4 Istilah Baru di Dunia MCU yang Bakal Muncul di Serial Loki

4 Istilah Baru di Dunia MCU yang Bakal Muncul di Serial Loki
Ada sejumlah istilah baru yang akan diperkenalkan di serial Loki. Semuanya terkait dunia penjelajahan waktu dan multiverse yang menjadi tema utama Fase 4 MCU. (USA Today)
rial Loki akan memperkenalkan dunia baru penjelajahan waktu di Marvel Cinematic Universe (MCU) . Meskipun penjelajahan waktu sudah dilakukan di Avengers: Endgame (2019), tapi penjelajahan waktu di serial Loki berbeda dengan apa yang dilakukan di Endgame. Selain itu, Loki yang muncul di serial ini adalah Loki versi 2012 alias bukan Loki dari linimasa asli.

Di serial Loki akan muncul sejumlah istilah seperti Otoritas Variasi Waktu (TVA), Penjaga Waktu, Variant dan Nexus. Istilah-istilah ini akan diperkenalkan sejak episode awal serial ini. Nexus sebenarnya sudah disinggung di serial WandaVision . Namun, di Loki, keberadaannya akan lebih dieksplorasi.

Baca Juga: 6 Karakter dan Pemeran Utama yang Tampil di Serial Loki

Masing-masing istilah-istilah ini punya tugas dan fungsi sendiri-sendiri. Meski ada yang saling berhubungan, tapi mereka adalah entitas yang berbeda. Lantas apa saja penjabarannya? Berikut ulasannya!

1. Otoritas Variasi Waktu (TVA)
4 Istilah Baru di Dunia MCU yang Bakal Muncul di Serial Loki

TVA mengklaim bertanggung jawab untuk mengawasi multiverse dan bisa menghapus linimasa jika dianggap terlalu berbahaya. Mereka juga bisa bertindak untuk mencegah makhluk lain mengubah masa lalu atau masa depan. Mereka kali pertama terlihat mengizinkan Justice Peace—penegak hukum dari masa depan—bepergian ke abad 20 untuk menghentikan Zaniac, seorang pembunuh. Peace sukses dalam misi itu berkat bantuan Thor.

Meski ada klaim tersebut, pengaruh TVA terhadap waktu tidaklah mutlak. Lingkup pengaruh mereka dibatasi Alioth di masa lalu dan juga Kang the Conqueror, Konsorsium Delubric dan Revelation di era berbeda di seluruh lingkup waktu. Ada juga insiden perjalaan waktu atau pembengkokan realitas yang gagal diatasi TVA.

2. Penjaga-Waktu (Time-Keepers)
4 Istilah Baru di Dunia MCU yang Bakal Muncul di Serial Loki

Penjaga-Waktu diciptakan He Who Remains, direktur terakhir TVA dari realitas terakhir, sebelum kematian panas semesta. Usaha pertama ini menghasilkan penciptaan Pemilin-Waktu (Time-Twisters) yang cacat dan menghancurkan sejumlah realitas. Karena intervensi Thor, realitas ini kemudian terpecah jadi dua, yaitu satu dimana Twisters hidup dan satu yang mereka hancurkan. Di realitas yang mereka hancurkan, He Who Remains menciptakan Time-Keepers untuk melindungi waktu. Ada tiga Time-Keepers utama, tapi yang keempat disebut diciptakan dan diasingkan ke Mesir.

Time-Keepers punya kekuatan besar untuk memanipulasi energi temporal. Mereka bisa menuakan seluruh pasukan hingga menjadi debu atau membalikkan penuaan sebelum titik hidup—makhluk abadi virtual seperti dewa-dewa Asgardian bisa mencegah efek ini. Mereka bisa memanggil para makhluk dari titik manapun dalam aliran waktu. Mereka bisa menjelajah menembus waktu dan masuk ke berbagai realitas alternatif, membentuk tameng energi yang kuat, memproyeksikan ledakan kekuatan, dan memberikan kekuatan kepada yang lain. Dengan menggunakan kekuatan Kristal Abadi, mereka bisa mengenyahkan banyak realitas dalam beberapa detik. Mereka mengklaim mempunyai wewenang yang bahkan tidak bisa diadili Living Tribunal.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Loki Bisa Menjadi Penjahat Terbesar di Marvel

3. Variant
4 Istilah Baru di Dunia MCU yang Bakal Muncul di Serial Loki

Variant adalah suatu istilah teknis yang digunakan Time-Keepers. Istilah ini mencerminkan model mekanik sementara MCU . Dasar idenya adalah seharusnya hanya ada satu linimasa, tapi intervensi—khususnya karena perjalanan waktu—bisa menciptakan cabang linimasa. Terduga variant adalah siapa saja yang berasal dari salah satu cabang ini. Meskipun mereka (biasanya) terlihat sama dengan yang berasal dari linimasa utama, pengalaman mereka berbeda—artinya, mereka menjadi orang yang berbeda. Variant Loki berasal dari cabang linimasa MCU yang tercipta Avengers: Endgame, ketika dia mencuri Tesseract dan kabur sebelum dia dijebloskan ke penjara.

4. Nexus
4 Istilah Baru di Dunia MCU yang Bakal Muncul di Serial Loki

Nexus bukanlah kali pertama disebut di MCU. Sebelumnya, istilah ini sudah muncul di WandaVision, di salah satu iklan obat di serial tersebut. Di komik, Nexus, yang bernama resmi Nexus of All Realities, adalah gerbang yang melintasi dimensi dan secara harafiah menyediakan jalan yang membuat individu mengakses seluruh kemungkinan realitas. Nexus bahkan bisa memberikan akses ke realitas yang ada di antara realitas, yang bisa sama-sama mistis dan kosmik. Asal usul Nexus di mitologi Marvel belum jelas. Keberadaan Nexus sepertinya akan dieksplorasi di Loki sebelum akhirnya tampil di Doctor Strange 2 atau Spider-Man 3 .

Sementara, Makhluk Nexus adalah entitas individu langka yang mempunyai kemampuan mempengaruhi probabilitas dan masa depan, dengan mengubah Aliran Waktu Universal. Makhluk-makhluk ini, masing-masing disebut nexus, bertindak sebagai kunci multiverse dan penting bagi koherensi dan stabilitasnya. Makhluk Nexus diawasi dengan hati-hati oleh kekuatan kosmik seperti TVA dan Time-Keepers yang akan menyadari perubahan temporal apa pun yang disebabkan nexus itu terhadap Aliran Waktu dan melakukan tindakan yang tepat.

Satu mahkluk nexus saja seharusnya ada di tiap dunia paralel multiverse, mempersonifikasikan karakter dunia mereka, dan menjadi titik fokus atau jangkar realitas itu. Tiap makhluk itu juga bertindak sebagai simpul energi mistik dari dunia mereka. Fisika semesta dimensional juga menyatakan kalau dua makhluk nexus tidak bisa ada di pesawat realitas yang sama dan hanya bisa memproyeksikan ke dunia lain dengan nexus aktif sebagai penampakan. Makhluk Nexus di Marvel antara lain Scarlet Witch, Lore, Leonard Tippit, Sise-Neg, Merlin, Kang the Conqueror, Franklin Richards, Vision, Jean Grey dan Odin Borson.



(alv)
Share: