Mengenal ‘Apology Language’, Lebih Penting dari 'Love Language'!

Senin, 22 Maret 2021 - 17:18 WIB
loading...
Mengenal ‘Apology Language’, Lebih Penting dari Love Language!
Apology language atau kalimat-kalimat permintaan maaf yang diucapkan tulus sama artinya dengan sebuah bahasa cinta. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Tahukah kamu apology language? Apakah kamu tahu ternyata dibanding dengan love language,sebuah ungkapan permintaan maaf ke pasangan lebih memengaruhi sebuah hubungan?

APA ITU ‘APOLOGY LANGUAGE’?

Dalam buku "The Five Languages of Apology" karya Dr. Gary Champan, apology language adalah salah satu bentuk bahasa cinta yang mampu memperbaiki keretakan atau konflik dalam suatu hubungan.

Lebih dari sekadar mengungkapkan rasa cinta dengan ujaran “I love you”, dengan sebuah ungkapan permintaan maaf dipercaya mampu membawa dampak positif dalam suatu hubungan .

Gary Chapman mengungkapkan bahwa bentuk dari apology language ada lima, yaitu mengungkapkan sebuah penyesalan, menerima tanggung jawab, membuat restitusi (memulihkan kepercayaan), mengekspresikan keinginan untuk berubah (memperbaiki kesalahan), dan meminta ampunan.

Mengenal ‘Apology Language’, Lebih Penting dari 'Love Language'!

Foto: Getty Images

Mengutip dari Women’s Health Magazine , ungkapan permintaan maaf adalah gaya serta sentimen unik yang bisa mengekspresikan sebuah tindakan kasih sayang dengan nilai emosional tertentu. Sebuah permintaan maaf mampu menunjukkan dalamnya perasaan cinta dan juga penyesalan dengan tulus.

Bahasa permintaan maaf mengacu pada cara seseorang mengungkapan penyesalan dan ingin menebus segala kesalahannya. Kata ‘maaf’ bisa mengisyaratkan sebuah rasa bersalah, keinginan untuk memperbaiki diri, memperlihatkan hati yang berjiwa besar, serta tanggung jawab.

Dengan keinginan untuk meminta maaf tersebut, seseorang mulai menyadari kesalahannya, serta mau menurunkan egonya untuk mempertanggungjawabkan segala perbuatannya.

Mengutip dari Healthline , memintaa maaf berarti meletakkan kembali kekuatan yang dimiliki ke orang lain untuk mendapatkan ampunan. Seseorang yang mengungkapkan rasa bersalahnya, memberikan lawan bicaranya pilihan untuk memaafkan, berniat untuk meminta kerendahan hati, empati, dan kepercayaan kembali.


MANFAAT ‘APOLOGY LANGUAGE'

Saat mengalami konflik dengan pasangan, sebuah ungkapan permintaan maaf dipercaya sebagai bentuk ketulusan. Lebih dari sekadar mengungkapkan rasa kasih sayang, kata ‘maaf’ bisa membuat sepasang kekasih saling menyadari eksistensi hubungannya, menyadari kesalahannya masing-masing, serta mengingat kembali seberapa pentingnya nilai hubungan mereka.

Mengenal ‘Apology Language’, Lebih Penting dari 'Love Language'!

Foto: Getty Images

Melansir kembali dari Women’s Health Magazine, apology language bermanfaat untuk membantu sebuah pasangan mengenali kembali pasangannya masing-masing, mendidik pasangannya, mencari solusi terbina kembali hubungan di antara keduanya, dan media untuk mengubah perilaku demi hubungannya tersebut. Dalam hal ini apology language berperan sebagai media memperbaiki hubungan sejati.

Dengan berhasilnya sebuah perimintaan maaf, pasangan tersebut bisa saling memaafkan satu sama lain, maka hubungan di antara keduanya akan kembali menguat. Dengan apology language dan rasa tanggung jawab membuat pasangan tersebut akan kembali membina hubungan dengan dipulihkannya rasa percaya dan kasih sayang yang lebih tulus.

Sehingga, apology language berguna untuk mengembalikan semua kesalahan serta mengembalikan lagi nilai kepercayaan. Adanya keinginan untuk berubah dan mengikat kembali hubungan, merupakan manfaat dari apology language dengan efek yang cukup besar.

Baca Juga: Hal yang Penting untuk Dipelajari Saat Berumur 20 Tahun


CARA MENGUNGKAPKAN PERMINTAAN MAAF YANG BAIK

Melansir kembali dari Healthline, Gabriela Smith dalam tulisannya mengungkapkan cara untuk mengungkapkan permintaa maaf secara baik dan benar.

Kunci terpentingnya sebuah apology language adalah nilai ketulusan. Perasaan maaf tersebut tak hanya sekadar ingin didengar, melainkan membuatnya nyata dengan mendapatkan sebuah ampunan, saling memaafkan, dan diberikannya sebuah empati.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3417 seconds (0.1#10.140)