5 Aplikasi untuk Bantu Kamu Kelola Kesehatan Mentalmu

Rabu, 30 Juni 2021 - 15:02 WIB
loading...
A A A
Saat kamu mengunduh aplikasi ini, kamu diharuskan mengisi kuesioner yang berisi sejumlah pertanyaan berkaitan kondisi mental kamu saat itu. Aplikasi ini memungkinkan untuk mengidentifikasi kondisi dan memberikan strategi memperbaiki kondisi mental penggunanya tersebut. Terdapat sejumlah artikel terkait yang disediakan yang bisa memberikan informasi terkait kesehatan mental.

Aplikasi ini juga dilengkapi daily reminder yang bisa mempermudah penggunanya mengontrol kondisi kesehatan mentalnya. Pengguna android bisa mengunduhnya secara gratis di Google Play.

4. HEADSPACE

5 Aplikasi untuk Bantu Kamu Kelola Kesehatan Mentalmu

Foto: Google Play

Hampir sama dengan aplikasi Smiling Mind, aplikasi Headspace ditujukan untuk bisa dijadikan aplikasi praktis untuk membimbing penggunanya. Namun, tak hanya sekadar meditasi yang membantu penggunanya merelaksasi pikiran, tapi juga bisa memperbaiki suasana hati. Mengutip dari Man of Many , aplikasi ini dibuat dengan misi untuk meningkatkan kesehatan dan kebahagian penggunanya.

Tak hanya ada pilihan meditasi, aplikasi ini menyediakan latihan seperti olahraga atau yoga, pelatihan untuk konsentrasi, dan pemberian nasihat untuk membantu mengurangi cemas. Aplikasi ini juga dilengkapi lagu pengiring meditasi yang beragam dan bisa mempermudah proses meditasimu. Selain itu, kamu juga bisa ditemani seorang guru yang membuat proses meditasi semakin mudah.

Adapun fitur menarik lain yang disediakan di aplikasi ini ada fitur-fitur pembantu saat mengalami kesulitan tidur ataupun mimpi buruk. Aplikasi ini akan membantumu mengontrol pikiran, menenangkan tubuh, dan mempermudah penggunanya untuk lekas tertidur. Aplikasi ini tersedia untuk segala jenis ponsel pintar.

Baca Juga: Cara Memilih Pekerjaan Berdasarkan Kepribadian Menurut Psikolog

5. MINDSHIFT

5 Aplikasi untuk Bantu Kamu Kelola Kesehatan Mentalmu

Foto: Google Play

Kalau kamu belakangan ini mengalami anxiety yang berlebihan, aplikasi Mindshift bisa menjadi aplikasi penolong untuk mengurangi kekhawatiran tersebut. Mengutip dari Psycom, aplikasi ini dirancang untuk mengatur dan mengurangi rasa khawatir yang berlebihan.

Mindshift merupakan aplikasi yang ditujukan untuk mengelola kesehatan mental seseorang khususnya yang sedang mengalami kecemasan dan kekhawatiran yang susah dikelola. Aplikasi ini tak hanya sekadar membantu penggunanya untuk tidak cemas, tapi juga menekankan pentingnya mengubah cara berpikir untuk menghindari kecemasan yang berlebihan datang.

Aplikasi ini akan menjadi penyemangat untuk mendorong kamu untuk mengambil alih keseimbangan dalam berpikir, mengelola emosi, dan melatih dalam menghadapi susasana tertentu. Aplikasi ini sangat praktis, bisa digunakan saat keadaan benar-benar darurat ataupun saat kamu membutuhkan motivasi. Di dalamnya kamu akan dilatih mengatur napas, mengalihkan pikiran dari kecemasan, dimotivasi, dan melatih melawan ketakutan.

Di dalam aplikasi ini juga dilengkapi dengan tracking progress untuk melihat sejauh mana kecemasanmu berkurang setiap harinya. Aplikasi ini juga bisa diunduh untuk segala jenis ponsel secara gratis.

Vanessa Ashriana
Kontributor GenSINDO
Universitas Indonesia
Instagram: @vanessaashriana
(ita)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2704 seconds (0.1#10.140)