tak seperti yang sebelumnya didengungkan kalau makhluk-makhluk ini sangat kuat dan berkuasa, Time-Keepers terbukti hanyalah tipuan. Pertanyaannya sekarang adalah siapa yang sebenarnya mengendalikan Otoritas Varian Waktu (TVA)?

PERHATIAN: Artikel ini berisi spoiler Episode 4 serial Loki yang sedang tayang di Disney+ Hotstar! Kalian sudah diperingatkan!

Serial Loki memperkenalkan keberadaan TVA yang bekerja untuk menghapus cabang realitas dan mencegah terjadinya multiverse baru. TVA diperintah oleh trio makhluk kuat yang disebut Time-Keepers. Mereka mengklaim naik kuasa dari perang Multiversal terakhir. Kemunculan mereka di serial Loki hanyalah masalah waktu.



Sylvie sangat berhasrat untuk menghadapi mereka dan membuat mereka membayar atas kekacauan yang terjadi pada hidupnya. Sementara, Loki punya hasrat untuk mengambil alih kekuasaan mereka. Time-Keepers sepertinya tahu ancaman para varian Loki ini. Ravonna Renslayer mengatakan, Time-Keepers tertarik pada kasus varian Loki ini. Di episode 4, Ravonna membawa Loki dan Sylvie ke hadapan mereka. Namun, semuanya jadi kacau. Dikutip dari ScreenRant, berikut penjelasan terkait apa yang terjadi pada Time-Keepers di episode 4 Loki.

1. Ini yang terjadi di episode 4 Loki
Episode 4 Loki Buktikan Time-Keepers Hanyalah Tipuan

TVA biasanya memvonis varian dengan penghancuran lewat tongkat mereka, tapi Loki sepertinya menyebabkan banyak masalah sampai Time-Keepers ingin bertemu mereka secara langsung. Di episode 4, keinginan itu jadi kenyataan. Ravonna membawa Loki dan Sylvie langsung ke hadapan mereka sebelum dua orang itu dihancurkan dari linimasa.

“Apa yang ingin kalian sampaikan ke diri kalian sebelum mati, Varian?” tanya salah satu Time-Keepers.
Episode 4 Loki Buktikan Time-Keepers Hanyalah Tipuan

Time-Keepers, seperti yang dikatakan Ravonna, sangat ingin menyaksikan langsung eksekusi dua Loki yang dituduh telah mengancam integritas Linimasa Keramat tersebut. Namun, Sylvie punya pandangan lain. Dia merasa, Time-Keepers takut, terganggu karena rezim mereka terancam. Time-Keepers menjatuhkan vonis mereka dengan memvonis Loki dan Sylvie dihapus dari linimasa. Namun, kehadiran Hunter B-15 mengubah segalanya. Hunter-15 tahu kebenaran tentang TVA dan dirinya dari Sylvie. Dia tahu bahwa dia dan agen lain di TVA adalah varian, yang dicuri dari linimasa di mana dia bahagia dan dicuci otak untuk melayani Time-Keepers. Dia juga tahu kalau dua dewa penipu itu adalah pilihan terbaiknya untuk menggulingkan para “dewa” tirani tersebut.
Episode 4 Loki Buktikan Time-Keepers Hanyalah Tipuan

Ravonna dan agennya berusaha melakukan yang terbaik untuk melindungi Time-Keepers, tapi gagal. Sylvie bahkan berhasil memenggal salah satu Time-Keepers tersebut. Loki dan Sylvie kemudian tahu kebenaran yang mengejutkan dari peristiwa ini: Time-Keepers sebenarnya adalah android tanpa pikiran, lebih seperti wayang yang dimainkan dalang di balik TVA. Namun, Ravonna sepertinya tidak kaget dan justru menghapus Loki dari linimasa.
Episode 4 Loki Buktikan Time-Keepers Hanyalah Tipuan

Detil kecil di episode 4 Loki ini sudah mengindikasikan kalau Time-Keepers itu hanyalah sebuah kebohongan. Di situ, cahaya di koridor tempat Time-Keepers berbeda dengan struktur lainnya. Koridor ke tempat mereka berwarna emas, yang mengingatkan kepada jalan bata kuning di The Wizard of Oz yang membawa Dorothy ke Great, All Powerful Oz, yang ternyata hanyalah tipuan. Ketika gorden disingkap di The Wizard of Oz, Dorothy tahu kalau penyihir itu adalah mesin yang dioperasikan manusia biasa yang menggunakan teknologi untuk menciptakan ilusi supremasi. Di Loki, Loki dan Sylvie ada di posisi Dorothy. Bedanya, di Loki, tirainya disingkap dengan cara yang lebih keras.



2. Mengapa Time-Keepers palsu?
Episode 4 Loki Buktikan Time-Keepers Hanyalah Tipuan

TVA yakin kalau mereka diciptakan Time-Keepers untuk mengatur Linimasa Keramat. Namun, episode 3 Loki sudah mulai memecah klaim itu. Di episode itu, Sylvie megatakan, kalau seluruh agen TVA adalah varian yang diambil dari linimasa dan dipaksa menjadi abdi Time-Keepers. Ini mengindikasikan kalau klaim supremasi Time-Keepers sudah dibesar-besarkan. Mereka juga tidak sekuat yang mereka ingin orang percaya. Kini, para Loki sudah tahu kalau Time-Keepers tidak ada sama sekali dan segala yang mereka ajarkan kepada TVA juga diperkirakan adalah dusta.
Episode 4 Loki Buktikan Time-Keepers Hanyalah Tipuan

Pengungkapan ini merombak tujuan TVA. Mereka percaya kalau peran mereka adalah mencegah munculnya multiverse baru dengan menghapus semua cabang. Namun, ini sepertinya mereka adalah alat yang fungsinya adalah memastikan kalau Linimasa Keramat berjalan sesuai keinginan majikan mereka. Ini adalah orang yang membayangkan diri mereka sebagai dewa, yang ingin menguasai linimasa, tapi yang ingin berkuasa dari bayangan melalui proxy. Poin terakhir ini sepertinya berarti kalau varian mereka ada di Linimasa Keramat dan seluruh rumah mereka akan roboh kalau mereka menggunakan nama asli mereka.

3. Pencipta Time-Keepers
Episode 4 Loki Buktikan Time-Keepers Hanyalah Tipuan

Semua peristiwa di episode 4 itu menimbulkan pertanyaan: jika Time-Keepers adalah wayang, lantas siapa dalang Loki? Secara alamiah, para penonton akan menunjuk Kang the Conqueror . Dia adalah seorang penjahat penjelajah waktu yang akan diperankan Jonathan Major di ranah Marvel Cinematic Universe (MCU) . Teknologi TVA saat ini mirip dengan teknologi Chronopolis, kota di luar waktu tempat Kang berkuasa. Di komik, dia sangat terkait Ravonna Renslayer. Jonathan sudah membantah kabar kalau dia akan tampil di Loki, tapi ini tidak akan menjadi kali pertama bagi seorang aktor Marvel berbohong untuk menyesatkan para penonton. Kang jelas merupakan taruhan logis karena dia mempunyai semua teknologi yang akan dibutuhkan untuk menciptakan sesuatu seperti TVA. Namun ada satu masalah dengan teori ini. Fase 4 MCU sepertinya mengambil pendekatan akurat komik. Seluruh inkarnasi Kang adalah bangga dan arogan, menginginkan rezim dan memerintah untuk dirayakan. Ini rasanya bukanlah karakter bagi Kang mana pun untuk menyembunyikan identitasnya di balik Time-Keepers.
Episode 4 Loki Buktikan Time-Keepers Hanyalah Tipuan

Kemungkinan lain yang terbuka lebar adalah adanya Loki lain. Tiap inkarnasi Loki menganggap diri mereka dewa, mengingikan kekuasaan dan pemerintahan. Seluruh tipun ini mirip seperti seorang Loki. Nyatanya, ada paralel dengan Thor: Ragnarok di mana Thor menemukan Loki memerintah Asgard dengan tipuan yang sama. Lebih dari itu, ini akan menjelaskan mengapa TVA ditugaskan untuk menghadapi Loki, makhluk yang diidentifikasikan sebagai ancaman potensial terhadap rezimnya—karena dia tahu kemampuan mereka. Dengan asumsi bahwa Linimasa Keramat ini nyata, dia yang memastikan jalannya linimasa utama adalah Loki yang mati di tangan Thanos di Avengers: Infinity War , menghancurkan seluruh cabang yang tidak terjadi dan mencegah adanya penantang. Ini akan menjadi twist menarik dengan membuat Loki menjadi pahlawan dan penjahat di serial TV-nya sendiri.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1848 seconds (0.1#10.140)