Time-Keepers Muncul, Loki Dihapus dari Linimasa di Episode 4 Loki

Rabu, 30 Juni 2021 - 23:36 WIB
loading...
Time-Keepers Muncul, Loki Dihapus dari Linimasa di Episode 4 Loki
Episode 4 Loki akhirnya memperlihatkan Time-Keepers kepada para penggemarnya. Namun, pengungkapan ini juga harus dibayar mahal oleh Loki dan juga Mobius. (Foto-Foto: Screen Grab/Disney+ Hotstar)
A A A
Episode 4 Loki memberikan banyak kejutan bagi para penggemarnya. Meski berdurasi tak kurang dari 30 menit, tapi episode ini adalah yang paling intens sepanjang perjalanan serial ini di Disney+ Hotstar . Kebenaran tentang Otoritas Variasi Waktu (TVA) dan Time-Keepers mulai terkuak di sini. Namun, implikasinya jauh dari itu. Adegan pascakredit memberikan petunjuk yang menarik.

PERHATIAN: Artikel ini berisi spoiler Episode 4 serial Loki yang sedang tayang di Disney+ Hotstar! Kalian sudah diperingatkan!

Di episode sebelumnya , Loki dan variannya, Sylvie terdampar di bulan planet Lamentis, Lamentis-1, yang bakal hancur. Episode 4 memberikan lanjutan atas nasib kedua orang tersebut. Selain itu, apa yang terjadi di TVA juga menjadi fokus pada episode ini. Apa yang terjadi di serial ini bakal mempengaruhi masa depan Marvel Cinematic Universe (MCU) .



Memori masa lalu menjadi salah satu bumbu di episode ini. Di sini, masa kecil Sylvie pun terungkap. Dia memang tinggal di Asgard. Namun, saat dibawa ke TVA, dia berhasil kabur. Dari sinilah, Sylvie memulai perjalanannya untuk menghancurkan TVA, sekaligus menggulingkan Time-Keepers. Dari perjalanannya itu pula, Sylvie tahu kalau seluruh personel TVA adalah varian. Ini bakal menjadi titik penting di episode 4 Loki. Lantas apa saja yang terjadi di episode ini? Berikut ulasannya!

1. Loki dan Sylvie kembali ke TVA
Time-Keepers Muncul, Loki Dihapus dari Linimasa di Episode 4 Loki

Loki dan Sylvie masih terdampar di Lamentis-1. Keduanya sudah pasrah dengan apa yang terjadi pada diri mereka. Saat itulah, Sylvie mulai menceritakan apa yang terjadi padanya. Ketika dia masih kecil, Minuteman TVA, yang dipimpin Ravonna Rennslayer membawanya pergi dari Asgard. Di TVA, Sylvie diadili. Namun, dia berhasil mencuri TemPad Rennslayer dan melarikan diri. Sejak saat itu, dia mulai tahu kalau TVA dan Time-Keepers mengincarnya.

Di TVA, Mobius dan Hunter B-15 berusaha menemukan Loki dan Sylvie. Lewat garis cabang yang aneh di linimasa utama, dua orang itu pun tahu lokasi Loki dan Sylvie. Ketika Lamentis-1 hendak hancur, dua portal terbuka. Agen TVA datang ke bulan itu dan menangkap Loki dan Sylvie. Mobius langsung membawa Loki ke tempat pemeriksaannya. Sedangkan Hunter B-15 membawa Sylvie. TVA kembali memasangkan kalung pengendali ke leher Loki dan Sylvie.

2. Loki ungkapkan kebenaran kepada Mobius
Time-Keepers Muncul, Loki Dihapus dari Linimasa di Episode 4 Loki

Mobius yang kesal pada Loki mengirimnya ke sel waktu. Loki mengenali tempat itu sebagai salah satu tempat di Asgard. Bukannya bersenang-senang, Loki malah diserang Lady Sif yang kesal karena Loki memotong rambutnya. Ini adalah penampilan pertama Sif sejak Thor: The Dark World beberapa tahun silam. Mobius juga menempatkan time loop di sel tersebut. Adegan ini mirip seperti ketika Doctor Strange menghadapi Dormammu ketika dia menggunakan Batu Waktu untuk mencegah Dormammu memakan Bumi.
Time-Keepers Muncul, Loki Dihapus dari Linimasa di Episode 4 Loki

Loki kemudian berusaha menarik perhatian Mobius. Dia sadar kalau dia dihukum. Dia kemudian menyebutkan kalau Mobius telah ditipu TVA. Menurut Loki, Mobius adalah varian. Dia pernah hidup di masa lalu dan punya kenangan terhadap indahnya hidup. Namun, semua ingatan masa lalunya itu telah dihapus oleh TVA dan Time-Keepers. Mobius berangsur-angsur percaya pada perkataan Loki.



3. Ravonna Rennslayer temui Time-Keepers
Time-Keepers Muncul, Loki Dihapus dari Linimasa di Episode 4 Loki

Episode 4 dibuka dengan adegan Ravonna Rennslayer masuk ke lift emas dan bertemu Time-Keepers. Sosok tiga Time-Keepers pun terkuak. Meski tidak terlalu jelas, tapi seperti apa mereka bakal terungkap di bagian akhir episode ini.

Ravonna adalah pembantu Time-Keepers yang paling setia. Dia tahu banyak tentang mereka tapi tidak membaginya dengan para personel lain TVA, termasuk Mobius yang sangat dekat dengannya. Namun, ketika Mobius mulai mempertanyakan keberadaannya di TVA setelah menangkap Loki, Ravonna pun tak menyangka apa yang akan dilakukan Mobius. Ketika dia mengundang Mobius ke kantornya untuk minum dan membahas kasus Loki, Mobius menukar TemPadnya.

4. Hunter B-15 mulai menyadari siapa dirinya
Time-Keepers Muncul, Loki Dihapus dari Linimasa di Episode 4 Loki

Kehadiran Loki dan Sylvie kembali ke TVA justru menimbulkan masalah tersendiri. Loki yang tahu kalau seluruh pegawai TVA adalah varian mulai mempengaruhi pikiran Mobius. Di sisi lain, Sylvie mulai membuat Hunter B-15 memikirkan semuanya.
Time-Keepers Muncul, Loki Dihapus dari Linimasa di Episode 4 Loki

Di episode 2 , Sylvie sempat masuk ke tubuh Hunter B-15. Saat itulah, Sylvie memantrainya dan membuat memori masa lalu Hunter B-15 muncul. Teknik ini dipakai Sylvie kepada Hunter C-20 untuk mencari tahu lokasi Time-Keepers. Apa yang terjadi di episode 2 itu ternyata mengganggu pikiran Hunter B-15. Saat bertugas memeriksa Sylvie, dia justru meminta varian itu untuk memantrainya. Dia membawa Sylvie ke Roxxcart. Di tempat itu, Sylvie memantrainya. Hunter B-15 kembali mendapatkan memorinya. Dia pun merasa bahagia dan sedih. Kini, Hunter B-15 tahu apa yang terjadi pada dirinya. Tanpa harus tahu kalau semua orang di TVA adalah varian, dia memecahkan teka tekinya sendiri.

5.TVA hapus Mobius dari linimasa
Time-Keepers Muncul, Loki Dihapus dari Linimasa di Episode 4 Loki

Mobius yang mulai curiga dengan TVA, menukarkan TemPad-nya dengan TemPad Rennslayer. Ketika dia memutar TemPad itu, Mobius jadi tahu apa yang sesungguhnya terjadi. Salah satu misteri yang dia pecahkan adalah Hunter C-20. Pemburu yang disandera Sylvie di episode 1 dan 2 itu ternyata tahu kalau dirinya adalah varian. Dia mengatakan apa yang terjadi padanya ketika Sylvie memantrainya. Sayang, Rennslayer memerintahkan agar C-20 dihilangkan dari peredaran. Status C-20 adalah meninggal dunia.

Ketika Mobius menjemput Loki dari sel waktu, di ruangan itu, sudah berdiri Rennslayer dan sejumlah Minuteman. Di sel waktu, Mobius mengatakan kalau dia percaya dengan semua ucapan Loki setelah dia melihat rekaman mengenai C-20. Rennslayer terlihat marah kepada Mobius yang telah menukar TemPad-nya. Mobius berusaha menjelaskan tentang apa yang dia ketahui tentang TVA. Rennslayer mengabaikannya. Dia malah menyuruh salah satu Minuteman untuk menghapus Mobius. Dia pun menghilang dari linimasa. Loki terlihat kaget dan sedih atas peristiwa tersebut.



6. Rennslayer bawa Loki dan Sylvie temui Time-Keepers
Time-Keepers Muncul, Loki Dihapus dari Linimasa di Episode 4 Loki

Rennslayer kemudian membawa Loki dan Sylvie ke hadapan Time-Keepers. Sebelumnya, Rennslayer telah mengatakan jika Time-Keepers ingin melihat secara langsung bagaimana Loki dan Sylvie dihapus dari linimasa selamanya. Namun, Sylvie telah memiliki rencananya sendiri sejak awal. Dia menantang Time-Keepers. Namun, Rennslayer berusaha mengendalikannya, hingga alatnya tidak mempan ke kalung di leher Sylvie.

Hunter B-15 tiba-tiba muncul dan mematikan pengendali leher Loki dan Sylvie. Pertempuran pecah. Loki melawan para penjaga Time-Keepers dan Sylvie menghadapi Rennslayer. Dua pengawal Time-Keepers berhasil melumpuhkan Hunter B-15. Dalam pertempuran itu, Sylvie dan Loki mampu mengatasi lawan-lawan mereka, termasuk Rennslayer.

7. Time-Keepers adalah android
Time-Keepers Muncul, Loki Dihapus dari Linimasa di Episode 4 Loki

Begitu Rennslayer dan para Minuteman yang menjaga Time-Keepers tak berdaya, Sylvie langsung menghadapi para Time Keepers. Dia menyerang mereka dengan pedang. Dia berhasil memenggal kepala salah satu Time-Keepers tersebut. Begitu kepalanya terpenggal, dua Time-Keepers lainnya pun ikut lumpuh.

Sylvie dan Loki mengangkat kepala Time-Keepers tersebut. Tak disangka, Time-Keepers bukanlah dewa seperti yang selama ini dikatakan banyak orang. Dia adalah sebuah android. Loki kemudian mengatakan kepada Sylvie bahwa mereka harus mencari tahu siapa yang ada di balik semua ini. Belum selesai Loki dan Sylvie bicara, Rennslayer bangkit.

8. Rennslayer hapus Loki
Time-Keepers Muncul, Loki Dihapus dari Linimasa di Episode 4 Loki

Rennslayer yang terbangun dari kekalahannya dari Sylvie menusuk Loki dengan tongkat TVA. Loki pun menghilang dari peredaran. Sylvie yang marah langsung menyandera Rennslayer. Hakim itu tidak punya pilihan lain selain menuruti kata-kata Sylvie. Varian itu menyuruh Rennslayer mengatakan semuanya kepadanya.

9. Adegan pascakredit
Time-Keepers Muncul, Loki Dihapus dari Linimasa di Episode 4 Loki

Untuk kali pertama, Loki menghadirkan adegan pascakredit. Di adegan tersebut, Loki yang dihapus dari linimasa oleh Rennslayer terbangun di tempat lain. Ketika membuka matanya, Loki masih bingung. Dia mengira-ira apakah dirinya sudah mati atau dia berada di neraka. Namun, bukannya mendapatkan jawaban yang jelas, di depannya, berdiri empat varian Loki dengan muka, warna kulit, kostum dan umur yang berbeda-beda. Mereka berada di lokasi yang memperlihatkan sisa-sisa Perang New York . Gedung Stark yang hancur di perang itu bisa terlihat di belakang empat varian tersebut.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3508 seconds (0.1#10.140)