15 Kata Gaul yang Lagi Viral di Media Sosial

Sabtu, 19 Desember 2020 - 15:00 WIB
loading...
15 Kata Gaul yang Lagi Viral di Media Sosial
Media sosial jadi tempat lahirnya banyak istilah atau kata gaul dalam masyarakat. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Kata atau bahasa gaul terus bermunculan di media sosial , dipakai berkali-kali, dan akhirnya meluas hingga dipakai di luar media sosial.

Berikut adalah beberapa kata gaul terbaru yang sering muncul dan akhirnya menjadi viral .

1. BENGEK

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata bengek pada dasarnya berarti "sesak napas". Tapi, kemudian menjadi ungkapan kiasan dalam mengekspresikan tawa.

Biasanya penulisannya disertai emoji menangis dari foto atau video yang seakan membuatnya terbahak-bahak sampai seperti orang yang bengek.

2. BOBROK

Kata yang sebenarnya berarti "bejat" atau "rusak sama sekali" ini bergeser artinya menjadi ungkapan yang dilontarkan kepada teman atau orang lain yang tingkahnya lucu, kocak, konyol, atau minim rasa malu. Kata bobrok juga sering disandingkan dengan kata gurauan "gesrek" dan "akhlakless"atau "ga ada akhlak".

3. FUCEK

Kata fucek mulai populer setelah seorang pengguna Instagram dengan nama akun @aspinurdin12 melontarkan kata tersebut dalam konten videonya.

Fucek merupakan pelesetan dan parodi dari kata makian "fu*k". Dalam konteks milenial saat ini, kata fucek biasa disandingkan dengan laki-laki yang dianggap tidak baik, menyebalkan, dan playboy (fucekboi=fu*k boy).


4. GHOSTING

Istilah ghosting akrab di kalangan perempuan terutama dalam masalah percintaan. Istilah ini digunakan pada hubungan yang tidak ada kejelasan, si dia bagai hantu yang hilang ditelan bumi, padahal awalnya terlihat sama-sama suka.

15 Kata Gaul yang Lagi Viral di Media Sosial

Foto: Big Hit Entertainment

5. HYUNG

Berasal dari bahasa Korea, hyung digunakan oleh antarlelaki untuk menyebut kakak atau orang yang lebih tua. Di Indonesia, kata hyung dipakai untuk memanggil atau menyapa siapa pun, tak peduli jenis kelamin atau tingkatan usianya.


6. JBJB

Singkatan dari "join bareng" yang biasa digunakan saat seseorang ingin ikut nimbrung di tengah-tengah obrolan atau cuitan warga Twitter lainnya.


7. NGADI-NGADI

Istilah ngadi-ngadi yang dilontarkan selebgram Keanuagl ini punya banyak versi dalam pengertiannya. Tapi, yang paling populer adalah sebagai ungkapan kepada orang yang suka mengada-ngada. ( )


8. SEFRUIT

Diambil dari kata "fruit" yang berarti "buah" dengan tambahan prefiks se-, maka jadilah artian “sebuah”. Misal ungkapan sefruit kisah = sebuah kisah.


9. “RELATE BET ANJIR!”

Related berarti “berhubungan”, bet singkatan dari kata “banget”, dan anjir dipakai dalam artian mengungkapkan berbagai rasa; kaget, kagum, dan sejenisnya.

Gabungan tiga kata ini biasanya dilontarkan saat seseorang melihat atau membaca sesuatu yang familier, dirinya juga merasakan hal yang sama dengan itu.


10. “GANTENG DOANG, JEMPUT CEWE DEPAN GANG”

Ini adalah kalimat sindiran oleh akun Tik Tok Ridwannss, yang dilontarkannya untuk cowok-cowok yang menjemput ceweknya sebatas di depan gang.

Kalimat ini menjadi viral lantaran pembawaannya yang dianggap menyebalkan, tapi lucu. Kalimat ini juga sering diplesetkan menjadi “Ganteng doang, jemput cewe dipanggang.”

15 Kata Gaul yang Lagi Viral di Media Sosial

Foto: YouTube Komunitas YukNgaji

11. “SI KECIL MULAI AKTIF YA, BUN..”

Berawal daritop commentdi salah satu video Tik Tok yang memperlihatkan orang tua dengan anaknya, akhirnya kalimat ini menjadi viral dan mulai diikuti netizen dengan berbagai variasi dan konteksnya.


12. “IRI BILANG BOS!”

Kalimat ini dipakai saat ada orang yang tak suka dengan komentar atau pendapat orang lain.


13. “DAHLAH MENDING RAKIT PC”

Awalnya kalimat ini adalah jawaban saat ada yang meminta rekomendasi laptop dengan bujet murah. Seakan membandingkan harga, mereka lantas mengatakan “daripada beli laptop, mending rakit PC!”.

Kalimat ini lantas mengalami pergeseran sebagai kalimat sindiran dalam konteks apa pun.


14. “DAMAGENYA GA ADA OBAT/GA NGOTAK”

Populer dari kosakata dalam gim,kata "damage" berarti “kerusakan”. Namun, baru-baru ini digunakan dalam menanggapi sesuatu.

Serupa dengan kata savage, makna damagebergantung pada konteksnya, bisa berarti “sakit banget” untuk menggambarkan hal negatif/menyakitkan, tapi bisa juga untuk mengomentari pesona dari seseorang yang bikin jatuh hati.


15. “KASIAN.. MANA MASIH MUDA”

Biasanya dipakai saat melihat video orang yang masih muda atau bahkan anak kecil yang perilakunya menimbulkan rasa miris, kasihan, tapi bikin tertawa. ( )

GenSINDO
Finka Fahryah
UIN Syarif Hidayatullah
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3127 seconds (0.1#10.140)