Serial Loki Perkenalkan TVA ke MCU, Ini Penjelasannya

Serial Loki Perkenalkan TVA ke MCU, Ini Penjelasannya
Otoritas Variasi Waktu (TVA) yang bertugas melindungi aliran waktu di komik Marvel debut di MCU di serial Loki yang episode perdananya tayang hari ini di Disney+. (syfy)
Serial Loki yang akan tayang mulai hari ini, Rabu (9/6), di Disney+ Hotstar akan memperkenalkan Otoritas Variasi Waktu (TVA) versi Marvel Cinematic Universe (MCU) . TVA adalah organisasi kuat yang bertugas melindungi aliran waktu. Organisasi ini akan banyak terlibat dalam sepak terjang Loki sepanjang serial ini berjalan.

Untuk kali pertama, MCU akan memperkenalkan sederet karakter dan cerita baru di Loki. Loki terakhir kali terlihat di Avengers: Endgame (2019). Di film itu, Loki sepertinya mengganggu sejarah MCU dengan mencuri Tesseract dan kabur dari momen di The Avengers (2012) ketika dia dan Tesseract ditangkap. Di The Avengers, Thor kemudian membawa Loki dan Tesseract ke Asgard di mana Loki dipenjara. Namun, Loki bukannya menulis ulang masa depan, tapi dia menciptakan linimasa alternatif. Karena itulah, Loki di serial ini disebut variant Loki—versi Loki yang sejarahnya mengikuti jalur berbeda dari linimasa utama MCU yang di serial ini disebut Linimasa Keramat. Karenanya, variant Loki ini menarik perhatian TVA yang jelas tidak suka dengan kegilaan Loki.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Loki Bisa Menjadi Penjahat Terbesar di Marvel

Selain itu, TVA juga memiliki kaitan erat dengan Kang the Conqueror. Tokoh ini pernah disebut-sebut bakal menjadi salah satu villain terkuat di MCU setelah Thanos. Tema penjelajahan waktu dan multiverse cocok untuk menghadirkan tokoh ini. Lantas, siapakah sebenarnya TVA dan apa kaitannya dengan Loki dan Kang? Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya!



1. TVA di komik Marvel
Serial Loki Perkenalkan TVA ke MCU, Ini Penjelasannya

Sejarah terbentuknya TVA di komik Marvel tidaklah jelas. Otoritas ini diciptakan Walt Simonson dan Sal Buscema dan debut di komik Thor #372 yang dirilis pada 1986. Secara umum, TVA bertanggung jawab untuk mengawasi multiverse, memonitor seluruh realitas, dan menelusuri semesta baru yang muncul. Kalau sebuah linimasa dianggap terlalu berbahaya bagi multiverse, mereka bisa melakukan tindakan keras dengan menghapus linimasa tersebut. Markas TVA terletak di sebuah tempat bernama Zona Waktu Kosong, yang berada di dimensi kantong di luar waktu.

TVA memiliki banyak agen. Sebagian besar dari mereka menggunakan titel Justice, termasuk Justice Peace, Justice Love dan lain-lain. Meski begitu, terkadang, TVA menggunakan agen luar seperti Thor atau pemburu hadiah antariksa sibernetik Death’s Head. Seluruh pegawai mereka secara genetis dibuat untuk pekerjaan spesifik mereka. Di Loki, agen yang juga eksekutif level tinggi di TVA, Mobius M Mobius, tampil dengan diperankan Owen Wilson. Tokoh ini dibuat berdasarkan mendiang editor/penulis Marvel bernama Mark Gruenwald. Dia dikenal atas pengetahuan luasnya mengenai sejarah Marvel.

Baca Juga: 6 Karakter dan Pemeran Utama yang Tampil di Serial Loki



Sementara TVA mengklaim kalau mereka memiliki otoritas mutlak atas multiverse, ini sebenarnya tidaklah benar. Mereka punya batasan jangkauan dan kekuasaan serta penantang terhadap peraturan mereka. Penjaga Waktu (Time-Keepers) juga ada di komik. Mereka adalah tiga makhluk yang diciptakan direktur terakhir TVA—yang dikenal sebagai He Who Remains—di akhir waktu untuk mengabdi sebagai pengawas kesejahteraan aliran waktu di seluruh semesta dan linimasa. Di salah satu realitas, penciptaan Time-Keepers juga menyebabkan terciptanya kembaran jahat mereka, yaitu Time-Twisters. Keseluruhan situasi ini sangat kompleks. Terlebih, Time-Keepers tidak selalu berada di sisi yang benar.

2. TVA di MCU
Serial Loki Perkenalkan TVA ke MCU, Ini Penjelasannya

TVA dan Time-Keepers belum benar-benar debut di MCU selain di serial Loki. Selain itu, karena nyaris tidak ada batasan kemungkinan cerita yang diangkat dari komik berkat urusan TVA di linimasa alternatif, nyaris mustahil untuk menebak semua alasan yang membawa TVA dan Time-Keepers ke MCU. Namun, dengan mempertimbangkan koneksi komik level permukaan, ada banyak yang bisa dilihat.

Dikutip dari GamesRadar, masuknya Mobius M Mobius yang diperankan Owen Wilson di serial Loki adalah salah satu cara melihat ke mana arah TVA di MCU. Mobius adalah salah satu karyawan paling kondang di TVA dan merupakan tribute untuk mendiang Mark Gruenwald. Selain itu, Time-Keepers juga muncul di serial ini. Ini membuka pintu bagi lebih banyak potensi koneksi komik.

Sebagai sebuah lembaga dengan akses ke seluruh ruang dan waktu, TVA bisa berperan sebagai jembatan untuk memasukkan Deadpool ke MCU. Ada koneksi komik di sini. Selain itu, busur cerita besar pertama TVA ada di Fantastic Four, franchise yang bakal debut di MCU. TVA bisa menjadi jendela bagi masuknya Reed Richards dan kawan-kawannya.

Baca Juga: 4 Istilah Baru di Dunia MCU yang Bakal Muncul di Serial Loki

Sementara, di sisi Time-Keepers, jelas ada koneksi dengan musuh mereka, Kang the Conqueror. Tokoh ini bakal menjadi penjahat di Ant-Man and the Wasp: Quantumania . Kang akan diperankan John Majors. Lalu, ada diri Kang yang lebih tua, yaitu Immortus, yang merupakan agen Time-Keepers.

WandaVision sudah menyentuh cerita yang secara langsung melibatkan Immortus dan Time-Keepers. Wanda akan tampil di Doctor Strange in the Multiverse of Madness dan presiden Marvel Studios Kevin Feige mengatakan kalau Loki juga akan terkait Multiverse of Madness. Dari ini, banyak implikasi potensi cerita hanya dengan menunjuk asosiasi di sejarah komik. Spider-Man: No Way Home juga memiliki implikasi multiverse dan terkait sekuel Doctor Strange.

Selain itu, Marvel juga akan merilis serial She-Hulk di Disney+. Dengan sejarah She-Hulk dan TVA, ada alasan untuk percaya kalau Time-Keepers juga akan muncul di sini. Terakhir, ada Thor. Dengan sejarah koneksi Thor dengan TVA dan Time-Keepers—diawali di komik dengan kakak Thor, Balder (kemungkinan akan diperankan Russell Crowe di Thor: Love and Thunder) merebut takhta Asgard. Karena monarki dan kepemimpinan Asgard saat ini berada di bawah Valkyrie yang berusaha mencari seorang ratu, TVA atau Time-Keepers bisa terlibat.

3. Loki dan TVA
Serial Loki Perkenalkan TVA ke MCU, Ini Penjelasannya

TVA adalah organisasi yang bekerja untuk melindungi dan mempertahankan integritas linimasa multiverse. Mereka pun cukup terampil dalam pekerjaan mereka dan punya banyak sumber daya. Namun, ini tidak menghentikan Loki versi serial ini untuk mengacaukan apa pun yang mereka kerjakan dengan sungguh-sungguh. Menurut TVA, ketika Loki mencuri Tesseract dan menghilang saat aksi gagal di tahun 2012 yang dilakukan Avengers di Avengers: Endgame, peristiwa ini terlihat telah mengubah aliran waktu menjadi buruk.

Di serial Loki, akan muncul sejumlah variant lain Loki dan semesta lain. Ini memunculkan pertanyaan apakah mengganggu aliran waktu adalah yang dilakukan para Loki di seluruh semesta. Kalau seperti itu, maka tidak heran kalau TVA terus mengawasi versi Loki apa pun yang ada. Sehingga, mereka pun bisa tahu apa yang dilakukan Loki. Loki memang bukan orang paling jahat di multiverse, tapi dia juga bukan orang yang mengutamakan kepentingan orang lain.

Baca Juga: Teori Avengers 5: Kang the Conqueror Bakal Jadi Musuh Utama?

4. TVA dan Kang the Conqueror
Serial Loki Perkenalkan TVA ke MCU, Ini Penjelasannya

Kang the Conqueror adalah salah satu penjahat terkuat di komik Marvel. Dia akan diperkenalkan di MCU lewat Ant-Man and the Wasp: Quantumania yang dijadwalkan dirilis pada 2022. Dikutip dari ScreenRant, Kang paling sering digambarkan sebagai penjahat. Dia sebenarnya merupakan keturunan Reed Richards yang bernama Nathaniel. Meskipun ada yang meragukan kalau fakta ini akan tetap dipertahankan di MCU karena Fantastic Four belum jadi apa-apa di sini. Nathaniel sudah memakai banyak identitas selama bertahun-tahun, tapi Kang adalah yang paling kondang. Dia adalah warlord dari masa depan yang menggunakan teknologi canggihnya untuk kembali dan menakhlukkan masa lalu.

Karena Kang mempunyai teknologi yang dibutuhkan untuk menjelajah waktu, dia pun acap kali berhadapan dengan TVA dan sering kali berselisih dengan mereka karena masalah waktu. Kang adalah musuh berbahaya sehingga TVA tidak bisa hanya menghapusnya atau mengabaikannya. TVA dam Kang pun sering kali bertentangan. Yang menarik, diri masa lalu dan masa depan Kang juga kadang saling bertentangan. Dengan Kang akan bergabung MCU tahun depan dan TVA diperkenalkan di serial Loki, ada kaitan alamiah kalau satu debut akan bertindak untuk membangun debut lainnya. Apalagi, TVA sepertinya tidak akan mundur dan terlibat kalau Kang berusaha menakhlukkan realitas utama MCU.



(alv)
Share: