Tanda-Tanda Kamu Stres dan Langkah untuk Mengatasinya

Tanda-Tanda Kamu Stres dan Langkah untuk Mengatasinya
Untuk bisa mengatasi stres, kamu mesti tahu dulu asal stres bermula. Foto/Getty Images
JAKARTA - Setiap manusia pasti pernah merasakan stres. Stres adalah bagian hidup yang normal saat tubuh dan otak bereaksi terhadap setiap perubahan yang membutuhkan waktu penyesuaian.

Stres dapat berupa episode satu kali atau jangka pendek, dan dapat juga terjadi selama periode waktu tertentu. Setiap orang mengatasi stres secara berbeda, beberapa lebih efektif dan cepat daripada yang lain.

Untuk mengidentifikasi apakah kita sedang mengalami episode stres jangka pendek, ada beberapa tanda yang bisa kita rasakan dan cermati.

Tanda-tandanya bisa berupa merasa kewalahan, tidak termotivasi , tidak dapat fokus, gelisah, menjadi apatis, dan kekurangan energi meski sudah beristirahat.



Tanda-Tanda Kamu Stres dan Langkah untuk Mengatasinya

Foto:Adobe Stock

Sementara untuk tingkat stres yang lebih tinggi, gejalanya antara lain sulit mengambil keputusan, waktu tidur dan makan berantakan, sering menangis dan marah dengan alasan tak jelas, mudah tersinggung, pikiran yang terburu-buru atau kekhawatiran yang terus-menerus, ketegangan otot, jantung berdebar-debar, dan ketergantungan obat.

Lalu bagaimana cara mengelola stres supaya tidak sampai membahayakan diri sendiri? Nah, kita mesti mengenal dulu asal stres kita.



Banyak faktor yang menyebabkan seseorang stres, bisa dari lingkungan sosial, kondisi fisik (sakit), atau bahkan dorongan emosional diri sendiri yang merasa kecewa dan takut karena ekspektasi berlebih.

Setelah mengenali asal muasal penyebab stres, selanjutnya temukan akar stres itu.Terkadang menemukan sumber stres relatif mudah. (Baca Juga: Mau Belajar Filsafat secara Gratis? Ikuti 5 Akun Twitter Ini )

Biasanya kita dapat mengidentifikasinya dari hal yang kita rasakan saat berada pada posisi yang baru, atau saat kita melakukan kontak sosial dengan lingkungan yang membuat kita tidak nyaman. misalnya dari pekerjaan, pasangan, teman, tugas kuliah, atau masalah keuangan.

Tanda-Tanda Kamu Stres dan Langkah untuk Mengatasinya

Foto: Getty Images

Saat kita berhasil mengetahui akar dari stres yang kita alami, maka akan lebih mudah untuk mengatasinya.Setelah dapat melihat di mana, mengapa, dan bagaimana kita menjadi stres, maka kita bisa mengenali pola yang diikuti stres dan menyusun metode atau manajamen untuk menghindari episode stres itu.

Mempraktikkan cara-cara menghadapinya dengan lebih baik, mengontrol pengaruh-pengaruh negatif yang muncul, dan membersihkan tubuh kita dari sisa hormon stres.
halaman ke-1 dari 2
Share: