5 Aplikasi untuk Isi Bulan Ramadan, dari Tafsir Al-Qur'an hingga Streaming Khotbah

Sabtu, 16 Maret 2024 - 22:02 WIB
loading...
5 Aplikasi untuk Isi Bulan Ramadan, dari Tafsir Al-Quran hingga Streaming Khotbah
Ada beberapa aplikasi yang bisa membantumu melakukan kegiatan khas Ramadan. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Menjalani ibadah puasa di tengah kesibukan sehari-hari selalu ada rintangan tersendiri, seperti padatnya jadwal yang membuat kamu lupa salat, membaca Al-Qur'an, dan ibadah sunah lainnya.

Kalau kamu kesulitan untuk disiplin memperbanyak ibadah pada bulan Ramadan, ada aplikasi yang bisa membantumu untuk mencatat atau mengingatkan waktu ibadah yang kamu jalani. Jadi, kamu bisa lebih termotivasi saat menjalankannya.

Berikut ini lima aplikasi yang bisa membantumu lebih produktif saat bulan Ramadan


1. Al-Quran Indonesia

5 Aplikasi untuk Isi Bulan Ramadan, dari Tafsir Al-Qur'an hingga Streaming Khotbah


Sudah tidak heran jika hampir semua ponsel umat islam terdapat aplikasi ini. Aplikasi yang mudah dan praktis ini menawarkan Al-Qur'an digital dan terjemahan bahasa Indonesia yang dikemas dengan tampilan antarmuka sederhana.

Pengguna bisa menggeser halaman Al-Quran ke bawah untuk membaca ayat selanjutnya dari suatu surah, atau menggeser halaman ke kanan dan kiri untuk berpindah surah dan juz.

Fitur audionya juga mencakup murattal 114 surah dan 30 juz tanpa batas apa pun dengan delapan pilihan qori. Pencarian surah atau juz di Al-Qur'an Indonesia juga tidak akan sulit karena tersedia Surah dan Juz Index.

Aplikasi ini juga memiliki fitur tulisan latin dan tajwid berwarna yang memudahkan pembaca pemula. Terdapat juga kalender jadwal salat dan imsakiah yang bisa kamu akses secara offline.

2. Bekal Islam

5 Aplikasi untuk Isi Bulan Ramadan, dari Tafsir Al-Qur'an hingga Streaming Khotbah


Aplikasi buatan ustaz Firanda Andirja ini menyediakan penjelasan yang lebih detail atau tafsir tiap ayat Al-Qur'an. Jadi bukan hanya terjemahannya saja.

Lewat aplikasi ini kamu juga bisa melihat dan mengikuti kajian-kajian yang tersedia secara live. Kamu juga bisa mengakses karya tulis Ustaz Firanda secara lengkap.

3. Muslim Pro

5 Aplikasi untuk Isi Bulan Ramadan, dari Tafsir Al-Qur'an hingga Streaming Khotbah


Muslim Pro adalah salah satu aplikasi populer yang sudah diunduh lebih 100 juta kali di PlayStore. Kamu bisa mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur-an dengan fitur audio.

Selain itu, pengingat waktu salat atau azan ditampilkan dengan pemberitahuan visual dan audio yang memiliki banyak pilihan suara muazin. Ada fitur bookmark di halaman Al-Qur'an yang memudahkan kamu untuk mengingat ayat atau juz terakhir yang sebelumnya sudah dibaca.

Jika kamu sedang berpergian dan ingin salat tapi tidak tahu arah kiblat, kamu bisa mengaksesnya dengan mudah lewat aplikasi ini.

4. Umma: Muslim Adzan Prayer Quran

5 Aplikasi untuk Isi Bulan Ramadan, dari Tafsir Al-Qur'an hingga Streaming Khotbah


Umma adalah aplikasi muslim yang menyediakan layanan keseharian kebutuhan muslim. Fitur yang terdapat pada aplikasi ini di antaranya Quran Majeed, Waktu Sholat, Notifikasi Adzan, pencari kiblat menggunakan GPS, Doa Harian, Pendidikan, dan berbagai pengetahuan mengenai islam.

AL-Qur'an di aplikasi ini juga tersedia dalam berbagai bahasa, seperti Inggris, Melayu, Prancis, Turki, dan lainmua. Fitur Al-Qu'ran juga dilengkapi dengan audio agar mempermudah umat membaca.

Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas muslim, karena aplikasi ini terhubung langsung dengan komunitas itu. Selain itu, kamu juga bisa membagikan foto dan video tentang Islam. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur streaminguntuk mendengarkankhotbah secara langsung.


5. Zakat Calculator

5 Aplikasi untuk Isi Bulan Ramadan, dari Tafsir Al-Qur'an hingga Streaming Khotbah


Aplikasi ini berguna untuk membantu kamu ketika ingin menghitung zakat dengan mudah dan akurat. Aplikasi ini memberikan estimasi jumlah zakat yang harus dibayarkan berdasarkan penghasilan dan harta yang kamu miliki. Aplikasi ini cukup memilikinilai baik di PlayStore dengan rating 4.8/5.

Muhammad Thariq Athallah
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta
Instagram: @ma.thoriq
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1992 seconds (0.1#10.140)