4 Cara Merespons Curhatan Teman yang Lagi Sedih lewat Pesan Teks

Kamis, 01 April 2021 - 16:30 WIB
loading...
4 Cara Merespons Curhatan Teman yang Lagi Sedih lewat Pesan Teks
Merespons pesan teman yang sedang sedih harus dilakukan dengan penuh simpati pada kondisi yang dialaminya. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Kamu sering dicurhati teman lewat WhatsApp atau Telegram saat mereka lagi sedih atau panik? Kalau iya, kamu mesti tahu hal-hal terbaik yang mesti kamu katakan menurut para ahli.

Ketika sahabat kamu dalam situasi panik, ada baiknya kamu punya beberapa strategi dalam menenangkannya melalui pesan teks.

YANG TIDAK BOLEH DIKATAKAN

Hal pertama yang mesti dihindari adalah jangan langsung menasihati, menilai, apalagi menghakimi temanmu yang lagi sedih atau panik.

Hal ini berlaku untuk kamu yang fokusnya pada mencari solusi ketika ada masalah. "Kamu mungkin akan langsung mencoba memberi solusi, padahal yang mereka inginkan cuma orang yang mau mendengar dan memahami perasaan mereka ," ujar psikoterapisLillyana Morales.

4 Cara Merespons Curhatan Teman yang Lagi Sedih lewat Pesan Teks

Foto: AdobeStock

"Kalau kamu langsung memberi nasihat, mereka akan merasa bersalah atau sedih karena tak bisa langsung mencerna pendapatmu," kata Lillyana.

Psikoterapis Alexa Shank yang juga pemilik Relief & Recovery Psychotherapy mengatakan bahwa menahan diri untuk tidak berkomentar atau mengeluarkan pendapatmu adalah kunci ketika teman kamu panik.

Sama halnya dengan psikoterapis Sarah Rice, yang mengatakan bahwa kalimat seperti "Kayaknya enggak separah itu, deh" atau "Semua itu cuma pikiran kamu aja" adalah pernyataan yang jangan pernah kamu katakan pada temanmu yang lagi panik atau sedih.

Nah, mengutip Bustle , berikut tips dari ketiga ahli tentang cara menenangkan seseorang melalui pesan teks.

1. MENGESAHKAN

4 Cara Merespons Curhatan Teman yang Lagi Sedih lewat Pesan Teks

Foto: Shutterstock

Saat teman kamu curhat, kamu bisa mengatakan bahwa kamu siap untuk mendengar ceritanya dan memahami perasaannya. Kata-kata seperti,“Iya, ya, itu susah banget dan bikin frustasi” menurut Sarah akan menunjukan bahwa kamu memahami perasaan dan pikirannya.

“Renungkan kembali apa yang mereka katakan, termasuk emosinya,” ujar Sarah. Terkadang, orang marah kepada orang lain, tapi dengan kata-kata yang tak sesuai dengan perasaan mereka.

2. TANYAKAN KEINGINANNYA

4 Cara Merespons Curhatan Teman yang Lagi Sedih lewat Pesan Teks

Foto: Shutterstock

Sebelum kamu memberi saran, pastikan kamu bertanya terlebih dahulu apa bantuan yang dia butuhkan darimu. Meminta izin sangatlah penting, terutama kalau hal yang mereka alami sangat berat.

Jadi, kamu bisa mengajukan pertanyaan terlebih dahulu, lalu memberikan saran atau bantuan kalau diminta. Khusus untuk teman yang menderita trauma, dukungan dari orang lain sangatlah mereka butuhkan.

Baca Juga: Bukan Introvert, Inilah Tanda-Tanda Gangguan Kepribadian Skizoid

3. OPSI PENAWARAN
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3030 seconds (0.1#10.140)